Akibat Cedera, 11 Pemain Bintang Ini Absen di EURO 2020

  • Whatsapp
Akibat Cedera, 11 Pemain Bintang Ini Absen di EURO 2020
Akibat Cedera, 11 Pemain Bintang Ini Absen di EURO 2020

Setelah sempat tertunda setahun, ajang paling bergengsi seantero Eropa, EURO 2020 akhirnya bergulir mulai 11 Juni hingga 11 Juli 2021. 24 tim peserta telah tergabung dalam 6 grup. Para pelatih negara peserta juga telah mengumumkan skuad mereka di Piala Eropa tahun ini.

Beberapa kejutan dibuat para pelatih tim peserta Euro 2020 yang meninggalkan beberapa pemain bintangnya yang harus mengubur mimpi untuk dapat tampil di ajang empat tahunan itu. Ada yang tersingkir karena kalah bersaing, ada pula yang tersingkir karena terpaksa. Mereka adalah pemain-pemain yang harus rela absen di Euro 2020 karena mengalami cedera.

Bacaan Lainnya

Berikut ini starting eleven sajikan daftar 11 pemain bintang yang absen di Euro akibat cedera.

 

Marc-Andre ter Stegen

Dari penjaga gawang, Jerman harus kehilangan salah satu kiper terbaik mereka, yakni Marc-Andre ter Stegen. Kiper Barcelona itu mesti mengakhiri musim 2020/2021 lebih awal. Ia diketahui mengalami cedera lutut. Cedera itu juga yang membuatnya absen di laga terakhir bersama Barcelona di La Liga musim ini. Kiper kedua timnas Jerman itu baru menjalani operasi lutut pada 20 Mei lalu yang membuatnya dipastikan absen di Euro 2020.

“Saya telah memutuskan bersama tim medis klub bahwa saya akan melakukan intervensi komplementer pada lutut saya. Saya sedih saya harus melewatkan EURO 2020 musim panas ini bersama Jerman.” kata Ter Stegen dikutip dari Goal.com

 

Sergio Ramos

Secara mengejutkan, Luis Enrique mencoret kapten tim sekaligus pemegang caps terbanyak timnas Spanyol, Sergio Ramos dari daftar pemain di Euro 2020. Banyak yang menyayangkan dan mengkritik keputusan Enrique. Bahkan ada yang menuduh Enrique anti pemain Real Madrid dan mendepak Ramos untuk memberi tempat kepada pemain lain. Namun, Enrique beralasan bahwa Ramos tidak fit untuk euro 2020.

“Itu adalah keputusan yang sangat sulit tetapi dia [Ramos] belum bisa bermain musim ini dan hampir tidak berlatih sejak Januari. Saya meneleponnya kemarin [Minggu], itu sulit. Saya merasa tidak enak, karena dia sangat profesional dan dia banyak membantu tim nasional. Dan dia masih bisa membantunya di masa depan. Tapi saya harus mencari yang terbaik untuk skuad,” kata Enrique dikutip dari BBC.

 

Virgil van Dijk

Bek andalan Liverpool dan kapten timnas Belanda ini telah melewatkan sebagian besar musim ini akibat cedera ACL yang ia derita sejak Oktober tahun lalu. Sejatinya, Van Dijk sudah berusah keras dan berpacu dengan waktu untuk pulih secepatnya sebelum Euro dimulai.

Meski sudah mulai menunjukkan perkembangan positif untuk pulih total, bek 29 tahun itu lebih memilih untuk tidak berpartisipasi dalam Euro 2020 agar pulih sepenuhnya dari cedera. Solidaritas tinggi ditunjukkan Van Dijk kala dirinya terlihat mengunjungi rekan-rekannya saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas Belanda.

 

Ferland Mendy

Ferland Mendy menjalani musim yang bagus dengan Real Madrid. Bek kiri asal Prancis itu bahkan sampai merebut posisi starter dari bek kiri kawakan, Marcelo. Meski sudah jadi pilihan utama Zinedine Zidane, Mendy harus menerima pil pahit di bulan April lalu. Ia mengalami masalah pada bagian betisnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Mendy ternyata menderita cedera periostitis yang menyebabkan peradangan pada selaput jaringan yang mengelilingi tulang. Cedera tersebut membuatnya absen sejak pertengahan April dan membuat dirinya tak dilirik pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps.

 

Trent Alexander-Arnold

Gareth Southgate dibuat galau dengan stok bek kanan yang dimiliki Inggris. Mereka punya 4 bek kanan yang tengah bermain bagus, dan salah satunya adalah Trent Alexander-Arnold. Awalnya, bek milik Liverpool itu diisukan akan pemain yang didepak Southgate. Namun ternyata Southgate memilih membawa 4 bek kanan sekaligus, termasuk Arnold.

Sayang, di laga melawan Austria, Trent Alexander-Arnold yang dimainkan harus menepi lebih dulu setelah mengalami cedera. Usai laga, ia dikonfirmasi mengalami cedera paha dan diperkiran butuh waktu 4-6 pekan untuk pulih. Pada akhirnya, bek kanan 22 tahun itu benar-benar tak jadi dibawa ke Euro 2020.

