Mengapa Pemain Sepakbola Menggunakan Kaos Kaki Panjang

  • Whatsapp
Mengapa Pemain Sepakbola Menggunakan Kaos Kaki Panjang?
Mengapa Pemain Sepakbola Menggunakan Kaos Kaki Panjang?

Dari waktu ke waktu, permainan sepakbola telah mengalami banyak perubahan. Ada beragam aturan yang pada akhirnya mengalami perkembangan hingga membuat semua pihak yang terlibat merasa aman dan juga nyaman. Salah satu perkembangan dalam sepakbola adalah perihal pemakaian sepatu. Ada sepatu khusus yang digunakan dalam permainan ini agar pemain merasa nyaman dan juga tidak membahayakan yang lain.

Dalam pemakaian sepatu, pemain juga melengkapi aksesoris mereka dengan sepasang kaos kaki. Bila diperhatikan, kaos kaki yang digunakan para pemain sepakbola juga tidak sembarangan. Ada bentuk, ukuran, dan desain khusus yang digunakan demi menunjang kenyamanan para pemain di atas lapangan. Kaos kaki yang digunakan para pemain sepakbola biasanya memiliki ukuran panjang yang bahkan sampai menutup kedua lutut.

Bacaan Lainnya

Bicara tentang kaos kaki panjang yang digunakan oleh para pemain ada kaitannya yang begitu erat dengan penggunaan aksesoris lain, yaitu shin guard. Shin guard atau yang biasa disebut sebagai pelindung tulang kering, tentu digunakan untuk melindungi tulang yang tergolong rawan tersebut.

Pemakaian shin guard bagi setiap pemain sepakbola sangatlah penting. Pasalnya, olahraga ini termasuk yang berjenis keras dan rawan benturan. Oleh sebab itu, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, memakai shin guard menjadi salah satu cara untuk menanggulanginya.

Hubungan antara shin guard dengan kaos kaki panjang tentu sangatlah erat. Salah satu satu alasan mengapa para pemain mengenakan kaos kaki panjang adalah untuk menahan shin guard agar tetap berada pada posisi yang pas, sehingga memungkinkan para pemain bergerak bebas dan juga bisa terhindar dari masalah serius.

Boleh dibilang bahwa penggunaan shin guard telah “memaksa” para pemain untuk mengenakan kaos kaki panjang. Hal tersebut juga sudah tertulis dalam aturan resmi permainan, bahwa pemain sepakbola harus mengenakan kaos kaki panjang untuk menutupi tulang kering sekaligus membuat shin guard tetap berada pada posisi yang sudah ditentukan. Selain menghindari resiko cedera tulang kering, penggunaan kaos kaki panjang oleh para pemain juga bertujuan untuk menghindarkan mereka dari berbagai masalah cedera lainnya. Misalnya saja, dengan memakai kaos kaki panjang, para pemain akan mampu mengurangi resiko cedera pergelangan kaki atau cedera bagian kaki samping dan juga belakang.

Dijelaskan bahwa pemilihan kaos kaki panjang yang pas dan juga ketat sangatlah disarankan. Sekali lagi, hal itu bertujuan untuk menjaga shin guard tetap berada pada posisi dan mengurangi resiko berbagai macam cedera. Bahkan, seperti yang sudah dijelaskan, ada sejumlah pemain yang memilih untuk mengenakan kaos kaki panjang yang sampai menutup lutut. Hal itu tentu bertujuan untuk menjaga lutut agar tidak rentan terhadap cedera bila terjadi benturan.

Alasan lain mengapa para pemain sepakbola menggunakan kaos kaki panjang adalah untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Kita semua tahu bila kebanyakan kaos kaki memiliki bahan tebal dan juga ketat. Akibatnya, kita yang mengenakan kaos kaki akan merasa hangat dan tidak mudah tersapu angin.

Menjaga suhu tubuh agar tetap hangat selama pertandingan menjadi salah satu prioritas utama setiap pemain sepakbola. Pasalnya, bila udara dingin terus menyerang, akan timbul berbagai masalah yang tentunya akan mengganggu kinerja mereka selama sembilan puluh menit lamanya.

Seperti yang kita tahu, udara dingin akan membuat otot mudah kram akibat sirkulasi darah yang buruk dan juga rawan terjadi kontraksi otot. Jadi sudah jelas bila penggunaan kaos kaki panjang akan membuat para pemain tetap hangat dan juga membuat mereka memiliki sirkulasi darah yang lancar selama pertandingan. Bila sirkulasi darah sudah lancar, maka yang akan didapat adalah kenyamanan selama bermain. Para pemain akan lebih mudah bergerak dan tentunya akan lebih lincah dalam melakukan manuver tertentu.

Memang benar bila ada beberapa pemain yang memilih untuk memakai celana tambahan agar tetap hangat. Namun tetap saja bila penggunaan kaos kaki panjang jauh lebih efektif.

Sejauh ini, pemakaian kaos kaki pemain sudah tidak hanya menyoal tentang alasan yang telah disebutkan saja. Namun juga tentang penunjang penampilan yang pastinya akan membuat para pemain lebih percaya diri saat tampil dihadapan orang banyak.

Ya, memakai kaos kaki selama pertandingan juga telah memunculkan sejumlah produk menarik dari berbagai apparel olahraga. Mereka tidak hanya berfokus pada kualitas kaos kaki, namun juga dari segi tampilan seperti warna, desain, dan yang lainnya. Hal itu tentu bertujuan untuk membuat penampilan para pemain secara fisik terlihat lebih menarik.

Bahkan disebutkan pula ada pemain tertentu yang memilih untuk mendesain kaos kaki yang mereka kenakan. Dari mulai warna sampai panjangnya kaos kaki telah ditentukan sendiri oleh beberapa pemain, dengan alasan kenyamanan selama pertandingan.

Selain itu, ada juga cara lain yang tentunya menarik dari sejumlah pemain untuk membuat mereka lebih nyaman saat bertanding. Yaitu dengan melubangi kaos kaki yang mereka kenakan.

Ya, hal ini memang benar adanya. Ada pemain sepakbola yang malah sengaja melubangi kaos kaki panjangnya demi mendapat kenyamanan yang diinginkan.

Salah satu pemain yang tampak melubangi kaos kakinya adalah pemain andalan Manchester City, Kyle Walker. Walker terlihat sering melubangi kaos kakinya saat bertanding. Ketika ditanya tentang alasannya dalam melubangi kaos kakinya saat bertanding adalah, Walker hanya ingin merasakan kakinya lebih bebas saat bermain.

Dia yang berlarian selama sembilan puluh menit membutuhkan kaos kaki yang tak mengekang otot betis nya. Ada beberapa apparel yang membuat kaos kaki panjang yang terlalu ketat. Hal itu membuat sejumlah pemain, termasuk Walker, merasa tidak nyaman. Karena tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, Walker melubangi kaos kaki di bagian belakang agar otot di bagian belakang betis jadi lebih bebas, tak terkekang, dan mengurangi potensi kram.

Selain Kyle Walker, masih ada sejumlah pemain lainnya yang juga memilih untuk melubangi kaos kakinya. Mereka adalah Danny Rose, Arthur Masuaku, Gareth Bale, hingga Ezequiel Garay.

Dengan munculnya fakta tersebut, secara tidak langsung menunjukkan bahwa beberapa apparel belum benar-benar mampu membuat kaos kaki dengan kualitas terbaik. Masih ada pemain yang merasa bahwa kaos kaki yang diproduksi terlalu ketat dan malah membuat otot betis terasa terkekang.

 

Sumber referensi: gethypedsport, fieldinsider, goal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *