Copa America, Bukan Hanya Soal Brasil dan Argentina

  • Whatsapp

Mata penikmat sepakbola seluruh dunia sedang tertuju pada gelaran akbar penuh gengsi EURO 2020, dibandingkan Copa America yang sedang berlangsung tapi agak terlupakan. Padahal keduanya sama-sama kekuatan sepakbola terbesar sejagat.

Hal itu wajar saja, sebab mungkin bagi sebagian pencinta sepakbola di tanah air, kompetisi Copa America sama sekali tak menarik jika dibandingkan dengan Euro. Apalagi, untuk menebak negara mana yang bakal menjuarai piala negara CONMEBOL itu bukanlah perkara rumit. Boleh jadi, kita sama-sama sepakat kalau Brasil dan Argentina adalah dua negara favorit juara Copa America.

Maka, bukanlah sebuah kemustahilan jika belum lama ini ditemukan jadwal Copa America di sebuah portal berita yang diberi judul seolah-olah mengarahkan bahwa, hanya pertandingan Argentina dan Brasil saja yang layak ditonton dari ajang ini. Seakan-akan Copa America, atau bahkan kekuatan CONMEBOL itu sendiri hanya Argentina dan Brasil.

Memang, patut diakui kalau Brasil maupun Argentina adalah dua negara perkasa dalam sejarah sepakbola. Brasil dengan lima titel juara Piala Dunia di tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002 menjadi yang terbanyak mengoleksi gelar juara. Sedangkan Argentina telah meraih titel Piala Dunia sebanyak dua kali, tahun 1978 dan 1986.

Soal pemain, Argentina dan Brasil, dari zaman ke zaman, juga selalu menelurkan pemain-pemain hebat. Sebut saja nama-nama seperti Socrates, Zico, Pele, Ronaldinho, sampai Neymar dan Alisson Becker. Sedangkan di kubu Argentina ada nama-nama kaliber Ubaldo Fillol, Mario Kempes, Gabriel Batistuta, Maradona, sampai Lionel Messi dan Aguero.

Brasil dan Argentina sepertinya mempunyai semua syarat untuk bisa meraih gelar Copa America dan laik pula untuk difavoritkan. Namun, sejatinya Copa America bukanlah rivalitas semu antara Argentina dan Brasil. Tetapi merupakan ajang untuk mewadahi negara-negara yang tergabung dalam Confederation Sudamericana de Futbol.

Salah besar jika belum pula masuk final, sudah sesumbar kalau Argentina atau Brasil yang pasti akan juara Copa America 2020. Masih ada negara-negara CONMEBOL lainnya yang patut untuk ditaruh sebagai kandidat juara. Apalagi kalau kita mengingat-ingat lagi sejarah.

Bukan Brasil, apalagi Argentina yang menjadi negara tersukses di Copa America. Justru Uruguay lah yang jadi negara tersubur sejak kompetisi ini bernama South American Championship. Uruguay telah mengemas 15 trofi Copa America. Bahkan saat kompetisi ini mulai bergulir tahun 1916, Uruguay sudah membuat tuan rumah Argentina, yang waktu itu merayakan 100 tahun kemerdekaan gigit jari.

Kendati sudah tak segarang saat Diego Forlan merumput, Uruguay mungkin akan menjadi tim yang berpeluang menggondol trofi Copa America tahun ini. Terlebih skuad asuhan Oscar Tabarez dihuni pemain-pemain yang tampil apik di klubnya masing-masing. Luis Suarez yang berhasil membawa Atletico Madrid juara La Liga, Cavani yang tampil gemilang di Setan Merah, sampai Bentancur di Juventus.

Jika melihat tim-tim lain, juga sama luar biasanya. Sebab CONMEBOL memang dianugerahi negara-negara dengan kualitas pesepakbola yang mumpuni. Chile bisa jadi batu sandungan buat Argentina maupun Brasil. Timnas Chile tercatat menjuarai Copa America sebanyak dua kali. Yang terakhir Chile berhasil mengalahkan Argentina di final Copa America 2016.


Tahun ini, Chile juga menyiapkan amunisinya dengan memasang pemain-pemain top, seperti Alexis Sanchez, Arturo Vidal, hingga Claudio Bravo. Dua pertandingan terakhir, Chile berhasil menaklukan Bolivia 1-0, dan mampu menahan imbang Messi CS 1-1. Itu menjadi modal awal dan tanda bahwa Chile tak bisa diremehkan.

Tentu akan terlampau panjang jika mengulas semua negara yang berkompetisi di Copa America. Karena memang, semua negara punya peluang untuk menjadi yang terbaik di zona CONMEBOL. Walaupun Argentina dan Brasil bertabur pemain bintang, tapi negara-negara kayak Chile, Paraguay, Peru, Kolombia, atau bahkan Venezuela bisa membikin Copa America tak semembosankan Bundesliga.

Jadi, buat yang masih konservatif yakin Argentina atau Brasil juara Copa America 2020, mungkin perlu menata kembali jalan pikirannya. Peluang Argentina dan Brasil buat juara tentu ada, tapi kan memang semua berpeluang.

Maka dari itu, meski bukan Argentina atau Brasil yang bertanding, Copa America tetap saja seru buat ditonton. Paling tidak, supaya kita enggak kaget-kaget amat andaikan ujug-ujug menyaksikan Paraguay dan Chile di partai final. Siapa tahu, ya kan?

Sumber referensi: Wikipedia, Tirto.id, Bola.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *