Ironi Georgios Giakoumakis, Top Skor Eredivisie Kala Timnya Terdegradasi

spot_img

Georgios Giakoumakis. Namanya memang cukup asing bagi para pecinta sepak bola. Maklum, ia hanyalah striker dari klub papan bawah Eredivisie Belanda, VVV Venlo. Klub yang ia bela jelas kalah tenar dibanding klub-klub besar Liga Belanda seperti, Ajax Amsterdam, PSV, AZ Alkmaar, Feyenoord, atau FC Utrecht sekalipun.

Pamor Georgios Giakoumakis sendiri juga kalah bila dibandingkan dengan deretan penyerang kelas dunia yang mentas di Liga Belanda. Sebut saja Dusan Tadic, Donyell Malen, Steven Berghuis, atau Myron Boadu. Namun, dibanding nama-nama tadi, Georgios Giakoumakis menolak untuk kalah kelas.

Ajax Amsterdam memang keluar sebagai juara Eredivisie musim ini. Mereka superior dengan memuncaki klasemen Liga Belanda sejak pekan ke-6. Ajax sukses mengumpulkan 88 poin dari 34 laga dan unggul 16 poin dari peringkat 2, PSV. Tak hanya itu, mereka juga tampil trengginas dengan menghasilkan total 102 gol di Eredivisie musim ini.

Akan tetapi, meski para pemain Ajax mampu menghasilkan 100 gol lebih dalam satu musim, bukan pemain Ajax yang mampu memuncaki daftar top skor. Bahkan, dalam daftar pencetak gol terbanyak Eredivisie musim ini, takada satupun pemain Ajax yang bisa menempati posisi 5 besar. Disinilah Georgios Giakoumakis mencuri perhatian dunia.

Striker 26 tahun asal Yunani itu mampu mengungguli para penyerang berkelas Ajax seperti David Neres, Dusan Tadic, atau Sebastien Haller. Jumlah gol yang dihasilkan Georgios Giakoumakis jauh mengungguli nama-nama tadi. Penyerang milik VVV Venlo itu total telah mencetak 26 gol di Eredivisie musim ini.

Jumlah gol itulah yang menjadikan Georgios Giakoumakis sebagai pencetak gol terbanyak alias top skor Eredivisie Belanda musim 2020/2021. 26 gol yang dihasilkan striker timnas Yunani itu mampu mengungguli 2 penyerang timnas Belanda, Donyell Malen (PSV) dan Steven Berghuis (Feyenoord) yang masing-masing hanya hanya mencetak 19 dan 18 gol saja.

Keberhasilan Giakoumakis keluar sebagai top skor Eredivisie musim ini tentu menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, ini adalah musim debut bagi pemilik 6 caps bersama timnas Yunani itu di Liga Belanda. Giakoumakis baru didatangkan VVV Venlo pada Agustus 2020.

Namun, keluarnya Giakoumakis sebagai top skor Eredivisie musim ini merupakan sebuah ironi. Sebab, tim yang ia bela, VVV Venlo jadi salah satu tim yang terdegradasi dari Eredivisie musim ini. Klub berjuluk “The Yellow Black Army” itu finish di posisi 17 dari 18 tim dan secara otomatis turun kasta ke divisi kedua. Tak hanya itu, Venlo juga mencatat hasil paling memalukan musim ini dengan sempat dibantai 13 gol tanpa balas oleh Ajax di pekan ke-6.

Inilah yang membuat gelar top skor Liga Belanda yang diraih Giakoumakis begitu unik. Bagaimana tidak, ia telah mencetak lebih dari 60% gol Venlo musim ini. Total, para pemain Venlo berhasil mencetak 43 gol sepanjang musim ini, dan 26 gol diantaranya lewat sumbangan Giakoumakis seorang.

Sayangnya, meski telah menyumbang begitu banyak gol, ia tak mampu menyelamatkan VVV Venlo dari jurang degradasi. Georgios Giakoumakis pun dinobatkan sebagai raja gol Eredivisie Belanda pertama yang berasal dari tim yang terdegradasi.

Penyerang bernomor punggung 11 itu berhak atas trofi Willy van der Kuiljen pertama dalam sejarah Liga Belanda. Trofi Willy van der Kuiljen sendiri merupakan edisi terbaru dari gelar top skor Eredivisie. Penamaan itu sendiri merupakan bentuk penghargaan kepada Willy van der Kuiljen yang merupakan top skor sepanjang masa Eredivisie Belanda dengan 311 gol.

Giakoumakis tak hanya menjadi top skor bagi Liga Belanda. Lesatan 26 golnya menjadikan Giakoumakis sebagai pencetak gol terbanyak VVV Venlo dalam satu musim kompetisi. Pemain yang kerap disapa “Jako” itu juga seolah bekerja sendirian untuk lini serang Venlo. Pasalnya, pencetak gol terbanyak kedua Venlo musim ini adalah Jafar Arias yang hanya mampu mengemas 4 gol saja.

Jako memang begitu diandalkan di lini serang Venlo. Ia telah tampil sebanyak 30 laga alias hanya absen di 4 laga Liga Belanda musim ini. Rekan satu timnya, Christian Kum juga mengaku bahwa peran Jako sangat krusial bagi timnya.

“Tanpa dia (Giakoumakis), segalanya akan jauh lebih buruk bagi kami. Saya belum pernah melihat seorang striker begitu fokus pada gol seperti dia,” ujar Christian Kum dikutip dari nytimes.com

Statistik Giakoumakis musim ini juga mendukung pernyataan Christian Kum. Penyerang bertinggi badan 185 cm itu total telah membuat 95 tembakan ke gawang lawan, dimana 46 diantaranya mengarah tepat sasaran. Artinya, Ia mampu menghasilkan 3,31 shots on target per 90 menit.

Salah satu keunggulan utamanya dari Giakoumakis adalah kekuatannya dalam duel-duel udara. Total, ia telah membuat percobaan sundulan ke gawang lawan sebanyak 29 kali. Distribusi golnya juga membuktikan hal itu. 18 gol ia hasilkan lewat sepakan kaki kanan. 4 gol ia buat lewat kaki kirinya, dan 4 gol lainnya berasal dari sundulan kepala.

Strategi yang diusung VVV Venlo juga mendukung gaya main Georgios Giakoumakis. Tugas utamanya adalah berada di dalam kotak penalti, memenangkan bola di udara, dan membuat peluang dalam situasi tersebut. Musim ini, Ia juga mencatat expected goals (xG) sebesar 18,64.

Expected goals adalah nilai yang mengukur kualitas sebuah peluang. Makin tinggi nilainya, makin bagus peluang tersebut. Dan makin banyak gol yang dicetak melebihi nilai expected goals-nya, maka makin berkualitas penyelesaian akhir pemain tersebut. Dengan jumlah 26 golnya sudah cukup jadi bukti betapa efektifnya Giakoumakis di depan gawang lawan.

Apalagi, musim ini Giakoumakis juga menciptakan sensasi tersendiri. Ia langsung mencetak hattrick di laga debutnya saat membantu Venlo mengalahakan FC Emmen dengan skor 5-3. Giakoumakis juga membuat 2 kali quattrick di pekan ke-16 dan 19 saat membantu timnya mengalahkan ADO Den Haag dan Vitesse dengan skor identik, 4-1.

Akan tetapi, apa yang Giakoumakis raih musim ini sangat kontras bila dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Pasalnya, sebelum membela Venlo, ia hanyalah striker yang jarang mencetak gol. Sebelum hijrah ke Belanda, ia lebih dulu malang melintang di Liga Yunani dan Polandia.

Sepanjang kariernya, Giakoumakis sudah membela 7 klub berbeda. Sebelum membela VVV Venlo ia tercatat pernah membela klub Yunani Atsalenios, Platanias, Episkopi, AEK Athens, OFI, dan klub Polandia, Gornik Zabrze. Sejak memulai debutnya pada 2011 silam, Giakoumakis baru mencetak 33 gol dari total 171 penampilan (0,19 gol per laga).

Hanya dalam semusim, Giakoumakis mendadak menjelma menjadi striker tajam dengan rata-rata 0,9 gol per laga. Kini kesuksesannya mencetak 26 gol di 30 laga yang menjadikannya top skor Eredivisie Belanda membuat nama Giakoumakis jadi incaran banyak klub.

Dari Belanda, klub papan atas, PSV disebut meminati striker 26 tahun itu. Sementara dari luar Belanda, Rangers FC yang dilatih Steven Gerrard kabarnya juga menaruh minat kepada pemilik 6 caps bersama timnas Yunani itu. Selain mereka, 2 klub Liga Inggirs, yakni Southampton dan klub promosi Norwich City juga diberitakan tertarik merekrut Giakoumakis.

Meski dirinya diikat dengan kontrak 2 tahun plus opsi perpanjang satu tahun dengan Venlo, namun Giakoumakis kemungkinan besar bakal dilego ke klub lain. Direktur olahraga Venlo sendiri telah membenarkan hal tersebut.

“Jako (panggilan Giakoumakis) mengatakan ingin bermain di kompetisi dengan nama besar, tapi dia juga menikmati waktunya di Eredivisie. Dia bisa bersaing menjadi pencetak gol terbanyak di sini. Saya yakin akan mendapatkan harga yang pas untuk Jako. Dia pemain bagus dan bisa berkembang di banyak klub. Sejauh ini, belum ada hasil yang konkret dari rencana transfernya. Kami masih melihat tawaran menarik bagi dirinya dan juga klub,” kata Stan Valckx, direktur olahraga VVV Venlo, dikutip dari supersoccer.tv

Diketahui, Georgios Giakoumakis dibeli VVV Venlo dari AEK Athens pada Agustus tahun lalu dengan mahar hanya 200 ribu euro. Berdasarkan rumor yang beredar, manajemen Venlo telah mematok harga jual Giakoumakis di angka 5 juta euro. Dengan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak Eredivisie musim ini, harga tersebut terbilang terjangkau.

Jadi, tim manakah yang beruntung mendapatkan jasa Georgios Giakoumakis?

**
Sumber Referensi: Football 5 Star, The New York Times, Football Fancast, Hitc, Supersoccer.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru