Alasan Mengapa N’Golo Kante Layak Raih Penghargaan Ballon D’or

  • Whatsapp
Alasan Mengapa N’Golo Kante Layak Raih Penghargaan Ballon D’or
Alasan Mengapa N’Golo Kante Layak Raih Penghargaan Ballon D’or

Nama N’golo Kante sedang ramai dibahas khalayak. Hal itu terasa sangat wajar, mengingat Kante baru saja menunjukkan performa gemilang di laga final Liga Champions Eropa. Lebih dari itu, dirinya memang sukses menyegel tempat di lini tengah Chelsea. Dia menjadi sosok idola sejak didatangkan dari Leicester City.

Kiprah Kante dalam dunia sepakbola memang tidak bisa dipandang remeh. Sejak menjadi bagian dari dongeng menakjubkan yang diciptakan Leicester City, Kante juga berhasil menjadi bagian dari timnas Prancis yang berhasil memenangkan juara dunia. Dalam enam tahun terakhir, tercatat dia berhasil memenangkan sebanyak lima trofi mayor.

Bacaan Lainnya

Kembali lagi, pada musim ini, semua pasti setuju bila Kante layak disebut sebagai pemain terbaik. Meski ada nama Robert Lewandowski yang juga tampil gemilang bersama raksasa Bundesliga, Kante bisa berdiri lebih maju di depan penyerang asal Polandia. Bukan karena kelihaian mencetak golnya, namun karena permainan dirinya yang seolah mampu menguasai seluruh sisi lapangan, sekaligus senyum manis yang tak jarang terpancar dari wajahnya.

Melihat kualitas Kante yang selama ini jadi bahan pujian, apresiasi lebih tinggi tak lama kemudian datang. Kante disebut layak memenangkan penghargaan Ballon D’or dengan segala apa yang telah diberikan. Selain itu, beberapa alasan berikut ini juga akan membuktikan mengapa Kante memang layak menyandang gelar pemain terbaik dunia.

Kembali Ke Performa Terbaik Musim Ini Bersama Thomas Tuchel

Seperti yang sudah disinggung di awal, Kante memainkan peran yang begitu krusial pada musim ini, terutama saat pelatih Thomas Tuchel datang menggantikan Frank Lampard. Mulanya, Kante tampak kesulitan untuk beradaptasi dengan sistem 4-3-3 milik Lampard, namun kini dia terlihat lebih nyaman ketika bermain dalam sistem Thomas Tuchel, dimana pelatih asal Jerman tersebut menempatkan dua pemain tengah.

Kedatangan Tuchel memang menjadi anugerah bagi Chelsea. Dia secara efektif mampu memanfaatkan lini belakang Chelsea yang diisi oleh pemain-pemain hebat. Dalam hal ini, Kante yang diminta untuk berperan lebih defensif sukses menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Dia mampu bergerak bebas dan tak jarang memutus serangan yang bersumber dari lawan. Bisa dilihat di partai final Liga Champions ketika Kante dengan begitu cekatan mampu menutup celah yang berpotensi dimanfaatkan oleh pemain Manchester City, untuk kemudian kontribusinya itu sukses berikan gelar kepada Chelsea.

Dihormati Oleh Kebanyakan Orang Di Dunia

Kante memang bukan pemain yang rajin mencetak gol. Dia juga tak memiliki permainan indah untuk menghibur penggemar. Akan tetapi, Kante mampu menjadi sosok yang dihormati oleh kebanyakan orang dengan sikap yang sangat luar biasa.

Dalam sebuah wawancara, salah satu rekan setimnya di timnas Prancis, Paul Pogba, juga membenarkan hal itu.

“Kami harus mencintainya (Kante). Kami tidak bisa membencinya. Itu sangat tidak mungkin.”

Selain itu, Kante juga mendapat banyak pujian dari orang-orang yang terlibat dalam sepakbola lainnya, seperti para jurnalis misalnya. Dalam pemilihan pemenang penghargaan Ballon D’or, para jurnalis dari berbagai negara memiliki kesempatan untuk menentukan pemenang. Bila Kante saja sudah mampu membuat semua orang tersihir karena sikapnya, maka bukan tak mungkin bila para pemilih akan menempatkan nama Kante di daftar teratas sebagai peraih penghargaan Ballon D’or tahun ini.

Menjadi Yang Terbaik Di Posisinya

N’Golo Kante, setelah dianggap sebagai pemain terbaik secara keseluruhan, juga layak disebut sebagai pemain terbaik di posisinya.

Mungkin ada nama Casemiro dan Joshua Kimmich yang dikenal sebagai sosok gelandang bertahan hebat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tidak ada pemain yang performanya lebih baik daripada N’Golo Kante di paruh kedua musim ini. Dia mampu mendominasi lini tengah dan juga sangat andal dalam merebut bola dari kaki lawan.

Maka dari itu, tak jarang bila kita melihat Chelsea bisa dengan mudah merebut bola dari lawan melalui peran Kante. Tubuh mungil sama sekali tidak menjadi halangan baginya. Secara statistik, Kante mampu mencapai tingkat keberhasilan tekel sebesar 53%, dengan 79 tekel dan 59 intersep.

Selain punya skill mengagumkan itu, Kante juga punya kemampuan dalam mengirim umpan.

Persentase akurasi passing nya mencapai 85% di kompetisi Liga Primer Inggris. Lalu, dia juga sukses catatkan rata-rata 50 operan setiap pertandingannya pada musim ini.

Berpotensi Meraih Piala Eropa Bersama Prancis

Bila Kante berhasil memenangi gelaran Piala Eropa tahun ini, maka dia sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar favorit pemenang Ballon D’or. Persis seperti apa yang dialami Luka Modric, pemenang penghargaan Ballon D’or asal Kroasia itu berhasil naik ke panggung tertinggi pada tahun 2018, setelah tampil gemilang bersama el Real, dan juga berhasil membawa Kroasia lolos hingga ke laga final Piala Dunia.

Kabar baiknya adalah, Prancis yang memang punya skuad mumpuni sangat difavoritkan menjadi pemenang Piala Eropa pada edisi kali ini. Skuad asuhan Didier Deschamps masuk ke dalam kandidat kuat juara Piala Eropa, setelah pada Piala Dunia 2018 lalu mereka berhasil keluar sebagai juara.

Meski tergabung di grup neraka bersama Jerman dan Portugal, tetap saja, Prancis disebut-sebut tak akan terlalu kesulitan untuk melewati setiap hadangan.

Peraih Penghargaan Man of the Match pada semifinal dan final Liga Champions

Meski memulai musim ini dengan banyak jalan terjal, Chelsea berhasil mengakhirinya dengan sebuah raihan gelar Liga Champions Eropa.

Hal ini tidak terlepas dari pengaruh yang diberikan Thomas Tuchel dan peran brilian yang ditunjukkan N’Golo Kante. Ya, di kompetisi Liga Champions kali ini Kante tampil sangat luar biasa. Dia bahkan mendapat tiga penghargaan pemain terbaik di fase semifinal dan final. Lebih hebatnya lagi, lawan yang dihadapi Chelsea tidaklah sembarangan. Di fase semifinal, mereka harus berhadapan dua kali dengan Real Madrid. Sementara di partai final, mereka harus menghadapi raja Liga Primer Inggris, Manchester City.

Penghargaan yang diberikan itu jelas membuktikan bila sosok Kante memang punya kontribusi luar biasa di kubu Chelsea.

Sekali lagi, Kante yang punya sikap sangat terpuji sekaligus memang tampil gemilang di atas lapangan, layak mendapatkan penghargaan Ballon D’or.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *