Indonesia Sebagus Ini!? Musuh di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Waswas

spot_img

Selain dikenal Negeri Mode, Italia juga dikenal sebagai Negeri Sepakbola. Banyak klub-klub besar dan pemain-pemain bintang yang lahir dari rahim sepakbola Italia. Namun, dengan status seperti itu, bukan berarti Italia berhak merendahkan kualitas sepakbola di negara lain, apalagi Indonesia.

Dikutip CNN Indonesia, salah satu media besar di Italia, yakni Gazzetta menyinggung Indonesia soal keikutsertaanya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menurutnya, Indonesia cuma tim pelengkap di Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Sontak pernyataan ini menjadi perhatian tersendiri bagi para pecinta sepakbola di tanah air. Tapi, apakah Indonesia memang seburuk itu di mata dunia? Nggak juga tuh. Mau bukti? 

Gazzetta Meremehkan

Gambaran yang lebih besarnya adalah Gazzetta sebetulnya sedang menyoroti Roberto Mancini di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kita semua tahu, pada tahun 2023 Mancini meninggalkan sepakbola Eropa demi melatih tim nasional Arab Saudi.

Nah, Gazzetta menganggap Mancini akan kesulitan membawa Arab Saudi lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. “Saudi dihantam oleh Jepang dan Australia, yang paling berbahaya di urutan dua besar. China, Bahrain, dan Indonesia hanya melengkapi grup C,” lanjut Gazzetta memprediksi kekuatan tim yang dihadapi Saudi. Nah, narasi yang berbunyi “Indonesia hanya melengkapi Grup C” dianggap telah merendahkan Indonesia.

Arab Saudi

Anyway, Gazzetta mungkin belum nonton channel Starting Eleven ya. Padahal di situ mereka bisa melihat bagaimana dahsyatnya perkembangan sepakbola Indonesia dalam dua tahun terakhir. Karena kenyataannya dari semua lawan Skuad Garuda di Grup C, tak ada satu pun yang meremehkan Indonesia. Bahkan, Roberto Mancini sekalipun.

Mantan pelatih Inter Milan itu mengaku terus memantau perkembangan sepakbola Indonesia. Indonesia bukan tim yang bisa dianggap sepele begitu saja. Salah satu poin yang jadi perhatian khusus adalah materi pemain yang terus berubah. Saking penasarannya, Mancini bahkan sengaja hadir saat Indonesia berlaga di Piala Asia U-23 yang dilaksanakan di Qatar.

Saat itu, Mancini menonton langsung laga Indonesia U-23 melawan Irak U-23. Nah, saat menonton itu Mancini bertemu staf Kemenpora, Hamdan Hamedan. Sebagaimana diklaim oleh Hamdan, Mancini mencatat adanya empat pemain Indonesia yang perlu diwaspadai.

Nama-nama yang disebut oleh Mancini adalah Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, dan Ivar Jenner. Pemain-pemain yang kemungkinan besar akan kembali diturunkan saat menghadapi Arab Saudi awal September nanti. Menurut Mancini, pemain-pemain tersebut memiliki teknik kontrol bola dan stamina yang bagus.

Selain soal materi pemain, Mancini juga melihat siapa sosok di balik itu semua. Tidak lain adalah Erick Thohir. Selama di Inter, Mancini mengenal Erick sebagai sosok yang berdedikasi tinggi dan memiliki ambisi besar. Maka dari itu, ketika Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI, Mancini percaya sepakbola Indonesia berada di tangan yang tepat.

Australia

Australia pun demikian. Meski mereka dianggap sebagai tim unggulan di Grup C, Socceroos sama sekali tidak mau merendahkan siapa pun lawannya, termasuk Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung oleh sang pelatih, Graham Arnold. Ketika ditanya apa komentar soal drawing ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Arnold enggan berbicara banyak.

Yang pasti, dirinya tetap mewaspadai lawan-lawan di Grup C. Dilansir Bola.com, Graham Arnold juga tidak percaya dengan asumsi yang mengatakan bahwa Timnas Indonesia adalah tim terlemah di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menurutnya, semua tim yang sudah sampai pada tahap ini adalah yang terbaik.

Mantan pelatih Sydney FC itu juga menuturkan bahwa Indonesia justru bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Australia. Semangat, kerja keras, dan dukungan fanatik dari puluhan ribu fans Merah Putih diakuinya akan menjadi faktor X dalam pertandingan. Apalagi pertandingan nanti akan bersifat home-away. Arnold berusaha mempersiapkan timnya untuk tetap fokus saat bertandang ke Indonesia.

Selain Graham Arnold, ada sosok penting sepakbola Australia yang juga mengakui kehebatan sepakbola Indonesia. Dia adalah legenda Timnas Australia, Tim Cahill. Menurutnya, perkembangan skuad Garuda saat ini sangat bagus. Lebih lanjut, Cahill juga memuji Erick Thohir. Berkat kepemimpinannya, sepakbola Indonesia telah berkembang pesat. 

Jepang

Soal tanggapan pembagian grup di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jepang barangkali jadi yang paling rendah hati. Meskipun timnya dianggap yang terkuat di Grup C, Hajime Moriyasu tetap menganggap semua lawannya, termasuk Indonesia bisa jadi cobaan berat menuju Piala Dunia.

Moriyasu memprediksi bahwa Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan memberikan perlawanan yang sengit. Pertemuan di ajang Piala Asia 2023 jadi tolok ukur Moriyasu. Dikutip Suara.com, Hajime Moriyasu menjelaskan, peran Shin Tae-yong di timnas Indonesia sangat krusial. 

Menurutnya, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu telah memberikan banyak perubahan sehingga skuad Garuda tidak bisa dianggap remeh. Moriyasu menilai Shin Tae-yong membawa sepakbola Indonesia ke level yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Setali tiga uang, salah satu anak asuhnya, yakni Takumi Minamino juga meminta rekan-rekannya tetap mewaspadai Timnas Indonesia. Mantan pemain Liverpool itu memandang Indonesia sebagai tim muda yang bermain bagus di Piala Asia kemarin. Minamino juga merasa Skuad Garuda sedang dalam momentum yang tepat untuk membuktikan diri.

Bahrain

Berbeda dengan beberapa tim kuat yang mewaspadai Indonesia, Bahrain justru optimis bisa lolos dari jeratan grup neraka. Administrator Timnas Bahrain, Ahmed Salah Malalla Abdulla bahkan percaya diri timnya bisa langsung ke Piala Dunia 2026. Ahmed Salah percaya Bahrain bisa melewati round ketiga, meski berhadapan dengan Jepang hingga Indonesia.

Tapi, respons dari mantan pelatih Bahrain, Samir Chaman agak berbeda. Dirinya meminta Bahrain untuk tidak jumawa setelah tampil apik di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Chaman malah menyoroti peningkatan performa yang ditunjukan oleh Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dirinya mengaku takjub dengan perkembangan sepakbola Indonesia sejak dilatih Shin Tae-yong.

Chaman menganggap kekuatan baru Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini bisa menyulitkan langkah Bahrain yang berambisi lolos ke putaran final. Meski unggul head to head, pelatih Bahrain era 2018 itu meminta mantan timnya agar tidak sekalipun meremehkan Skuad Garuda.

China

Respons China soal kekuatan Timnas Indonesia malah lebih lucu lagi. Menurut media lokal China, 163.com, Timnas China iri dengan Indonesia yang dianggap lebih berbahaya dan bisa merepotkan tim-tim raksasa di babak kualifikasi nanti. China merasa modal Indonesia cuma pemain keturunan. Jika bukan karena itu, Indonesia tak akan mendapat panggung sebesar ini di sepakbola Asia.

Bagi China, ini sebuah penghinaan karena lebih banyak pihak yang menjagokan Tim Garuda ketimbang Tim Naga. Padahal peringkat FIFA China masih lebih baik ketimbang Indonesia. Tapi apa boleh buat, benar apa yang dikatakan Takumi Minamino. Indonesia sedang berada di momen bagus. Tangan Shin Tae-yong lagi wangi-wanginya ini.

Toh nggak ada salahnya menyebut China tidak lebih baik dari Indonesia. China melaju ke babak ketiga melalui jalur runner up Grup C di ronde kedua. Wu Lei dan kolega finis di bawah Korea Selatan dengan torehan 8 poin dengan hanya mengantongi dua kemenangan. Itu jadi yang terburuk ketimbang kontestan lain di Grup C ronde ketiga.

Maka dari itu, agaknya berlebihan jika media-media asing menganggap Indonesia cuma pelengkap di Grup C Kualifikasi Piala Dunia ronde ketiga nanti. Wong Indonesia masih punya peluang masuk empat besar. Dasar, Gazzetta ini nggak ngaca kalau Timnas Italia juga cuma jadi “pelengkap” di EURO 2024.

Sumber: Bolasport, CNN Indonesia, Suara, Tv One, Gazzetta.it

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru