Varane dan Maguire: Akankah Jadi Duet Sempurna di MU?

  • Whatsapp
Varane dan Maguire Akankah Jadi Duet Sempurna di MU
Varane dan Maguire Akankah Jadi Duet Sempurna di MU

Di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United masih tampak ingin membenahi lini pertahanan mereka. MU masih ingin mencari pemain berpengalaman sekaligus berskill tinggi, yang dianggap bisa menjadi tembok terbaik pada musim depan. Sejauh ini, salah satu bidikan yang paling berpotensi didatangkan MU pada bursa transfer musim panas adalah nama bek asal Prancis, Raphael Varane.

Menurut laporan goal, pendekatan yang dilakukan MU masih terus intens. Bahkan, sumber tersebut menyatakan bila kesepakatan antara MU dan Raphael Varane hampir temui kata deal. Diharapkan, kesepakatan yang terjadi berada di angka antara 45 juta euro dan 55 juta euro.

Kesepakatan ini sejatinya sudah bisa terjadi sejak jauh-jauh hari. Karena memang kabar tentang kepindahan Varane menuju Manchester United terus berkembang. Namun karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan, maka kesepakatan baru akan terjadi dalam waktu dekat ini.

Dalam hal ini, Manchester United mencoba memanfaatkan posisi mereka dengan memberi tekanan kepada pihak Real Madrid yang masih mengalami kesulitan finansial di tengah pandemi. Dengan kontrak Varane yang masih tersisa satu musim lagi, Madrid tentu akan mempertimbangkan untuk melepas sang pemain, selagi tawaran yang diajukan masih masuk akal.

Di sisi lain, Real Madrid selaku klub pemilik Varane sempat juga meminta sang pemain untuk bertahan, namun ditolak oleh bek tersebut. Yang perlu dicatat, Varane tidak meminta uang lebih kepada Madrid. Dia hanya ingin menghormati klub dengan meninggalkan Real Madrid secara gentleman.

Lebih lanjut, dia tampak puas dengan tawaran kontrak yang dilayangkan Manchester United selama lima tahun.

Tanda-tanda kepergian Varane dari Estadio Santiago Bernabeu pun semakin nampak dengan fakta bahwa dirinya tidak ikut bergabung dengan tim yang tengah melakoni laga pramusim melawan Rangers.

Apakah Manchester United Benar-Benar Membutuhkan Varane?

Bila melihat pergerakan Manchester United yang tampak ngotot selama beberapa tahun terakhir untuk bisa dapatkan Varane, apakah MU benar-benar membutuhkan sosok Varane?

Varane merupakan salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid. Sejak didatangkan pada 2011 silam dari Lens dengan biaya senilai 10 juta euro, bek tengah itu berhasil menjadi pemain termuda dengan trofi terbanyak dalam sejarah Los Blancos. Dikutip dari Marca, Dalam 360 penampilannya bersama el Real, Varane telah meraih sebanyak 18 trofi untuk Real Madrid, termasuk empat trofi Liga Champions Eropa dan tiga trofi La Liga.

Varane memang telah tunjukkan konsistensi luar biasa selama membela Real Madrid. Meski sempat mendapat masalah di lututnya, pemain yang kini berusia 28 tahun itu menjadi salah satu roda terpenting di level tertinggi dalam skuad Los Blancos.

Di bawah arahan Zidane yang sering memainkan garis pertahanan tinggi, Raphael Varane dengan kecerdasan serta keahliannya dalam membaca permainan mampu mengcover banyak tugas yang diberikan sang pelatih. Varane disebut sebagai bek yang selalu bisa membagi tugas, kapan harus bertahan dan melakukan takel, serta kapan harus membantu serangan dengan melakukan sejumlah intervensi ke lini pertahanan lawan.

Berduet dengan Sergio Ramos selama bertahun-tahun, Varane juga mampu menempatkan diri sebagai seorang bek yang lebih pasif. Pasalnya, dia diminta untuk mengimbangi karakter Ramos yang cenderung agresif. Hal ini juga bisa sangat berguna baginya untuk mengimbangi permainan Harry Maguire di lini pertahanan MU, yang terkesan punya karakter agresif.

Bila melihat statistiknya pada musim lalu yang dibandingkan dengan tiga bek yang dimiliki MU, Varane telah menunjukkan sesuatu yang cukup mengesankan.

Dari segi takel sukses per 90 menit, persentase Varane mencapai 72%, dimana Harry Maguire 66%, Victor Lindelof 75%, dan Eric Bailly 100%.

Sementara dari segi persentase kesuksesan duel udara, Varane dan Maguire sama-sama mencapai persentase 75%, unggul dari Lindelof (62%) dan Bailly (56%). Kemudian dalam hal Intersep, Varane catatkan 1,3 kali intersep per sembilan puluh menit. Unggul dari Lindelof (1,1), namun kalah dari Maguire (1,8) dan Bailly (1,6).

Dari segi lainnya yaitu sapuan bersih per sembilan puluh menit, Varane mampu melakukannya sebanyak 3,6 kali, sama dengan jumlah yang diciptakan Harry Maguire, serta unggul dari Lindelof (3,4) dan kalah dari Bailly (3,7).

Dalam menjaga pertahanan Real Madrid, Varane juga tergolong minim dalam ciptakan pelanggaran. Tercatat dia hanya menciptakan sebesar 0,5 pelanggaran selama 90 menit. Angka itu membuatnya unggul dari tiga bek Manchester United yang rata-rata ciptakan satu pelanggaran per sembilan puluh menit.

Lalu dari 56,5 umpan yang diciptakan, Varane berhasil mencapai persentase kesuksesan sebesar 89,3%. Yang tak kalah penting adalah perannya dalam membantu serangan tim. Tercatat, Varane yang tak jarang membantu serangan berhasil mencetak sebanyak dua gol. Jumlah ini sama dengan yang diciptakan Harry Maguire dan unggul dari Victor Lindelof dan Eric Bailly, dimana masing-masing catatkan 1 dan 0 gol selama semusim.

Bila melihat statistik tersebut, Varane boleh dikatakan tidak lebih unggul dari Harry Maguire. Namun begitu, bek asal Prancis ini terlihat unggul dari dua pesaing lainnya. Varane hanya kalah dari Bailly pada satu dari empat aspek yang dibutuhkan oleh seorang pemain bertahan, yakni tackling sukses, duel udara, intersep, dan pelanggaran yang dilakukan. Sisanya, Varane bisa menjadi tandem yang cocok untuk Maguire.

Koleksi gol yang sama dengan Harry Maguire pada musim lalu juga membuktikan bahwa Varane bisa dimanfaatkan sebagai pemain yang jadi sasaran para eksekutor bola-bola mati.

Menanti Duet Varane dan Maguire di Old Trafford

Bila memang pada akhirnya Varane resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar Manchester United, maka sekali lagi, dia akan tampak cocok bila diduetkan dengan sosok Harry Maguire. Maguire merupakan bek yang didatangkan MU dengan harga malah. Meski sempat jadi olokan, kontribusinya bagi klub tersebut mulai terlihat.

Melihat penampilannya di ajang Piala Eropa 2020 kemarin, Maguire juga pantas disebut sebagai salah satu penggawa terbaik Inggris. Dia bermain selama 90 menit, bahkan lebih, dari masing-masing 5 kesempatan yang diterima. Di laga melawan Jerman, Maguire bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik laga oleh situs whoscored.

Melihat profil Raphael Varane yang sudah pantas disebut sebagai bek kelas dunia dengan raihan luar biasa, serta kontribusi Harry Maguire yang perlahan tunjukkan konsistensi yang apik, tidak mengejutkan bila nantinya MU bakal punya lini pertahanan yang wajib diwaspadai.

Salah satu pengamat sepakbola Inggris, Jamie O’Hara bahkan berani berujar bila Varane akan menjadi tandem yang bagus untuk bek sekaligus kapten Setan Merah, Harry Maguire.

“Varane akan menjadi penandatanganan top dan posisi yang pasti mereka butuhkan untuk ditingkatkan.”

“Mereka akan menjadi duet kelas dunia, Varane dan Maguire,” tutur O’Hara.

Sumber referensi: Marca, givemesport, planetfootball, indosport, thefootballfaithful

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *