Formasi Mengerikan MU, Jika Sir Alex Ferguson Berhasil Mendatangkan Para Pemain Ini

Sir Alex Ferguson menjadi salah satu pelatih terbaik yang pernah ada. Kepemimpinannya kala membesut Manchester United jelas menjadi yang paling membekas. Sudah banyak sekali gelar yang ia sumbangkan. Bahkan lebih dari itu, pelatih yang akrab disapa Fergie ini juga berhasil meningkatkan pamor klub yang bermarkas di Old Trafford. Dibawah asuhannya, MU sukses menjadi tim paling ditakuti, baik di Inggris, maupun Eropa.

Dalam perjalanannya, ia sudah banyak sekali bekerja sama dengan para pemain hebat. Bahkan bisa dibilang, Fergie juga menjadi sosok yang sukses mengorbitkan sejumlah pemain ternama.

Akan tetapi, dalam mencoba meracik tim, Fergie tak selamanya temui jalan lurus. Rencananya pernah gagal. Bahkan, ia beberapa kali ditolak oleh deretan pemain hebat yang pernah ingin digaetnya.

Dan berikut starting eleven sajikan susunan pemain terbaik Manchester United jika Fergie berhasil memboyong para pemain ini!

Kiper: Petr Cech

Pada tahun 2003, Fergie mengaku jatuh cinta dengan eks kiper Chelsea, Petr Cech. Ia menyatakan kekagumannya pada sosok penjaga gawang asal Republik Ceko itu. Pada saat itu, Cech tercatat masih berstatus sebagai kiper Rennes. Fergie akhirnya batal memboyong Cech. Alasannya, saat itu usianya masih terlalu muda, yakni 21 tahun, untuk bermain di Liga Inggris.

Pada akhirnya, kiper asal Ceko itu akhirnya hengkang ke Chelsea. Bersama The Blues, Cech meraih empat gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions.

Bahkan bisa dibilang, Cech yang berdiri dibawah mistar Chelsea menjadi salah satu kiper yang mengganggu dominasi MU di kancah Liga Primer.

Bek Tengah; John Terry

John Terry telah mengungkapkan bahwa Sir Alex Ferguson pernah mencoba mengontraknya sewaktu masih berumur 14 tahun, sebelum akhirnya ia pindah ke Chelsea.

Sang pelatih mencoba mengontraknya, namun urung terlaksana karena Terry sudah lebih dulu menandatangani kontraknya bersama Chelsea.

Namun sebenarnya bisa saja John terry pindah ke Manchester pada musim 1994 dan 1995 setelah United berhasil menjuarai Liga Inggris dua musim beruntun, dan tengah mencari seorang bek tengah potensial yang akan menjadi generasi penerus di Manchester United.

Seperti diketahui, Terry merupakan penggemar United dan ia pernah melakukan latihan dengan tim muda United. Namun sekali lagi, Terry menganggap Chelsea menjadi klub yang sangat cocok untuk keberlangsungan karirnya.

Bek Tengah: Raphael Varane

Manchester United dikenal sebagai tim yang selalu punya lini pertahanan terbaik. Pada 2011 lalu, saat Fergie masih menjadi sebagai pelatih Setan Merah, ia sangat tertarik untuk mendatangkan Raphael Varane. Bahkan, Fergie sampai melakukan perjalanan dari Euston ke Lille, Prancis, menggunakan kereta.

Perjalanan itu ditempuhnya demi mendapat tanda tangan bek muda berbakat asal Prancis, Raphael Varane.

Namun meski manajemen MU sudah mulai membahas segala detail kontrak sang pemain, Real Madrid ternyata sudah lebih dulu mendapatkan jasa Varane. Fergie pun kecewa karena ia tidak menyangka jika langkah gesitnya masih kalah cepat dari klub raksasa asal Spanyol.

Bek Tengah: Paolo Maldini

Sir Alex Ferguson mengaku pernah mencoba untuk memboyong bek AC Milan Paolo Maldini ke Manchester United, namun selalu saja menemui kegagalan.

Hal itu ia ungkapkan dalam peluncuran Tour 2017 United di New York, dengan Ferguson didampingi Maldini di atas panggung. Saat ditanya soal percobaannya merekrut Maldini, Ferguson mengatakan,

“Aku pernah mencobanya namun ketika aku bertemu ayahnya (Cesare), dia cukup hebat (untuk menjaga putranya),”

“Aku hanya bisa geleng-geleng dan cuma itu. Dia (Cesare) berkata ‘kakek ku adalah Milan, ayah ku adalah Milan, aku Milan dan anak aku juga Milan… lupakan niatanmu’!”. (via thefootballfaithfull)

Gelandang: Paul Gascoigne (dibaca: geskoin)

Sir Alex Ferguson mengutarakan penyesalannya di masa lampau. Fergie menyesal tak merekrut Paul Gascoigne. Legenda hidup timnas Inggris tersebut diakui Fergie sebagai satu-satunya pemain Inggris terbaik semenjak tahun 1966 ketika Inggris menjadi jawara se-jagad.

Sebenarnya, MU sudah menaruh perhatian pada sang pemain sedari masih muda. Namun entah mengapa, MU lengah dan kesempatan itu dimanfaatkan oleh Tottenham Hotspurs.

Fergie selalu menyesali itu. Baginya, akan sangat luar biasa jika memiliki Paul Gascoigne di tim racikannya saat itu.

Gelandang: Zinedine Zidane

Zinedine Zidane pernah menjadi pemain yang diminati Manchester United pada era 1990-an. Namun, niat klub berjuluk Setan Merah itu tidak pernah terealisasikan.

Presiden Manchester United dalam kurun 1980 hingga 2002, Charles Martin Edwards, mengatakan Fergie tidak tertarik merekrut Zidane lantaran posisi mantan pemain Timnas Prancis itu memiliki kesamaan dengan Cantona. Sebenarnya kedatangan Zizou ke klub yang bermarkas di Old Trafford itu merupakan saran dari Les Kershaw selaku Direktur Akademi United.

Fergie tidak ingin jika kedatangan Zidane akan merusak situasi dan kondisi Cantona yang sudah sangat nyaman di MU. Oleh karena itu, sang pelatih legendaris tidak ingin mengambil resiko.

Gelandang: Ronaldinho

Pada bursa transfer musim panas 2003, Manchester United menjual David Beckham ke Real Madrid. Setelah menjual Beckham, Fergie langsung membidik pemain Paris Saint Germain, Ronaldinho.

Nama Ronaldinho Gaucho saat itu sedang melambung, mengingat setahun sebelumnya ia berhasil mengantarkan Brasil menjuarai Piala Dunia 2002. Akan tetapi, pendekatan yang dilakukan kubu Setan Merah gagal menuai hasil.

Ronaldinho memutuskan melanjutkan karier bersama Barcelona. Diketahui, ada sesuatu alasan pribadi hingga membuat pemain asal Brasil itu gagal mendarat di Old Trafford.

Namun begitu, MU tak merasa khawatir. Pasalnya mereka berhasil datangkan Cristiano Ronaldo sebagai gantinya.

Sayap Kanan: Arjen Robben

Sekitar tahun 2004, Arjen Robben nyaris bergabung dengan MU. Saat itu, pembicaraan telah dilakukan antara Robben dengan Sir Alex Ferguson. Bahkan Robben juga diajak berkeliling markas latihan MU di Carrington.

Tak hanya itu Fergie juga makan malam dengan Robben serta mengajak pemain asal Belanda itu tur di Old Trafford. Sayangnya, semua kebersamaan itu tidak membuahkan hasil yang bagus.

Namun setelah Robben pulang dari acara tur di Old Trafford, pemain asal Belanda itu mengaku tidak ada lagi kontak dari MU. Oleh karena itu, ia pada akhirnya membela Chelsea dan sukses berkembang menjadi bintang.

Sayap Kiri: Gareth Bale

Performa menawan Gareth Bale di Tottenham membuat Sir Alex Ferguson menyesal karena gagal merekrutnya pada 2007 silam. Ketika itu pemain yang kini membela Real Madrid masih berseragam Southampton, yang merupakan klubnya sejak di akademi.

MU diketahui sudah mengutarakan niatnya untuk memboyong sang pemain ke Old Trafford. Tapi, Sir Alex mengatakan bahwa Southampton tidak pernah rela melepas pemainnya ke MU.

Pada akhirnya, Bale bergabung dengan Tottenham dan memiliki perjalanan karir yang amat luar biasa hebat.

Penyerang: Alan Shearer

Alan Shearer punya reputasi terbaik sebagai seorang predator ulung pada masanya. Hal itupun membuat MU kepincut. Sir Alex Ferguson kala itu meminta manajemen untuk mengontak sang pemain, namun gagal. Klub yang bermarkas di Old Trafford akhirnya beralih dengan mendatangkan Ole Gunnar Solskjaer dari Molde.

Shearer sendiri justru hijrah ke Newcastle United di tahun yang sama ketika Solskjaer datang. Ia dibeli dengan harga 15 juta pounds, sekaligus memecahkan rekor transfer dunia. Harga Shearer adalah 10 kali lipat dari pembelian Solskjaer ke United.

United sendiri tercatat sudah dua kali ditolak Shearer untuk bermain bersama mereka. Sebelum sukses bersama Blackburn, United sudah lebih dulu kepincut dengan Shearer saat pertama kali meniti karier bersama Southampton pada 1992. Akan tetapi, ia justru memilih pinangan Blackburn, dan membuat United mengalihkan target kepada pemain Leeds, Eric Cantona.

Penyerang: Ronaldo il fenomeno

Sir Alex Ferguson mengungkapkan bahwa dirinya sempat mengincar Ronaldo pada tahun 1994 silam. Namun rencana itu berakhir pahit. Kala itu, Ronaldo masih bermain di negara asalnya, Cruzeiro. Akan tetapi, manajer asal Skotlandia itu mengaku gagal memboyongnya ke Manchester United lantaran terganjal masalah izin kerja.

Akhirnya, Ronaldo bergabung dengan raksasa Belanda, PSV Eindhoven. Ronaldo sendiri hanya bertahan selama dua musim di PSV sebelum akhirnya pindah ke Barcelona, untuk kemudian menjadi bintang di sejumlah tim besar lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru