Fakta Menarik Tentang FC Barcelona

  • Whatsapp

FC Barcelona termasuk salah satu tim terbesar dan terpopuler di dunia yang sarat akan prestasi. Nama Barcelona sepertinya sudah sinonim dengan sepakbola. Setiap orang yang mendengar nama Barcelona, bukan hanya terbayang kota yang indah dan besar di Spanyol, tapi juga sebuah klub sepakbola yang sangat terkenal di seluruh belahan dunia.

Mereka merupakan salah satu klub tersukses di Spanyol, Eropa dan dunia. Barca juga termasuk tim yang selalu menampilkan permainan menghibur, berpola menyerang, anti sepakbola negatif dan sangat produktif. Mereka juga memiliki pendukung yang banyak dan setia. Para fans Barca kerap dijuluki cules, dan menurut sebuah survei, 25 persen masyarakat Spanyol merupakan pendukung Barca.

Bacaan Lainnya

Ingin tahu fakta FC Barcelona yang lainnya? Berikut starting eleven mempersembahkan beberapa fakta unik yang tak banyak orang tahu tentang klub asal Catalonia ini.

1. Didirikan Oleh Orang Swiss

Barcelona merupakan klub Spanyol yang didirikan pada tahun 1989 oleh seseorang yang berasal dari Swiss, dia adalah Hans Gamper. Di Spanyol sendiri dia lebih dikenal dengan nama Joan Gamper. Gamper datang ke Spanyol untuk urusan bisnis dengan beberapa orang Inggris dan Spanyol. Mereka ternyata sama-sama menyukai sepakbola dan kemudian berencana untuk membuat sebuah klub.

2.  Lahir Lewat Iklan

Barcelona lahir dari sebuah iklan di surat kabar Los Deportes. Pada 22 Oktober 1899, Gamper memasang iklan di Los Deportes yang isinya ajakan untuk membentuk klub sepakbola di kota Barcelona. Iklan Gamper mendapat respon positif. Ada 11 pemain datang ke Gimnasio Sole setelah membaca iklan Gamper, dan Blaugrana pun resmi lahir pada 29 November 1899.

3. Terinspirasi dari FC Basel

Salah satu yang menjadi warna khas dari Barcelona adalah merah dan biru gelap. Tahukah kamu bahwa warna tersebut terinspirasi dari FC Basel. Hal tersebut karena Joan Gamper merupakan fans dari klub yang berasal dari negaranya, Swiss.

4. La Escopidora

Salah satu pencapaian terbesar Gamper adalah membangun stadion pertama Barcelona, La Escopidora. Meski hanya memiliki kapasitas 6.000 penonton, La Escopidora merupakan stadion pertama di Spanyol yang memiliki lampu sorot.

5. Julukan Supporter

Sekitar tahun 1909 hingga 1922, stadion milik Barcelona hanyalah sebuah stadion sederhana yang dikelilingi oleh tembok. Kapasitas stadion tersebut hanya muat untuk 6.000 penonton. Mereka hanya duduk diatas tembok tersebut ketika menyaksikan klub kesayangannya bermain. Dari luar stadion, yang terlihat hanya punggung dan bokong para supporter. Sehingga fans Barcelona pun kemudian disebut ‘Cules’ yang artinya adalah bokong dalam bahasa Catalunya. Seiring berjalannya waktu, nama tersebut menjadi julukan khas bagi supporter Barcelona di seluruh dunia.

6. Camp Nou, Stadion Terbesar di Eropa

Seiring berjalannya waktu, markas Barcelona yang sekarang bernama Camp Nou, berhasil menduduki posisi pertama sebagai stadion terbesar di Eropa. Kini stadion tersebut memiliki kapasitas penonton sebanyak 99.000 orang, yang menjadikannya stadion terbesar di Eropa.

7. Nasib Tragis Sang Pendiri

Joan Gamper meninggal secara tragis pada 30 Juli 1930. Pria asal Swiss itu bunuh diri setelah melalui masa depresi akibat masalah pribadi dan kebangkrutan. Gamper juga dikabarkan melakukan bunuh diri karena mendapat tekanan dari Miguel Primo de Rivera. Ketika itu Gamper dianggap Sang Perdana Menteri mempromosikan anti-Spanyol dan mengangkat nasionalisme Catalan.

8. 3 Legenda Argentina Beda Zaman Pernah Bermain Untuk Barcelona

Di Stefano, Maradona dan Lionel Messi, mereka adalah legenda sepakbola dunia. Di Stefano memang merupakan simbol dari klub rival, Real Madrid. Namun sebelum itu, sang pemain juga sempat membela Barca walau hanya sebentar. Sedangkan Maradona pernah bermain selama dua musim untuk klub Catalan, yakni antara tahun 1982 hingga 1984. Untuk Messi, dia merupakan pemain yang sangat fenomenal bagi Barcelona hingga saat ini. Banyak gelar bergengsi yang telah dia perembahkan untuk Barcelona.

9. Meraih 6 Gelar dalam 1 Musim

Hingga saat ini belum ada satu pun tim di dunia yang mampu merebut 6 trofi dalam satu musim kompetisi, kecuali Barcelona. Klub asal Catalan itu muncul sebagai tim superior setelah menutup musim 2008-09 dengan torehan prestasi sensasional. Gelar tersebut meliputi, Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub.

10. Kontrak Unik Lionel Messi

Pada tahun 2000, perwakilan Barcelona yang bertugas melakukan negosiasi dengan pihak Messi, Carles Rexach, nampaknya ingin segera mengamankan tanda tangan pemain yang masih berusia 13 tahun tersebut. Kesepakatan pun akhirnya terjalin saat mereka masih melakukan santap siang. Tidak memiliki selembar kertas pun, Rexach kemudian meminta pelayan restoran membawakan kertas lap makanan. Saat itu juga, terjadilah kontrak antara Messi dan FC Barcelona diatas selembar kertas lap makanan.

Itulah beberapa fakta menarik dari klub FC Barcelona. Silahkan tulis komentar kalian dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

  

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *