Mengenal Ronald Araujo : Bek Jangkung Barcelona Penerus Legenda Carles Puyol

  • Whatsapp
Mengenal Ronald Araujo Bek Jangkung Barcelona Penerus Legenda Carles Puyol
Mengenal Ronald Araujo Bek Jangkung Barcelona Penerus Legenda Carles Puyol

Sejak berhasil menyumbangkan 1 gol untuk Barcelona saat melawan Valencia 19 Desember 2020 kemarin, nama Ronald Araujo mulai jadi bahan perbincangan.

Sebelumnya, Koeman memang sengaja memasukkan nama Araujo dalam daftar pemainnya tahun lalu. Ia percaya pemain yang ia tarik dari akademi muda Barcelona ini bisa memberikan yang terbaik untuk El Barca. Terbukti, meski skor berakhir seri, Araujo yang berposisi sebagai bek tengah itu mampu tunjukkan skill luar biasa.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Araujo juga dipercaya untuk menggunakan nomor punggung 4, yang mana nomor itu adalah nomor yang sebelumnya pernah digunakan oleh Koeman sendiri dan beberapa legenda Barca lainnya, seperti Cesc Fabregas,  Rafael Marquez, dan Ivan Rakitic.

Araujo adalah pemain yang memikat Barcelona saat tampil di Piala Dunia U-20 2017. Penampilannya yang oke membuat Barca rela mengeluarkan uang sebesar € 4,7 juta untuk membelinya dari klub Uruguay, Boston River 2018 lalu.

Namun, sebelum berkarir menjadi pemain bertahan, pemilik nama lengkap Ronald Federico Araújo da Silva ini adalah seorang striker. Sampai setelah ia berumur 17 tahun, posisinya berubah jadi  bek tengah.

Namun begitu, Araujo adalah pemain yang multitalenta. Selain bisa jadi bek tengah, ia juga bisa berperan sebagai gelandang bertahan. 

Dan meski posisinya adalah bek tengah, pemain kelahiran 7 Maret 1999 ini adalah pemain yang cukup produktif. Terbukti, pria dengan tinggi 191 cm ini telah catatkan 3 gol dari 22 pertandingan musim lalu.  Sementara itu, pada musim 2019/20 pemain yang kini berusia 21 tahun itu berhasil mengumpulkan 3 gol dan 3 assist dari 20 pertandingan.

Selain, bisa berperan ganda dan punya produktivitas yang cukup baik, pemuda asal Uruguay tersebut juga punya kecepatan yang mengagumkan. Bahkan, kakinya yang panjang tak jadi penghalang saat ia dan rekan-rekannya harus menghadapi serangan balik Alaves. Tercatat, kecepatan larinya mencapai 34,8 km per jam.

Kelebihan lainnya yang membuat Araújo semakin membuat Barcelona menaruh harapan padanya adalah kekuatan duel udaranya yang mengagumkan.

Didukung tubuhnya yang jangkung dan besar, Araujo jadi pemain yang akan sulit dikalahkan saat terjadi duel bola udara atau fisik satu lawan satu. Selain itu, Araujo  juga punya determinasi tinggi, skill marking, antisipasi bola dan tekel yang dinilai cukup baik.

Semua kelebihan itu membuat banyak orang berpendapat bahwa Ronald Araujo adalah the next Carles Puyol, sang legenda Barca yang punya jiwa kepemimpinan hebat.

Tentu, hadirnya Araujo di tengah-tengah skuad Barca bisa memberikan angin segar mengingat Barca sendiri memang butuh pemain yang punya kemampuan memimpin mumpuni, skill duel udara, gesit dan determinasi yang tinggi. 

 

Sumber Referensi : Indosport, Everythingbarca, Kumparan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *