Kepulangan Dramatis Cristiano Ronaldo ke Manchester United

  • Whatsapp
Kepulangan Mengejutkan Cristiano Ronaldo ke Manchester United
Kepulangan Mengejutkan Cristiano Ronaldo ke Manchester United

Kira-kira, apa yang dirasakan para penggemar Manchester United sekarang?

Bahagia? Sudah tentu. Senang? Apalagi. Terkejut? Rasa-rasanya bukan suatu hal mengejutkan ketika seorang legenda yang pernah meninggalkan klub memilih untuk kembali pulang ke tempat dimana dia dibesarkan.

Bacaan Lainnya

Cristiano Ronaldo yang secara tiba-tiba mengabarkan ingin tinggalkan Juventus usai gol nya di menit ke 90 pada laga melawan Udinese dianulir, langsung membuat semua penggemar fokus pada sosial medianya. Menunggu kabar sang bintang selanjutnya! Tentu sudah menjadi agenda yang wajib dilakukan. Namun bagi penggemar Manchester United, mereka harus sabar menunggu untuk memastikan bahwa sang legenda tidak salah memilih jalan pulang.

Pasalnya, sempat beredar kabar yang menyebut bila Ronaldo akan kembali ke Manchester namun berganti warna. Seperti diketahui, The Citizens dilaporkan telah menjalin kontak dengan Jorge Mendes untuk membahas rencana perekrutan Ronaldo.

Praktis, amarah penggemar Setan Merah tak terhindarkan. Bahkan, sudah ada penggemar yang berani membakar jersey Manchester United yang bertuliskan ‘Ronaldo’ di belakangnya.

Hal tersebut memang sulit dihindarkan. Ketika sebuah kekecewaan sudah memuncak, maka disitulah sesuatu diluar nalar seringkali jadi pelampiasan.

Namun di tengah isu yang terus membuat mata dan pikiran para penggemar Setan Merah tak karuan, sebuah pernyataan yang disampaikan Fabrizio Romano, selaku pemberi berita teraktual bagi kita semua, tiba-tiba meredakan amarah mereka. Ronaldo, yang beberapa jam sebelumnya diberitakan bakal segera menyelesaikan transfer dengan Manchester City, secara resmi diberitakan bahwa sang agen Jorge Mendes telah menerima tawaran dari Manchester United untuk memulangkan sang bocah kesayangan.

Tak lama setelah Fabrizio mendendangkan kalimat sakti “Here We Go”, akun Twitter resmi Setan Merah secara terbuka dan bahagia mengumumkan, bahwa mereka resmi mengantongi kata sepakat untuk menyambut kepulangan sang superstar. Sontak saja, cuitan tersebut langsung dibanjiri oleh banyak warga maya yang tentunya membela panji Setan Merah.

Rasa bahagia, haru, sekaligus tak percaya terlihat dalam banyak cuitan penyambutan kepulangan sang legenda. Bahkan, di salah satu stasiun yang terletak di Manchester, sudah terpampang banner besar bertuliskan “Welcome To Manchester” lengkap dengan gambar Ronaldo yang tengah membentangkan tangan.

Dalam kesepakatan ini, Manchester United diberitakan harus membayar dana sebesar 25 juta euro atau setara 422 miliar rupiah sebagai kompensasi dari sisa kontrak Ronaldo di klub Si Nyonya Tua.

Kabarnya, Ronaldo juga bakal menandatangani kontrak selama dua tahun atau setidaknya sampai 2023, dan menurut laporan jurnalis Gianluca Di Marzio, CR7 akan menerima gaji sebesar 25 juta pounds atau nyaris menyentuh angka 500 miliar rupiah per tahun.

Dalam transfer ini, mungkin ada yang bertanya, mengapa tiba-tiba Ronaldo memilih untuk tinggalkan Juventus?

Alasan Ronaldo Tinggalkan Juventus

Harus diakui bila kepergian Ronaldo dari Juventus pada musim panas tahun ini sama-sama menguntungkan dua belah pihak. Ronaldo, yang masih memiliki sisa satu tahun kontrak, telah memberi Juventus sejumlah dana untuk dimanfaatkan.

Lalu, salah satu keputusan yang dianggap mendasar dari kepergian Ronaldo adalah tidak cocoknya sang pemain dalam skema yang diusung Allegri. Sudah menjadi rahasia umum bila pelatih asal Italia itu merasa kurang pas bila dalam skuadnya terdapat sosok Ronaldo. Malah, Allegri juga pernah mengatakan bila Juventus ingin berkembang, maka mereka harus melepaskan Ronaldo.

Menurut pandangannya, permainan Juventus jadi tidak seimbang ketika kebanyakan pemain malah fokus pada satu titik saja yaitu Ronaldo.

Disamping itu, Allegri yang memang jadi sosok kuat dari alasan kepergian Ronaldo juga dinilai lebih menyukai nama Paulo Dybala sebagai andalan. Hal itu terbukti dari pertandingan pertama yang dijalani Juve di kompetisi Serie A, dimana Dybala yang tampil lepas di bawah asuhan Allegri mampu mencetak gol perdana pada musim ini.

Melihat fenomena ini, pelatih anyar AS Roma, Jose Mourinho, juga tidak melihat Ronaldo sebagai pemain yang tampil maksimal selama membela Juventus. Baginya, kemampuan yang dimiliki sang pemain tidak benar-benar bisa dimanfaatkan oleh Si Nyonya Tua.

“Juventus telah berhasil membeli nuklir paling mematikan sejagat. Sayangnya, mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya,” ucap Mourinho (via indianexpress)

Yang jadi pertanyaan berikutnya, bagaimana Ronaldo yang sebelumnya dilaporkan bakal bergabung dengan Manchester City malah kemudian memilih pulang ke Old Trafford?

Alasan pertama, menurut Fabrizio Romano, meski telah berhasil menjalin kontak, The Citizens tidak pernah memberikan tawaran resmi kepada Juventus untuk merekrut Ronaldo. Maka dari itu, MU yang lalu mengetahui situasi tersebut langsung coba memanfaatkannya.

Selain itu, muncul kabar yang menyatakan bila dipilihnya MU sebagai pelabuhan selanjutnya, juga karena terdapat peran dari dua sosok penting dalam kubu Setan Merah.

Ada Peran Bruno Fernandes dan Sir Alex Ferguson

Ya, di balik kepulangan Ronaldo ke tim yang sudah memberinya banyak gelar, para penggemar harus berterima kasih kepada dua sosok penting dibalik layar, yakni Bruno Fernandes dan Sir Alex Ferguson.

Sir Alex Ferguson, yang menganggap Ronaldo seperti anak sendiri, merasa terganggu dengan kabar yang menyebut bila pemain andalannya itu bakal bergabung dengan Manchester City. Sontak saja, pria yang pernah memberi kejayaan bagi MU tersebut langsung turun tangan untuk meminta Ronaldo pulang ke Old Trafford, alih-alih memilih jalan ke klub rival.

Beruntung, nasehat tersebut didengar oleh Ronaldo hingga dirinya benar-benar serius memperimbangkan untuk melakukan kepulangan ke MU.

Selain Sir Alex Ferguson, kepulangan Ronaldo ke MU juga tak lepas dari peran salah satu pemain bintang mereka, Bruno Fernandes. Seperti yang dikatakan pelatih Ole Gunnar Solskjaer, dirinya tahu betul bila Bruno terus berbicara kepada Ronaldo agar mau pulang ke MU.

Ole bahkan berani memastikan bila Ronaldo tahu jalan mana yang harus ditempuh ketika putuskan pergi dari Juventus.

“Aku tahu Bruno selalu menjalin kontak dengannya (Ronaldo),”

“Dia (Ronaldo) tahu apa yang yang kami rasakan tentangnya, dan jika dia pindah dari Juventus, dia tahu bahwa kami ada disini,” tutur Ole (via The Guardian).

Berkat peran penting dari kedua sosok tersebut, seperti yang kita tahu, Ronaldo akhirnya mau pulang ke Old Trafford.

Awal Pertemuan dan Periode Pertama yang Mengesankan

Ketika tahu Sir Alex Ferguson terlibat dalam proses kepulangan Ronaldo ke Old Trafford, maka itu tidak menjadi sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, seperti yang kita tahu, Fergie yang meski saat ini sudah tidak menjadi pelatih Setan Merah, masih memiliki hubungan yang sangat erat dengan Ronaldo.

Sedikit mundur ke belakang, ketika MU pertama kali mendapat jasa Ronaldo dari Sporting Lisbon, Fergie menjadi orang yang memang sudah menyiapkan segalanya Diceritakan bila pada malam ketika Manchester United melakukan laga persahabatan melawan Sporting Lisbon, banyak sekali skuad MU yang terkesan dengan Ronaldo.

Gary Neville dan Rio Ferdinand menjadi sosok yang tak percaya dengan apa yang ditampilkan oleh seorang pemain yang saat itu baru berusia 18 tahun. Sesuai pertandingan, ketika MU harus mengakui keunggulan Sporting dengan skor 1-3, Ferdinand bertanya kepada Fergie apakah dia akan membawanya ke Old Trafford.

Tanpa basa basi, Fergie yang memang sudah memantau bakat Ronaldo sebelum pertandingan itu digelar, langsung mengadakan pertemuan dengan Jorge Mendes dan calon bintang andalannya di ruang ganti. Perjanjian pra kontrak yang sebelumnya sudah sempat didapat dengan Sporting pun membuat kesepakatan tersebut tak berlarut-larut.

Ronaldo datang ke Old Trafford sebagai ganti dari gagalnya Fergie merekrut Ronaldinho yang saat itu lebih memilih untuk bergabung dengan FC Barcelona.

Dana senilai 12,8 juta euro atau setara 216 miliar rupiah kemudian diberikan kepada Sporting sebagai jaminan transfer Ronaldo.

Sempat mengira dirinya bakal kembali dipulangkan ke Sporting sebagai pemain pinjaman, Ronaldo ternyata salah besar. Fergie langsung memintanya untuk membawa semua pakaiannya dari Portugal dan langsung memulai latihan dengan tim utama. Benar saja, empat hari berselang, Ronaldo tampil dalam laga debutnya melawan Bolton Wanderers.

Sebagai kepercayaan yang teramat dalam dari sosok Fergie kepada Ronaldo, pelatih legendaris itu sampai berani memberi jersey dengan nomor 7 kepada Ronaldo. Fergie mengakui bila Ronaldo memang belum membuktikan apa-apa untuk mengenakan nomor keramat tersebut.

Namun entah mengapa, ia begitu yakin bila Ronaldo akan temui banyak kesuksesan di Manchester United.

Setelah sekitar enam tahun lamanya, tak perlu dijelaskan lagi seberapa banyak prestasi yang diberikan. Yang jelas, Ronaldo telah membuat semua penggemar kecewa dan sedih ketika dirinya memutuskan pergi dari Old Trafford pada tahun 2009.

Berbekal 118 gol dari 292 laga di lintas kompetisi, plus torehan trofi Liga Champions Eropa, Premier League, Piala Dunia Antarklub, serta tentunya penghargaan Ballon D’or, Ronaldo pergi dari Old Trafford sebagai legenda.

Kini, setelah dua belas tahun lamanya, Ronaldo kembali tertantang untuk mengukir cerita yang lebih indah dalam karirnya. Bahkan, dia berpotensi mengakhiri karir sepakbolanya di Manchester United, setelah pada musim ini, dia resmi diperkenalkan sebagai bintang yang baru didatangkan.

Kira-kira, mampukah Ronaldo mengulang sukses di periode keduanya bersama Setan Merah?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *