Rekam Jejak 5 Pemain Kandidat Pemenang Ballon D’or 2021, Siapa Yang Bakal Menang?

  • Whatsapp
Rekam Jejak 5 Pemain Kandidat Pemenang Ballon D'or 2021, Siapa Yang Bakal Menang?
Rekam Jejak 5 Pemain Kandidat Pemenang Ballon D'or 2021, Siapa Yang Bakal Menang?

Penghargaan Ballon D’or menjadi trofi paling istimewa untuk sebuah prestasi individu. Ketika setiap pemain tampil memukau bersama tim maupun dengan timnas, pasti ramai-ramai dia akan dijadikan bahan pembicaraan oleh penikmat bola, wartawan hingga pandit.

Setelah gelaran Piala Eropa dan Copa America selesai, ditambah dengan munculnya para juara di level klub, praktis semua bertanya-tanya, siapa yang pada akhirnya akan naik ke panggung tertinggi di malam penghargaan Ballon D’or?

Bacaan Lainnya

Menarik untuk dibahas!

Kali ini, Starting Eleven akan coba mengulas rekam jejak kelima kandidat kuat peraih penghargaan Ballon D’or 2021, dilihat dari performa individu sekaligus raihan yang didapat bersama tim yang dibela.

 

Robert Lewandowski (FC Bayern/Polandia)

Pada musim 2019/20 lalu, Lewandowski berhasil mempersembahkan treble winner, yakni Liga Jerman, DFB-Pokal, dan Liga Champions Eropa untuk FC Bayern.

Selain itu, dia juga berhasil menjadi top skor Liga Jerman 2019/20 dengan 34 gol dan top skor Liga Champions 2019/20 dengan 15 gol.

Tak sampai disitu, Lewandowski turut dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Champions musim lalu.

Alhasil penyerang asal Polandia ini disebut sebut sebagai pemenang penghargaan Ballon D’or. Sayangnya, penghargaan tersebut ditiadakan karena pandemi virus corona.

Lalu, bagaimana prestasinya tahun ini?

Lewandowski berhasil mempersembahkan trofi Bundesliga untuk FC Bayern. Dia juga berhasil menjaringkan sebanyak 41 gol dalam satu musim kompetisi Bundesliga dan mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Gerd Muller dengan raihan 40 gol.

Sayangnya, Robert Lewandowski gagal membawa Polandia tampil menawan di ajang Piala Eropa 2020. Meski mencetak tiga gol, performanya di ajang tersebut terbilang biasa-biasa saja.

Tampaknya pencapaian musim 2020/2021 lalu kurang mentereng dibanding musim 2019/2020. Jadi, mampukah Lewa layak juara?

 

N’Golo Kante (Chelsea/Prancis)

Rasanya tak pantas jika nama N’Golo Kante tak masuk daftar calon kuat peraih Ballon D’or 2021 ini.

Ya, Kante memiliki rasa hormat dari banyak orang. Performanya di lapangan juga sama baiknya dengan pribadinya diluar lapangan. Ia kerap kali dipuji oleh penggemar karena sosoknya yang sangat sederhana meski bergaji tinggi. Hal tersebut lantas membuat kepopulerannya makin melejit.

Namun pantaskah hal ini dijadikan patokan meraih Ballon D’or?

Meski gagal membawa timnas Prancis melaju lebih jauh di ajang Piala Eropa 2020, Kante memiliki kenangan terbaik ketika berhasil membawa Chelsea memenangkan trofi Liga Champions Eropa. Dia mampu bermain sangat dominan di lini tengah The Blues.

Secara statistik, Kante punya akurasi passing yang sangat baik dengan persentase 85% di Premier League. Lebih dari itu, sukses catatkan rata-rata 50 operan setiap pertandingannya pada musim lalu. Yang tak kalah penting, sang pemain mampu mencapai tingkat keberhasilan tekel sebesar 53%, dengan 79 tekel dan 59 intersep.

Dalam ajang Liga Champions Eropa sendiri, Kante berhasil menjadi Man of The Match di dua laga semifinal melawan Real Madrid. Kemudian di laga final, dia juga menjadi pemain terbaik usai berhasil putuskan aliran serangan Manchester City.

Dengan keberhasilannya dalam membawa Chelsea meraih gelar Liga Champions Eropa, serta melihat kontribusinya untuk timnas Prancis, sebagai salah satu pemain paling populer saat ini pantaskah Kante meraih Ballon D’or?

 

Cristiano Ronaldo (Juventus/Portugal)

Meski telah berusia 36 tahun, eks penggawa Real Madrid ini tetap menyandang status bintang di Juventus. Pada musim lalu, Ronaldo bahkan nyaris tidak pernah dicadangkan oleh tim. Dia yang meski gagal pertahankan gelar scudetto bersama Juve, mampu mencetak sebanyak 36 gol di semua kompetisi.

Ronaldo boleh dibilang telah mencapai puncak performa terbaiknya bersama Si Nyonya Tua musim lalu, meski tak banyak persembahkan gelar. Di kompetisi liga Italia, dia berhasil menjadi top skor dengan catatan 29 gol.

Meski Portugal telah tumbang di babak 16 besar saat bertemu Belgia, raihan 5 golnya selama gelaran EURO 2020 menjadikannya top skorer.

Jumlah gol nya yang tidak bisa dilewati oleh pemain lain sampai gelaran selesai kecuali jumlah yang dicetak oleh own goal.

Yang tak kalah hebat, Ronaldo juga berhasil catatkan rekor tersendiri setelah berhasil menjebol gawang timnas Prancis sebanyak dua kali. Pria Portugal tercatat telah ciptakan sebanyak 109 gol untuk tim nasional, dimana dirinya sukses samai rekor Ali Daei bersama timnas Iran.

Meski agak sulit untuk menempatkan Ronaldo di daftar tertinggi peraih penghargaan Ballon D’or 2021, namun di usianya sekarang yang tak banyak pemain yang berusia sama bisa se-produktif seperti Ronaldo patut diperhitungkan.

 

Lionel Messi (FC Barcelona/Argentina)

Nama Lionel Messi kembali mencuat untuk terus dikaitkan dengan peraih penghargaan Ballon D’or tahun ini, usai dirinya berhasil membawa timnas Argentina meraih gelar juara di ajang Copa America.

Hal itu terasa sangat wajar. Pasalnya, Messi yang menjadi bagian dari timnas Argentina, tak cuma “nebeng” di tim yang pada akhirnya meraih gelar juara itu. Dia tercatat sebagai pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak, ciptakan assist terbanyak, ciptakan peluang terbanyak, dan tentunya mengangkat trofi juara.

Lebih dari itu, dia juga tercatat sebagai pemain yang terlibat dalam 9 dari 12 gol yang diciptakan timnas Argentina di ajang tersebut. Gelar Copa America 2021 lantas membuat Lionel Messi mematahkan catatan buruk di level tim nasional. Walau harus menunggu untuk waktu yang lama, pada akhirnya Messi membawa Argentina menjadi juara pada turnamen mayor.

Trofi bersama tim Tango itu tentu melengkapi pencapaian Messi di dunia sebelum ini, yang lebih banyak menghadirkan prestasi individu dan di level klub bersama Barcelona.

Pada musim lalu bersama FC Barcelona, Lionel Messi memang hanya berhasil meraih trofi Copa del Rey saja. Akan tetapi jangan salah, performa individunya bisa dijadikan sebagai acuan, mengapa ia layak dapatkan penghargaan Ballon D’or.

Lionel Messi melakoni 47 laga tahun ini dengan torehan 38 gol dan 14 assist, plus 26 predikat man of the match.

Bersama klub berjuluk La Blaugrana musim lalu, Lionel Messi juga berhasil catatkan sejumlah rekor, seperti jadi top skor sepanjang masa La Liga, meraih kemenangan terbanyak di kompetisi La Liga, sekaligus melampaui rekor Xavi Hernandez sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk FC Barcelona.

Kontribusinya bersama timnas Argentina maupun FC Barcelona jelas membuat nama La Pulga layak diwaspadai sebagai salah satu kandidat kuat peraih penghargaan Ballon D’or.

 

Jorginho (Chelsea/Italia)

Jorginho boleh dibilang sebagai pesaing terdekat Lionel Messi sebagai peraih penghargaan Ballon D’or. Meski sang pemain merasa tidak percaya diri ketika namanya terus diperbincangkan sebagai peraih trofi tersebut, harus diakui bila performanya selama setahun sangatlah gacor.

Jorginho menjalani musim lalu dengan sangat cemerlang. Bersama Chelsea di level klub, dia berhasil membawa tim asal London tersebut meraih gelar juara Liga Champions Eropa.

Tak hanya itu, dia juga memainkan peran sebagai gelandang jangkar dengan sangat baik. Dia bermain dalam 12 dari total 13 pertandingan yang dilakoni Chelsea. Jorginho selalu bermain sebagai starter dan memiliki jumlah penampilan terbanyak dari pemain Chelsea lainnya.

Di laga final, perannya yang begitu tenang di lini tengah juga berhasil membuat Chelsea tampil seimbang.

Di kompetisi Liga Primer Inggris sendiri, Jorginho tampil dalam 28 laga dan berhasil mencetak 7 gol. Meski hanya berhasil ciptakan 1 assist, Jorginho selalu ciptakan lebih dari 60 umpan per laga. Total umpannya selama semusim di kompetisi Inggris mencapai 1.783 buah.

Ketika tampil bersama timnas Italia di ajang Piala Eropa 2020, Jorginho berhasil melanjutkan kegemilangannya dengan baik. Di balik kebijakan rotasi yang dilakukan Mancini, Jorginho jadi salah satu pemain yang jarang diganti. Kepercayaan Mancini pun dibayar lunas oleh Jorginho.

Di ajang tersebut, Jorginho unggul dalam hal intersep yang masuk dalam rekor EURO yakni sebanyak 25 kali. Selain itu, dia juga unggul dalam ball recovery, yakni sebanyak 46 kali, dimana hal tersebut jadi yang terbanyak dari gelandang lainnya.

Dengan kegemilangannya di tengah lapangan, pemain berdarah Brasil ini sukses membawa Italia juara setelah puasa selama 53 tahun lamanya.

Dalam hal ini, dia bisa mengikuti jejak Luka Modric yang menjadi perusak dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam perebutan penghargaan Ballon D’or. Apalagi, eks pemain Napoli ini punya statistik yang lebih baik dari sang gelandang Kroasia di turnamen besar.

Menarik sekali kandidat peraih Ballon D’or tahun ini yang tak ada satu pun nama wonder kids dalam list. Dari 5 kandidat ini siapa yang layak untuk mendapatkan penghargaan Ballon D’or 2021?

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *