Ole Dipecat, Ini Daftar Calon Penggantinya!

  • Whatsapp
Ole Dipecat, Ini Daftar Calon Penggantinya!
Ole Dipecat, Ini Daftar Calon Penggantinya!

Manchester United akhirnya resmi mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak lagi menggunakan jasa Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih. Juru taktik asal Norwegia itu resmi diberhentikan tepat setelah tim berjuluk Setan Merah mengalami kekalahan memalukan 1-4 atas Watford.

Sebagai pengganti, Darren Fletcher dan Michael Carrick telah disiapkan untuk menangani tim sementara waktu. Keduanya merupakan asisten Ole Gunnar Solskjaer dan juga eks gelandang Manchester United.

Meski belum dipastikan siapa yang akan menggantikan posisi Ole sebagai pelatih Manchester United, sudah muncul sejumlah kabar yang memberitakan kalau beberapa sosok ini telah disiapkan sebagai calon kuat yang bakal duduk di kursi kepelatihan Manchester United.

Mauricio Pochettino

Kandidat pertama sosok yang berpotensi latih Manchester United adalah Mauricio Pochettino. Pelatih asal Argentina itu mengaku sangat tertarik untuk menduduki kursi kepelatihan Setan Merah. Pochettino bahkan sudah menginformasikan teman dekatnya terkait ketertarikan kembali ke Premier League demi menangani MU.

Menurut laporan yang beredar, kontrak Pochettino bersama Paris Saint Germain saat ini tinggal menyisakan satu tahun lagi. Artinya, MU hanya perlu membayar kompensasi ke PSG bila memang ingin mendatangkan Pochettino sebagai pelatih baru. Beberapa tahun sebelumnya, rumor tentang kedatangan Pochettino ke MU memang sudah tersiar. Namun kesepakatan antar keduanya tak pernah terjalin karena klub yang bermarkas di Old Trafford memang masih terus mempercayai sosok Ole Gunnar Solskjaer.

Rumor kedatangan Pochettino ke MU tampak disambut baik oleh pelatih legendaris Sir Alex Ferguson. Fergie mengaku suka dengan gaya kepelatihan Pochettino. Selain itu, Gary Neville juga tampak bakal percaya diri untuk memberikan kontrak jangka panjang kepada Pochettino, menyusul pengalamannya di kompetisi Liga Primer Inggris.

Dari Pochettino sendiri, selain dirinya memang tertarik untuk melatih MU, ada pemain bernama Donny van de Beek yang sempat disanjungnya setinggi langit beberapa tahun silam. Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa Pochettino memang merasa nyaman bila MU memberikan tawaran melatih kepadanya.

Luis Enrique

Tepat setelah Ole Gunnar Solskjaer dipecat sebagai pelatih MU, nama Luis Enrique langsung muncul sebagai kandidat untuk duduk di kursi kepelatihan tim. Sebagai pelatih, Enrique punya reputasi yang cukup membanggakan. Ketika berstatus sebagai pelatih Barcelona, dia pernah menggondol satu gelar Liga Champions Eropa, dua trofi La Liga, dan juga tiga trofi Copa del Rey.

Kabar dipilihnya Luis Enrique sebagai pelatih MU juga mendapat dukungan dari superstar mereka, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu mengaku terkesan dengan pencapaian sang pelatih dan mengatakan bila Enrique dengan mental pemenang merupakan sosok yang tepat untuk melatih Manchester United.

Namun begitu, tidak menjadi hal mudah bagi MU untuk bisa mendatangkan Enrique sebagai pelatih baru mereka. Sebab, baru-baru ini Enrique mengaku masih sangat menikmati masa-masa nya sebagai pelatih timnas Spanyol dan belum memikirkan tentang tawaran yang datang dari tim lain.

Brendan Rodgers

Nama berikutnya yang berpotensi mendapat kesempatan untuk latih MU adalah Brendan Rodgers. Dia merupakan pelatih jempolan yang begitu berjaya di kompetisi Liga Skotlandia. Saat ini, Brendan Rodgers juga tampil sebagai sosok pelatih yang dihormati oleh penggemar Leicester City.

Datang pada awal 2019 lalu, Brendan Rodgers sukses persembahkan trofi Piala FA buat The Foxes.

Beberapa pihak menilai bila Brendan Rodgers memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari Ole Gunnar Solskjaer. Dia lebih berpengalaman dan tahu caranya mengelola pemain level top. Bila sang pelatih menerima tawaran yang diajukan MU, maka ini bakal disebut sebagai pengalaman yang tak terlupakan baginya.

Apalagi, komposisi pemain yang dimiliki MU tergolong oke. Ada banyak pemain potensial yang bisa dimanfaatkan untuk meraih gelar juara.

Akan tetapi, belum ada komentar dari sang pelatih soal perkara ini. Yang ada, dia masih ingin fokus melakukan pekerjaannya sebagai pelatih Leicester City.

Laurent Blanc

Laurent Blanc bisa menjadi nama kejutan untuk latih MU. Dia merupakan mantan pelatih PSG dan Bordeaux dengan segudang gelar domestik. Meski sempat menganggur, Blanc kini tercatat sebagai pelatih klub Qatar, Al Rayyan.

Blanc dianggap bisa dijadikan sebagai solusi Manchester United yang tengah mencari sosok pelatih anyar untuk didatangkan. Menurut mantan pemain mereka, Dimitar Berbatov, Blanc adalah sosok yang tenang dan disebut bisa menstabilkan ruang ganti dengan sangat baik.

“Laurent Blanc adalah kandidat yang menarik. Dia adalah mantan pemain United, yang memenangkan segalanya, telah melatih PSG dan Prancis, memiliki rasa hormat dari para pemain dan dia memiliki karisma dan ketenangan yang dibutuhkan untuk mengelola United,” kata Berbatov

Bila MU memang tertarik gunakan jasa Laurent Blanc, maka mereka setidaknya harus mengeluarkan dana tebusan untuk Al Rayyan.

Erik ten Hag

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, terus dihubungkan dengan kursi kepelatihan Manchester United. Dia merupakan sosok elegan dengan gaya melatih luar biasa. Erik ten Hag bisa menjadikan pemain-pemain muda semacam Donny van de Beek hidup kembali, setelah sebelumnya dia terus dicadangkan oleh pelatih Ole Gunnar Solskjaer.

Riwayat perjalanan pelatih asal Belanda itu pun sudah tidak bisa diragukan lagi. Selama melatih Die Amsterdammers, Erik ten Hag sudah mengoleksi dua trofi Eredivisie dan dua Piala Belanda.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada jawaban pasti dari sang pelatih. Dia bahkan mengaku tidak tau menau jika namanya dihubungkan dengan Manchester United. Satu hal yang pasti, Ajax Amsterdam masih menjadi fokusnya saat ini.

“Kami memiliki skuad yang brilian, kami ingin berjuang mendapatkan titel. Oleh karena itu fokus ku sepenuhnya adalah untuk Ajax, yang lain hanyalah distraksi. Aku tidak mendengar apapun terkait itu (ketertarikan United), jadi aku tidak akan berpikir soal itu,” tegas Erik ten Hag.

Ralf Rangnick

Selain nama-nama yang telah disebutkan, masin ada Ralf Rangnick yang juga terus membanjiri daftar calon pengganti Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih Manchester United.

Di usia 63 tahun, Rangnick disebut sebagai pelatih yang punya visi brilian. Sang pelatih punya reputasi terbaik di tanah kelahirannya, Jerman. Seperti diketahui, banyak yang mengatakan bila Rangnick merupakan guru dari dua pelatih hebat Liga Primer Inggris, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel.

Namun bila MU memang ingin menunjuk Ralf Rangnick sebagai pelatih baru mereka, mantan juru taktik RB Salzburg itu tidak ingin bila hanya dijadikan sebagai pelatih sementara.

“Aku ingin datang dan bekerja dengan kalian, tetapi aku tidak bisa melakukannya selama empat bulan. Aku bukan pelatih sementara,” tegas Rangnick.

Melihat sejumlah kandidat yang belum tentu kepastiannya, siapa kira-kira sosok yang tepat untuk menduduki kursi kepelatihan Manchester United?

Pos terkait