 

Stefano Sensi

Nasib kurang baik juga dialami Stefano Sensi. Gelandang Italia itu sebenarnya punya masalah fisik musim ini. Sensi banyak menepi karena berbagai cedera yang ia derita. Meski begitu, dirinya adalah gelandang jempolan.

Buktinya, pelatih timnas Italia, Roberto Mancini tetap memanggil Sensi ke dalam skuad Italia di Euro 2020 meski kondisi fisiknya sempat diragukan. Apes! Saat sudah terpilih dalam skuad, Sensi kembali mengalami cedera dan kali ini terjadi saat ia menjalani latihan bersama timnas. Tidak dijelaskan secara pasti cedera yang dialami Sensi, tapi posisinya di skuad Euro 2020 sudah digantikan oleh Matteo Pessina.

 

Dominik Szoboszlai

Dominik Szoboszlai bisa dibilang sebagai pemain terbaik Hungaria dalam beberapa dekade terakhir. Gelandang berusia 20 tahun yang baru dibeli RB Leipzig pada Januari kemarin adalah salah satu nyawa timnas Hungaria.

Sayangnya, bintang timnas Hungaria itu sudah dipastikan akan absen di Euro 2020. Pelatih Hungaria, Marco Rossi menyatakan bahwa pemain andalannya tersebut tidak fit setelah gagal pulih tepat waktu dari cedera pangkal paha yang sudah ia derita sejak sebelum pindah ke RB Leipzig.

 

Marco Reus

Marco Reus adalah salah satu pemain favorit Joachim Low. Namun, ia justru memilih mengundurkan diri dari timnas Jerman untuk Euro 2020. Hal itu ia lakukan sebelum Joachim Low mengumumkan skuad Der Panzer.

Reus memilih mundur agar dirinya dapat memulihkan kondisi fisiknya pasca sembuh dari cedera. Kejujuran yang dilakukan Reus sangat diapresiasi Low.

“Saya sudah mengenal Marco selama bertahun-tahun, dan sayangnya dia bernasib buruk dengan cedera. Dia selalu bangkit kembali dengan banyak energi untuk melewati rehabilitasinya. Tetapi bagi kami, kami membutuhkan pemain energik sejak awal. Jadi saya berterima kasih kepada Marco atas kata-katanya yang jujur dan kami menghormati keputusannya,” kata Joachim Low dikutip dari dw.com.

 

Ansu Fati

Ansu Fati adalah pemain muda menjanjikan yang dimiliki Barcelona. Pemuda 18 tahun itu selalu tampil di awal musim ini bersama Barcelona. Ia berhasil mencetak 4 gol dan 1 asis hanya dalam 7 laga sebelum akhirnya cedera lutut mengganggu performa hebatnya.

Pemain yang sudah tampil 4 kali untuk timnas Spanyol itu menjalani operasi pertamanya pada November tahun lalu dan diperkirakan akan kembali berlatih pada Januari tahun ini. Sayangnya, hingga kini ia belum pulih dari operasi meniskus dan sedang menjalani masa recovery sehingga dipastikan absen di Euro 2020.

 

Mason Greenwood

Musim ini, Greenwood berhasil membukukan 7 gol dan 2 asis dalam 31 penampilannya untuk Manchester United di Liga Primer Inggris. Penampilan apiknya itu membuat Greenwood dipilih oleh Gareth Southgate dalam 33 pemain sementara skuad Inggris di Euro 2020. Namun, pada awal Juni kemarin, Manchester United telah menarik sang pemain dari skuad sementara Euro 2020 agar penyerang 19 tahun itu bisa pulih sepenuhnya sebelum musim baru dimulai.

 

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic memutuskan kembali dari masa pensiunnya dari timnas Swedia pada bulan Maret 2021. Ibra melakukan comeback dan membatu Swedia mengalahkan Georgia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Performa impresif bersama AC Milan musim ini jadi alasan kuat dirinya kembali dipercaya membela timnas. Striker jangkung 39 tahun itu berhasil mencetak 15 gol dan 2 asis dalam 19 pertandingan Serie A musim ini.

Atas hal itulah, Ibra kemungkinan besar akan terpilih ke dalam skuad Euro musim panas ini. Namun sayangnya, ia mengalami cedera lutut di babak kedua saat Rossoneri mengalahkan Juventus 3-0 dan sekarang dirinya dipastikan absen dari Euro 2020.

 

Itulah 11 pemain bintang yang dipastikan absen di Euro 2020 karena mengalami cedera. Bila disusun dalam sebuah tim, maka formasi 4-2-3-1 rasanya sangat cocok dengan daftar pemain ini. Quartet bek dihuni Alexander-Arnold, Ramos, Van Dijk, dan Mendy.

Double pivot ditempati Sensi dan Szoboszlai. Reus di posisi gelandang serang dengan Greenwood di sayap kanan dan Ansu Fati di sayap kiri. Serta Zlatan Ibrahimovic sebagai ujung tombak.

Di luar nama-nama ini, masih ada Joe Gomez, Jasper Cillessen, Nicolo Zaniolo, Dani Carvajal, dan Pedro Neto yang harus mengubur mimpi tampil di Euro 2020 karena cedera parah yang mereka alami. Semoga para pemain bintang ini dapat segera pulih dari cedera dan dapat tampil lagi membela negara mereka di ajang lain.

***
Sumber Referensi: Goal, France24, ManagingMadrid, Mykhel, Football Italia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *