Nasib Ronaldo Usai Juve Tersingkir Dari Liga Champions

  • Whatsapp
Nasib Ronaldo Usai Juve Tersingkir Dari Liga Champions
Nasib Ronaldo Usai Juve Tersingkir Dari Liga Champions

Secara mengejutkan, Juventus tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah tak mampu menahan perlawanan klub asal Portugal, FC Porto. Di leg pertama, Ronaldo dan kawan-kawan harus menyerah dengan skor 1-2. Sementara saat bermain di Turin, Federico Chiesa sebenarnya mampu menginspirasi Si Nyonya Tua untuk meraih kemenangan. Sayangnya, dua gol yang dilesatkan gagal membawa Juve melangkah lebih jauh, setelah Porto berhasil mencetak dua gol di Juventus Stadium.

Meski skor agregat imbang 4-4, Juventus harus rela tersingkir karena produktivitas gol tandang.

Bacaan Lainnya

Hasil itu pun jelas menjadi salah satu yang mengejutkan di babak tersebut. Betapa tidak, di atas kertas, semua mengunggulkan skuad asuhan Andrea Pirlo untuk meraih kemenangan. Namun nyatanya, mereka harus tumbang dengan tim yang punya kekuatan lebih solid.

Berita tentang tersingkirnya Juventus dari babak 16 besar Liga Champions jelas menjadi sorotan. Beberapa sosok tertentu yang dianggap sebagai sumber masalah Juve adalah, pertama, Andrea Pirlo. Sejak pertama kedatangannya ke kursi kepelatihan Juventus, Pirlo memang sudah banyak diragukan. Pria Italia sangat minim pengalaman dan disebut bakal gagal memberi sesuatu yang berbeda bagi skuad Juventus.

Anggapan itu pun benar adanya. Di kompetisi Serie A, Juve tidak segarang biasanya. Mereka harus susah payah untuk bisa kembali ke puncak klasemen. Banyak hasil minor yang seharusnya bisa dihindari. Lalu di kompetisi UCL, tersingkirnya Juventus juga menjadi bukti bahwa Pirlo belum benar-benar matang dalam menangani I Bianconeri.

Dirinya pun sempat diisukan bakal dipecat, meski dalam sebuah wawancara, Pirlo mengaku tenang dan akan terus berusaha memperbaiki kinerjanya.

Nama berikutnya, yang tak lain dan tak bukan, adalah Cristiano Ronaldo. Semua penggemar Juventus tentu masih ingat ketika tim kesayangannya berhasil mendatangkan pemain dengan raihan lima gelar Liga Champions Eropa sepanjang karirnya. Ronaldo memang sengaja didatangkan untuk memutus petaka Si Nyonya Tua di panggung Eropa. Semua percaya dengan Ronaldo. Harapan membumbung tinggi, beriringan dengan kedatangannya ke skuad putih hitam .

Namun setelah selama kurang lebih tiga musim tampil di kompetisi tertinggi itu, Ronaldo selalu gagal persembahkan gelar Eropa. Mulai dari Ajax, Lyon, hingga yang terbaru FC Porto, ketiga klub tersebut terus mengubur mimpi Ronaldo dan tentunya Juventus untuk kembali merasakan gelar raja di tanah Eropa.

Khususnya pada laga melawan FC Porto, Ronaldo mendapat perhatian negatif. Dia dianggap tampil kurang maksimal dan minim kontribusi kepada tim. Hasilnya, semua komentar negatif pun mengarah kepadanya.

Di tengah situasi pelik yang dihadapi, legenda Juventus, Alessandro Del Piero, mengatakan kepada semua penggemar untuk tetap tenang, dan yang terpenting tidak mengarahkan cacian kepada Ronaldo. Del Piero mengecam keras aksi penggemar yang terus mengkambinghitamkan Ronaldo.

Mantan bintang timnas Italia itu beranggapan bila Ronaldo punya tanggung jawab lebih dan sudah berusaha semaksimal mungkin. Meski di laga melawan Porto Ronaldo tidak tampil memuaskan, menurut Del Piero, semua pemain patut disalahkan, bukan hanya Ronaldo seorang!

“Cristiano memiliki tanggung jawab, tentu saja. Ia tidak memiliki banyak peluang, tetapi ia menyia-nyiakan sundulan yang biasa ia manfaatkan. Namun, itu bukan hanya karena kesalahannya. Juve bisa bermain lebih dari itu. satu jam 11 melawan 10. ” ujar Del Piero (via tribal football)

Meski mendapat pembelaan dari sang legenda, nasib Ronaldo di Juventus masih terus diperbincangkan. Hal ini terasa wajar. Pasalnya, kekecewaan para penggemar masih lebih besar ketimbang perkataan hiburan yang tidak mungkin bisa mengembalikan kesempatan.

Selain itu, manajemen Juventus juga tidak mengeluarkan banyak uang hanya untuk melihat Ronaldo gugur bersama dengan Juventus di kompetisi Liga Champions Eropa. Jika gelar Serie A saja yang mampu didapat, maka mereka sudah terbiasa melakukannya, bahkan tanpa Ronaldo sekalipun.

Ekspektasi yang begitu tinggi membuat semua tampak berat bagi Ronaldo. Apalagi bila melihatnya sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di Serie A. Mau sampai kapan manajemen Juve sanggup mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk melihat timnya kalah?

Satu hal yang pasti, beban gaji Ronaldo belakangan sempat menjadi bahasan hingga menimbulkan spekulasi bahwa, penguasa Italia itu akan segera melepas sang bintang. Ditambah, sudah banyak tim yang pasang ancang-ancang untuk bisa mencicipi kemampuan sang bintang fenomenal.

Kini setelah terus menjadi pembicaraan akibat gagal membawa Juve melaju ke kompetisi Liga Champions Eropa, Ronaldo pun angkat bicara.

Melalui postingan di akun resmi instagram nya, Ronaldo mengatakan bahwa Juve dan seluruh penggemar tidak seharusnya berlarut-larut dalam kesedihan. Tidak ada yang perlu disesali, toh masih ada beberapa gelar yang bisa diraih. Lebih dari itu, Ronaldo juga mengatakan kalau dalam sepakbola, semua bisa terjadi. Satu hal penting adalah tetap fokus dan terus berjalan.

“Satu hal penting dalam hidup adalah tentang seberapa kuat kita bertahan dan kembali bangkit. Seorang pemenang tak kan pernah menyerah. Fokus kami saat ini adalah kompetisi Serie A. Selain itu, masih ada gelar lainnya yang bisa diraih pada musim ini,” ucap Ronaldo.

Dalam hal ini, Ronaldo memang tidak bicara tentang masa depannya di Juventus. Dia hanya ingin mengajak semua untuk selalu bersatu. Tidak peduli seberapa hebat rintangan yang dihadapi, selama kaki masih bisa melangkah, disitu masih terdapat peluang untuk didapat.

Kemudian, di tengah maraknya kabar tentang kepergian Ronaldo dari Turin, manajemen Juventus, melalui Fabio Paratici, akhirnya buka suara. Dia mengaku geli dengan segala pemberitaan tentang Ronaldo di luar sana. Menurutnya, Juventus merasa sangat beruntung bisa memiliki pemain seperti Ronaldo.

Meski pertandingan Liga Champions beberapa waktu lalu sempat membuat kecewa, secara jelas, Paratici tidak membenarkan kabar bahwa Ronaldo akan segera pergi dari Juventus.

“Itu membuatku tertawa. Ronaldo memenangkan lima Ballon D’ors dan tidak tahu berapa gelar Liga Champions yang didapatnya. Dia mampu mencetak banyak gol di Juventus. Merupakan suatu kehormatan bisa memiliki pemain sepertinya. Kami senang memilikinya disini,” ujar Paratici. (via football-italia)

Selain itu, Paratici juga menegaskan bahwa dia masih percaya dengan kinerja Andrea Pirlo sejauh ini. Dia menikmati prosesnya dan akan terus memantau pertandingan demi pertandingan yang dimainkan sang pelatih.

 

Sumber referensi: goal, tribal football, football italia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *