Fakta Menarik Tentang Arsenal FC

spot_img

Arsenal merupakan salah satu tim sepakbola paling bersejarah. Nama-nama besar seperti Ian Wright, Tony Adams, Dennis Bergkamp, hingga Thierry Henry tercatat pernah membela panji The Gunners. Pada kesempatan kali ini, starting eleven akan megulas tentang 20 fakta unik Arsenal yang jarang diketahui banyak orang.

#20

Arsenal merupakan salah satu tim pertama asal London selatan yang mengikuti liga sepakbola. Arsenal bergabung dengan Liga Inggris pada tahun 1893 dan berhasil mencapai divisi tertinggi Liga tersebut pada tahun 1904.

#19

Arsenal menjadi tim dengan trofi FA Cup terbanyak. Hingga saat ini, The Gunners berhasil mengoleksi sebanyak 13 gelar FA Cup.

#18

Arsenal menjadi salah satu dari enam klub yang mampu menjuarai Liga Inggris dengan format baru. Terhitung sejak tahun 1992, Liga Inggris baru saja memulai era Liga Primer. 5 tim lain yang mampu menjuarai Liga Primer Inggris adalah Balckburn, Chelsea, Manchester United, Manchster City, dan Leicester City.

#17

Arsene Wenger merupakan satu-satu nya pelatih non Britania Raya yang berhasil memberikan gelar untuk Arsenal, hal itu terjadi pada tahun 1997. Seperti diketahui, Arsene Wenger merupakan pria asal Strasbourg, Perancis.

#16

Arsenal pernah ditinggal 2 pelatih nya secara mendadak. Yang pertama adalah Herbert Chapman, salah satu pelatih terbaik sepanjang sejarah Arsenal itu meninggalkan tugas nya pada tahun 1934 setelah ia dikabarkan meninggal dunia secara mendadak. Yang kedua ada Tom Whittaker, pria yang masih tercatat sebagai pelatih Arsenal pada tahun 1956 itu dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung. Tom meninggal pada usia 58 tahun sekaligus melepas tanggung jawab sebagai juru taktik tim meriam london.

#15

Hingga saat ini, Arsenal menjadi satu-satu nya tim liga Inggris yang memperoleh trofi emas Liga Primer. Hal itu dikarenakan Arsenal mampu menjuarai Liga Inggris tahun 2004 tanpa tersentuh satu kekalahan pun. Mereka berhasil menyapu bersih 38 pertandingan Liga Primer Inggris dan sukses mempertahankan rekor tak terkalahkan nya itu sebanyak 49 kali pertandingan.

#14

Pada tahun 1928, Arsenal menciptakan sejarah sebagai tim sepakbola pertama yang menggunakan nomor punggung. Ada yang menyebut bahwa Arsenal melakukan hal itu bersama Chelsea FC.

#13

Tahun 1927. Arsenal menjadi tim sepakbola pertama yang pertandingan nya dikomentari melalui radio. Pertandingan itu mempertemukan antara Arsenal vs Sheffield United. 10 tahun kemudian, pada 16 September 1937, Arsenal kembali dipilih untuk uji coba siaran langsung melalui media televisi. Dan pertandingan pertama yang berhasil disiarkan secara live di televisi adalah pertandingan eksebisi antara tim utama Arsenal melawan tim cadangan Arsenal.

#12

Novel terlaris yang berjudul ‘Fever Pitch’ karya Nick Hornby terinspirasi dari Arsenal. Novel itu berisi tentang kemenangan fenomenal Arsenal karena mampu mencegah Liverpool meraih gelar ganda. Laga itu juga merupakan salah satu pertandingan penentu gelar juara liga paling dramatis sepanjang sejarah. Dari situlah novel legendaris berjudul Fever Pitch terbit.

#11

Selain menjadi inspirasi novel ternama. Arsenal juga menjadi cikal bakal terciptanya film pertama berlatar sepakbola. Film pertama bertema sepakbola adalah The Arsenal Stadium Mistery yang dibuat pada tahun 1939 yang diadaptasi dari novel karya Gribble Leonard. Fokus utama film ini tentu tentang klub Arsenal dan dibalut dengan cerita fiksi mengenai misteri pembunuhan dalam sepakbola. Beberapa pemain Arsenal seperti Cliff Bastin dan Eddie Hapgood turut bermain, meskipun hanya manajer George Allison yang memiliki bagian berbicara di film tersebut. Dan seperti judulnya, film ini banyak mengambil spot syuting di Stadion Arsenal sebelumnya, Highbury, London.

#10

Arsenal menjadi klub pertama Liga Inggris yang berhasil mengawinkan dua piala bergengsi di musim yang sama. Pada 1993, Arsenal menjadi klub pertama yang mampu meraih double Winner, yakni juara Piala Liga dan Piala FA.

#9

Arsenal memegang rekor untuk periode terpanjang berada di kasta puncak Liga Inggris tanpa pernah terdegradasi sejak musim 1919. The Gunners juga menjadi tim yang berada di peringkat pertama dalam klasemen Liga Inggris sepanjang abad ke-20.

#8

David O’Leary menjadi salah satu pemain bersejarah tim meriam london. Pria itu menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak sebagai pemain Arsenal dengan 722 kali bermain pada periode 1975 hingga 1993.

#7

Cesc Fabregas menjadi pemain paling muda yang mencetak gol untuk Arsenal. Itu terjadi pada tahun 2003 ketika Arsenal berhadapan dengan Wolverhampton Wonderers. Saat diamainkan Arsenal dan berhasil mencetak gol, Fabregas baru berusia 16 tahun.

#6

Sementara itu, John Radford menjadi pemain paling muda pertama sepanjang sejarah Arsenal yang berhasil mencetak hattrick. Saat itu, John masih berusia 17 tahun. John Radford menorehkan catatan manis itu di awal tahun 1965 atau tepatnya pada tanggal 2 Januari kala Arsenal berhasil menggilas Wolverhampton Wanderers dengan skor 4-1.

#5

Jika berbicara tentang top skor sepanjang masa klub, maka nama itu tertuju pada Thierry Henry. Henry sukses menyarangkan 226 gol dari 369 penampilan nya bersama tim meriam london. Berkat jasa nya itu, Arsenal memberikan apresiasi berupa patung dirinya dengan gaya selebrasi andalan. Patung itu berada diluar stadion Emirates.

#4

Nama Arsenal adalah bukan satu-satu nya di dunia. Jika penggemar mereka berfikir bahwa Arsenal adalah tim yag paling unik, maka mereka harus tahu bahwa ada nama Arsenal de Sarandí di Argentina, FC Arsenal Kyiv di Ukraine, Bonzer Arsenal di Australia, McArsenal Thistles di Scotlandia, L’Arsenal di Guyana dan Bloody Arse Arsenal di London Hospital of Proctology.

#3

Mantan striker Arsenal Malcolm MacDonald pernah menggugat outlet makanan cepat saji asal Amerika, McDonald karena mencantumkan nama ‘Super Mac’ pada menu mereka. Seperti diketahui, Super Mac merupakan julukan dari eks penyerang Arsenal tersebut. Malcolm MacDonald tidak mau julukan nya dipakai begitu saja.

#2

Pada 2010, pertandingan Arsenal melawan Manchester United menjadi laga pertama yang disiarkan secara langsung dalam format 3D. Meski begitu tayangan ini tidak tersebar luas karena hanya bisa dinikmati di sembilan pub terpilih yang ada di Britania dan Irlandia.

#1

Satu fakta terakhir yang akan selalu diingat oleh penggemar tim meriam london adalah semboyan yang berbunyi “Once a Gooner, always a Gooner”

Itulah beberapa fakta menarik dari tim sepakbola Arsenal. Silahkan tulis komentar kalian dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru