Girona dan Barcelona, Sahabat Dekat yang Kini Saling Bersaing

spot_img

Keperkasaan Girona di La Liga musim ini terus berlanjut. Mereka bak tim besar yang sulit untuk dikalahkan. Saudara tuanya di La Liga, Barcelona kini jadi pesaing ketat mereka di papan atas La Liga. Namun yang perlu diingat, mereka ini adalah dua sahabat lama yang ternyata tak pernah berseteru.

Beda Dengan Barcelona vs Espanyol

Pertemuan Girona dan Barcelona tidak seperti panasnya Derby Catalan Barcelona melawan Espanyol. Espanyol sudah sejak dulu menjadi rival sekota Barcelona. Rivalitas mereka tumbuh karena terkait dengan persoalan politik masa lalu.

Espanyol dianggap lebih dekat dengan penguasa Spanyol alih-alih mendukung independensi Catalunya sebagai rakyat yang tertindas dan ingin merdeka. Pembelaan yang diberikan raja-raja Spanyol di zaman dulu kepada Espanyol, juga menjadi bukti bahwa Espanyol jauh dari perjuangan rakyat Catalan.

Berbeda kalau Barcelona bertemu Girona. Dua klub yang juga sama-sama dari Catalan tersebut justru tak pernah berseteru. Bahkan persahabatan mereka terlihat di beberapa pertemuan.

Kedekatan Girona Dan Barcelona

Kedekatan Girona dan Barcelona juga dipengaruhi oleh wilayah. Girona adalah sebuah provinsi tersendiri yang jauh lebih sedikit penduduknya dibanding Barcelona. Jarak antara keduanya juga tak jauh yakni sekitar 100 km saja.

Beberapa masyarakat Girona juga ternyata adalah bagian dari pendukung Barcelona. Sejak dulu sudah banyak dari penduduk Girona yang tiap pekannya justru menonton laga Barcelona di Camp Nou. Maklum, Girona FC dari dulu berkutat di kasta terbawah Liga Spanyol.

Dilansir The National News, salah satu penggemar Girona FC mengatakan bahwa Girona ini bisa diibaratkan sebagai sebuah desa kecil bila dibandingkan dengan Barcelona. Layaknya sifat para penduduk desa, pergi menonton Barcelona di tengah kota adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka.

Selain itu kedekatan Girona dan Barcelona juga dipengaruhi oleh aspek politik. Sikap Girona sejak dulu sama dengan sikap Barcelona yang mendukung kemerdekaan rakyat Catalunya. Bahkan sejak referendum kemerdekaan dicetuskan, penduduk Girona tetap setia mendukungnya.

Momen Pertemuan Bersejarah Girona dan Barcelona di La Liga

Pembuktian kedekatan kedua klub ditandai dengan momen pertemuan keduanya di La Liga pada tahun 2017 silam. Pertemuan itu adalah untuk pertama kalinya dua sahabat bertemu di pentas tertinggi Liga Spanyol. Pasalnya, musim 2017/18 adalah momen pertama kalinya Girona FC bermain di La Liga.

Laga yang digelar pada bulan September 2017 di Stadion Montilivi itu adalah laga yang spesial. Saking spesialnya, sampai-sampai disiapkan iklan khusus untuk mempromosikan laga tersebut. Iklan tersebut dibuat oleh Girona FC yang isinya kurang lebih mengenai kedekatan hubungan antara kedua klub.

Para penggemar Girona pun tampak antusias dan berbondong-bondong memadati Stadion Montilivi guna merayakan pertemuan spesial tersebut. Saking dekatnya, momen membaurnya kedua pendukung menjadi pemandangan tersendiri kala itu.

Masing-masing fans juga banyak yang berfoto bersama. Ada yang menggunakan baju Girona dengan syal Barcelona, begitupun sebaliknya. Bahkan tak ada pengamanan khusus di laga tersebut. Para fans juga bebas membeli tiket di loket mana saja, tak ada batasan.

Tak lupa laga yang berakhir 0-3 untuk kemenangan Barcelona tersebut, juga diwarnai oleh sikap pro kemerdekaan Catalunya oleh kedua kubu. Dilansir Marca, kedua pendukung sama-sama menyanyikan lagu pro kemerdekaan Catalunya sambil mengibarkan bendera Estelada, lambang kemerdekaan Catalunya.

Koneksi Girona Dengan Mantan Barca

Kedekatan Barcelona dan Girona juga ditunjukkan dengan adanya para mantan Barcelona. Sebut saja Pep Guardiola, Txiki Begiristain, maupun Ferran Soriano. Hal itu berkaitan dengan diakuisisinya Girona oleh City Football Group (CFG) pada tahun 2017.

Lewat saudara laki-laki Pep Guardiola, yakni Pere Guardiola, Girona bisa menjadi seperti sekarang ini. Pere Guardiola yang juga ketua Girona FC, adalah otak dari segala kebijakan yang ada di Girona hingga sekarang.

Soriano dan Begiristain yang kini bekerja di City Football Group (CFG) juga tak asing dengan Pere Guardiola. Pere Guardiola dulu adalah agen sepakbola handal yang sering bekerjasama dengan Begiristain dan Soriano ketika keduanya masih menjabat di Barcelona.

Secara tidak langsung peran Soriano dan Begiristain bagi Girona musim ini juga berpengaruh. Termasuk proses peminjaman pemain yang dikerjakan mereka. Contohnya adalah Yan Couto dan Savio, dua pemain di bawah naungan City Football Group (CFG) yang dipinjamkan ke Girona. Begitu juga peran Pere Guardiola yang membangun kerja sama dengan Barcelona untuk peminjaman pemain seperti Eric Garcia dan Pablo Torre.

Girona Makin Tumbuh

Koneksi Girona tersebut menjadikan mereka makin tumbuh menjadi klub yang disegani di La Liga. Evaluasi demi evaluasi dilakukan oleh Girona guna menyambut musim 2023/24. Dengan pelatih dan sebagian besar pemain yang hampir sama, mereka makin menunjukan tajinya musim ini.

Dari data hingga jornada ke-15 La Liga, Girona masih menduduki posisi ke-2 dengan raihan poin yang sama dengan Real Madrid yakni 38 poin. Terpaut empat poin dari Barcelona yang berada di posisi ke-3 dengan 34 poin.

Pertemuan Barcelona dan Girona musim ini tentu akan menjadi kunci dan menarik untuk ditunggu. Namun jika melihat rekor pertemuan mereka, tampak terlihat jomplang. Dicatat Aiscore, dari total 12 laga yang telah dilakoni keduanya, Barcelona mendominasi dengan 9 kali kemenangan. Sedangkan Girona hanya mampu menang sekali dan dua laga sisanya berakhir seri.

Adu Kekuatan

Tapi jika melihat kondisi sekarang, Girona tentu akan mati-matian menghadapi Barcelona.
Kekuatan Girona musim ini terletak pada teamwork mereka di bawah racikan Michel. Fleksibilitas penggunaan formasi 3 bek maupun 4 beknya, juga masih berjalan lancar hingga saat ini.

Ditambah semangat militan pemain mereka di setiap laga yang tak kenal lelah sampai menit terakhir. Itulah mengapa mereka di La Liga musim ini sering dijuluki “si raja comeback”. Karena memang Girona sering menang ketika ketinggalan terlebih dahulu dari lawan.

Selain itu, kekuatan lini serang mereka seperti Savio maupun top skor sementara mereka Artem Dovbyk juga patut untuk diperhitungkan Barcelona. Bagaimanapun hingga Jornada ke-15, Girona sementara masih menjadi tim terproduktif di La Liga dengan total 34 gol. Lebih banyak dari pemuncak klasemen Real Madrid 33 gol, maupun Barcelona 28 gol.

Sedangkan dari kubu Barcelona, mereka kini masih menggebu untuk cepat naik peringkat guna bersaing dengan musuh bebuyutannya, Real Madrid. Meski ditinggal pilar pentingnya seperti Ter Stegen maupun Gavi, toh anak asuh Xavi masih meraih hasil positif. Seperti kemenangan 1-0 atas Atletico Madrid di jornada ke-15 La Liga. Keperkasaan “Duo Joao” yakni Felix dan Cancelo juga bisa jadi senjata andalan Xavi untuk membungkam Girona.

Well, sepanas-panasnya persaingan mereka di La Liga, persahabatan mereka tetap tak akan bisa luntur. Persahabatan mereka sudah jadi salah satu simbol bagi perjuangan rakyat Catalan. Mulai dari kesepahaman tentang pandangan politik, hingga masyarakat dan fansnya yang bisa saling membaur satu sama lain. Keduanya juga akan kembali bertemu di jornada ke-16 nanti.

Sumber Referensi : marca, thenationalnews, marca, barcelonametro, aisscore, playingfor90

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru