Cuma Jadi Beban, Pemain Manchester United yang Layak di Buang!

spot_img

Bursa transfer musim dingin adalah momen terbaik klub-klub Eropa untuk memperbaiki performa. Menjual pemain yang minim kontribusi demi menambah amunisi baru. Tak terkecuali bagi tim yang hari ini performanya sedang oleng seperti Manchester United.

Jika ingin memperbaiki performa dan finis di urutan empat besar klasemen Liga Inggris, skema transfer harus segera dijalankan. Beberapa hari lalu Erik Ten Hag sudah memberikan kisi-kisi siapa saja yang berpotensi dilepas pada Januari nanti. Mau tahu siapa saja? Berikut adalah pemain Manchester United yang layak untuk dibuang.

Jadon Sancho

Pemain pertama yang berpotensi besar untuk dilepas Manchester United pada Januari nanti tentu saja Jadon Sancho. Pemain yang satu ini sudah lama menghilang dari skuad Manchester United karena terlibat perselisihan dengan Erik Ten Hag. Sancho diskors karena enggan meminta maaf atas kemarahannya kepada sang pelatih di media sosial.

Dilansir The Independent, Sancho yang mementingkan egonya itu berusaha disingkirkan oleh Manchester United. Dia harus dijual karena menciptakan ruang untuk hal-hal negatif dalam skuad, serta berpotensi memecah belah ruang ganti. Selain itu, Sancho tidak lagi memberikan nilai tambah bagi klub.

Jika terus tidak dimainkan, keberadaan Sancho juga hanya akan membuat Manchester United merugi. Lantaran sang pemain jadi salah satu penerima gaji tertinggi di skuad United sekarang. Saat ini, Sancho menerima gaji 350,000 per pekan

 Jadi, solusi terbaik adalah melepasnya dan mendatangkan pemain sayap baru yang siap bekerja sama dan mendengarkan apa kata manajer. Kabarnya, Juventus masih berminat untuk menampung Sancho.

Anthony Martial

Selanjutnya ada duta jalan sehat, Anthony Martial. Entah apa yang ada di pikiran manajemen United mempertahankan pemain yang satu ini. Dalam dua musim terakhir, Martial dinilai tak memiliki passion yang cukup untuk bermain bersama Manchester United. Pemain berkebangsaan Prancis itu terlihat jarang berusaha lebih untuk merebut bola.

Ia bahkan terlihat malas untuk mencari ruang. Maka dari itu, gaya bermainnya terlihat malas-malasan karena cuma joging santai doang. Selain itu, Martial juga sering mengalami cedera daripada bermain dalam dua tahun terakhir. Jadi, ketika United mendatangkan Rasmus Hojlund, menjual Martial telah menjadi suatu hal yang diprioritaskan.

Pihak Manchester United pun sudah terbuka untuk melepas sang pemain. Kabarnya, United akan melepas Martial pada Januari 2024 apabila ada tawaran menarik yang datang. Nantinya, hasil penjualan sang pemain akan jadi tambahan untuk membeli pemain baru. West Ham dan Juventus kabarnya berminat untuk mendatangkan sang pemain.

Donny Van De Beek

Ketika didatangkan dari Ajax pada tahun 2020, Donny Van De Beek berstatus sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Ajax. Namun, dari sudut pandang netral karier pemain yang memiliki rambut blonde itu tidak memberikan kontribusi yang berarti. Karena sang pemain berkali-kali gagal masuk skuad utama United.

Dari awal kedatangan sudah kesulitan untuk menembus skuad utama, Donny justru mengalami cedera panjang musim lalu. Situasi itu kian menyulitkan sang pemain. Dirinya baru tampil di dua pertandingan saja untuk United musim ini. Pada tahun 2022, Donny sempat dipinjamkan ke Everton, tapi ia tak menunjukan peningkatan performa yang signifikan.

Pada awal musim 2023/24, Donny sebetulnya hampir hengkang ke Real Sociedad. Namun, kesepakatan tak berjalan dengan baik sehingga dirinya masih bertahan di MU hingga sekarang. Dilansir Football Transfers, beberapa klub macam Barcelona dan Galatasaray dikabarkan berminat untuk mendatangkannya pada Januari nanti.

Christian Eriksen

Berikutnya ada pemain yang cukup senior, Christian Eriksen. Jika ditanya bagaimana kontribusinya pada tim? Eriksen sesekali bisa jadi jawaban atas minimnya kreativitas lini tengah Manchester United. Namun, kondisi fisik yang sudah tak seprima dulu jadi suatu hal yang tengah dipertimbangkan klub.

Sejak mengalami cedera engkel pada awal tahun 2023, kondisi fisik Eriksen kerap terganggu. Apalagi kini sang pemain juga masih absen lantaran cedera lutut. Cedera yang cukup beresiko bagi pesepakbola. Eriksen juga dianggap sudah mulai kewalahan ketika diminta untuk membantu lini bertahan.

United mendapatkan Eriksen secara gratis pada musim lalu. Meski sang pemain masih terikat kontrak sampai tahun 2025. Tapi dengan kondisi fisik dan usia sang pemain, mendapat dana besar dari penjualan Eriksen akan sulit. Jadi, United harus pandai-pandai menemukan tawaran yang menguntungkan. 

Raphael Varane

Satu lagi pemain senior yang bisa meninggalkan Manchester United pada Januari nanti adalah Raphael Varane. United memahami kalau sang pemain sudah menunjukan gelagat tak bahagia di Manchester. Selain itu, United punya berbagai alasan lain untuk menjual pemain berkebangsaan Prancis itu.

Setan Merah mempertimbangkan untuk menjual Varane dengan tiga alasan. Pertama, Pemain berusia 30 tahun itu kini rentan cedera. Sang pemain tercatat sudah mengalami sembilan cedera yang berbeda sejak bergabung dengan MU musim 2021/22. Itu membuatnya sering melewatkan laga-laga penting.

Kedua, Varane masih terikat kontrak di Old Trafford sampai musim panas 2025. Jadi United bisa dapat pemasukan kalau segera menjualnya. Untuk saat ini, klub-klub dari Liga Arab Saudi jadi yang terdepan untuk mengamankan tanda tangan Varane. Terakhir, adalah renggangnya hubungan sang pemain dengan Ten Hag. Varane kurang senang dengan keputusan sang juru taktik yang mencadangkannya dalam beberapa pertandingan terakhir.

Victor Lindelof

Victor Lindelof mungkin bukan bek terburuk yang dimiliki Manchester United. Tapi harus ada yang dikorbankan apabila tim ingin mendatangkan bek baru pada bursa transfer mendatang. Karena Harry Maguire sudah menunjukan sikap dan performa yang baik, maka Lindelof lah yang paling cocok untuk dijual.

Sang pemain memang menunjukan peningkatan performa di bawah Ten Hag, tapi tidak signifikan. Meski unggul dalam distribusi bola, Lindelof tetap lemah dalam duel udara dan duel satu lawan satu dengan pemain lawan. Itu jadi PR yang sulit diperbaiki selama ini.

Kontrak bek asal Swedia tersebut akan habis pada Juni 2024. Jadi, akan lebih baik Setan Merah menguangkannya di bursa transfer musim dingin nanti ketimbang berpotensi kehilangan Lindelof secara cuma-cuma. Tapi penjualannya barangkali akan tergantung pada transfer Varane. Jika Varane pergi, bisa jadi Lindelof akan dipertahankan dengan alasan untuk rotasi.

Marcus Rashford

Terakhir ada Marcus Rashford. Mungkin akan jadi perdebatan ketika nama ini masuk daftar pemain yang mesti dilepas Manchester United. Tapi jika melihat performanya selama paruh musim 2023/24, kalian pasti setuju dengan daftar ini. Ya, Rashford terlihat mengalami penurunan dan etos kerja yang cukup drastis ketimbang musim lalu.

Jika musim lalu sang pemain mampu berkontribusi dalam 40+ gol di semua kompetisi. Musim ini Rashford justru baru mencetak dua gol untuk Manchester United. Selain tumpul di mulut gawang, Rashford kerap terlihat meniru Martial. Cuma jalan santai ketika timnya sedang diserang.

Meski begitu, Rashford jadi pemain yang memiliki kemungkinan paling kecil untuk hengkang. Selain kecintaannya terhadap klub, Erik Ten Hag tampaknya masih mau bersabar padanya. Dilansir Goal, Ten Hag baru saja menasehati Rashford untuk memperbaiki performanya. Ten Hag bahkan berharap lulusan akademi Manchester United itu mau meniru jejak Maguire yang mampu bangkit usai mengalami musim-musim yang buruk.

Sumber: Independent, Goal, Mirror, Eurosport 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru