Mengenang Ze Roberto: Genius Asal Brazil Yang Tak Pernah Jadi Juara Dunia

spot_img

Timnas Brasil, sampai kapanpun tampak akan selalu menelurkan bakat terbaik dalam sepakbola. Dari mulai kiper hingga menyerang, mereka seolah tak pernah kehabisan bahan produksi pemain-pemain kelas satu.

Kini, satu nama yang pernah tenar di dunia bakal menjadi topik bahasannya. Adalah Ze Roberto. Pecinta sepakbola 90 an hingga 2000 an awal tentu tidak asing dengan pemain satu ini. Memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi, Ze Roberto dikenal lincah dan pandai mengolah bola.

Lebih dari itu, dia juga memiliki akurasi tendangan yang sangat baik. Kaki kirinya begitu melegenda hingga diinginkan oleh banyak klub besar Eropa.

Pemain bernama lengkap José Roberto da Silva Júnior ini lahir di Sao Paulo Brasil. Dia yang memang sudah menggeluti olahraga sepakbola sejak kecil berposisi sebagai seorang gelandang maupun pemain sayap kiri.

Dia memulai karir di Portuguesa sebagai seorang bek kiri. Dari situ, menyusul bakat luar biasa yang dimiliki, dia lalu ditarik oleh raksasa Spanyol, Real Madrid pada tahun 1997. Meski tak bermain lama untuk el Real, dia termasuk ke dalam tim yang berhasil memenangkan trofi La Liga, Liga Champions Eropa, dan Piala Super Spanyol.

Setelah itu, Ze Roberto kembali ke Brasil dan bergabung dengan Flamengo. Ketika itu, Ze Roberto berujar bila keputusan meninggalkan Madrid adalah karena dia tidak terlalu mendapat kesempatan bermain. Dia khawatir bila namanya tidak masuk ke timnas Brasil yang tampil di ajang Piala Dunia 1998 Prancis.

Ketika itu, Ze Roberto memang masuk ke skuad Brasil. Akan tetapi, tim samba harus kalah dari tuan rumah di partai final dengan skor telak. Mimpinya untuk meraih trofi juara pun sirna.

Saat bermain untuk Flamengo, dia tampil cukup brilian hingga mampu memberinya banyak peningkatan. Hasilnya, klub Jerman, Bayer Leverkusen, menawarinya sebuah kontrak. Dia bergabung dengan Bayer Leverkusen pada musim panas 1998. Di klub itu lah dia benar-benar melambungkan namanya sendiri. Dia menjadi sosok penting bagi klub dan terus masuk ke dalam pilihan utama di starting line-up.

Bersama Bayer Leverkusen, Ze Roberto nyaris membawa tim Jerman itu juara Liga Champions 2002 andai tidak dihentikan Real Madrid di babak final.

Tampil apik bersama Bayer Leverkusen, Ze Roberto sebenarnya masuk ke skuad Brasil di Piala Dunia, yang mana ketika itu tim Samba berhasil keluar sebagai juara setelah sukses mengalahkan Jerman di partai final. Nahas, dia tak jadi ikut rombongan ke Korea-Jepang karena mengalami masalah cedera serius.

Melanjutkan karirnya di klub, setelah dia tampil gemilang bersama Bayer Leverkusen, FC Bayern datang memberi tawaran. Hasilnya, tanpa pikir panjang, Ze Roberto langsung menerima tawaran tersebut dan bergabung dengan raksasa Bavaria. Disana, dia mengalami puncak performa. Banyak sekali piala yang dipersembahkan, terutama Bundesliga Jerman

Ze Roberto menjadi salah satu nama andalan Bayern, baik di kancah domestik maupun Eropa. Bersama FC Bayern, tercatat ada empat gelar Bundesliga dan Piala Jerman, serta dua Piala Super Jerman yang berhasil didapatkannya saat itu.

Empat musim dia mengukir nama indahnya di Bayern. Bermain apik bersama tim tersebut, dia juga jadi memiliki kesempatan untuk kembali merasakan pentas Piala Dunia 2006, yang ketika itu Jerman menjadi tuan rumahnya.

Ya, kesempatan datang lagi bagi Ze Roberto yang dipanggil Timnas Brasil untuk bermain di Piala Dunia 2006. Bermain begitu apik sehingga masuk dalam skuat All Star Piala Dunia 2006, tetapi Ze Roberto hanya bisa pasrah melihat Brasil kalah di 8 besar melawan Prancis.

Piala Dunia 2006 pun menjadi kesempatan terakhir bagi Ze Roberto untuk membawa Brasil meraih gelar juara.

Dia seperti tidak dijodohkan untuk menjadi pemain yang naik ke panggung juara dunia. Skill nya luar biasa, karirnya cemerlang, dia juga punya nama besar untuk masuk diantara nama hebat lainnya. Namun sekali lagi, apa daya, nasibnya kurang beruntung ketika ia berurusan dengan ajang Piala Dunia.

Padahal seperti diketahui, pada tahun 2006, Brasil masih memiliki skuad luar biasa hebat. Masih ada nama Ricardo Kaka, Ronaldinho, hingga Ronaldo de Lima. Namun mereka kalah dari Prancis, yang merupakan negara penghancur skuad samba di tahun 1998.

Mereka takluk oleh gol tunggal yang dicetak Thierry Henry ketika itu.

Lalu ketika kontraknya tak lagi diperpanjang FC Bayern, Ze Roberto bergabung dengan Club Nacional de Football di Montevideo. Dalam statusnya sebagai pemain Club Nacional, Ze Roberto sempat dipinjamkan ke Santos dan juga ke FC Bayern pada 2007 sebelum akhirnya bergabung dengan Hamburg SV pada tahun 2009.

Setelah tidak mencapai kesepakatan dalam hal perpanjangan kontrak, Ze Roberto lalu pergi ke Al Gharafa di Qatar. Setelah bermain selama satu musim bersama Al Gharafa, Ze Roberto kembali ke Brasil untuk bergabung dengan Gremio, untuk kemudian menandatangani kontrak dengan Palmeiras.

Pada tahun 2017, di usianya yang telah menginjak 43 tahun, Ze Roberto memutuskan untuk pensiun bersama Palmeiras. Ketika itu, dia langsung ditawari sebuah jabatan penting. Jabatan itu adalah menjadi penasihat teknis atau secara nomenklatur, manajer klub Palmeiras.

Tak hanya aktif sebagai orang di balik layar Palmeiras, Ze Roberto juga membuka meseum di dalam rumahnya yang menyimpan berbagai koleksi jersey dan kenangannya selama bermain sepak bola.

Kini di usia 46 tahun, Ze Roberto juga masih sangat aktif berolahraga. Ze Roberto bisa menjaga kebugaran tubuh karena dirinya tidak merokok dan tidak minum alkohol. Ditambahkan oleh Ze Roberto, bahwa memiliki keluarga juga menjadi cara untuk dirinya tetap bahagia. Dengan memiliki rasa bahagia, ia mengaku menjalani hari-harinya dengan baik.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=JW1whA0XjPI[/embedyt]

 

Sumber referensi: planet football, football tribe

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru