Benarkah Pisang Baik Untuk Pesepakbola?

  • Whatsapp
Benarkah Pisang Baik Untuk Pesepakbola
Benarkah Pisang Baik Untuk Pesepakbola

Ada sejumlah alasan mengapa seringkali kita melihat seorang pemain sepakbola mengonsumsi pisang. Salah satu tim sepakbola asal Inggris, Arsenal, memiliki kebiasaan memberi pisang kepada para pemainnya saat jeda istirahat. Bahkan, sebelum bertanding pun terkadang ada beberapa pemain yang mengaku lebih dulu mengkonsumsi pisang.

Yang jadi pertanyaan, apakah pisang baik untuk dikonsumsi para pemain sepakbola? Jawabannya tentu iya.

Pisang merupakan buah yang sarat akan energi dan mineral. Buah yang mudah didapat itu juga dikemas dengan potasium dan vitamin B, yang membantu mengatur tekanan darah dan sistem pencernaan. Menurut dr Stewart Laing seperti yang dikutip dari situs everything what, memakan buah pisang sebelum pertandingan akan memberi tambahan nutrisi yang sangat luar biasa. Pisang sangat bermanfaat bagi jantung, otot, saraf, ginjal, dan kerangka.

“Buah ini ideal dikonsumsi pra-pertandingan, karena mengandung porsi karbohidrat yang besar, yang bisa diubah menjadi energi. Sehingga, badan akan terasa bugar saat berada di lapangan,” ujar Stewart.

Selain itu, pisang juga disebut sebagai makanan yang mampu memenuhi proporsi karbohidrat yang tinggi untuk bisa segera diubah menjadi energi. Pisang diklaim memberi lebih banyak energi dibanding nasi. Di dalam buah tersebut, terdapat energi sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Lebih lanjut, nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel.

Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Ketersediaan energi pada pisang lebih cepat dari apel, nasi, biskuit, dan sejenis roti. Pisang merupakan sumber energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga sangat bermanfaat untuk menyediakan kebutuhan kalori sesaat.

Dalam sebuah pertandingan yang berjalan ketat dan begitu menguras tenaga, para pemain membutuhkan energi cukup untuk kembali bertanding. Dalam hal ini, pisang bertindak sebagai karbohidrat untuk bahan bakar yang paling tepat bagi para pemain.

Pisang sendiri nyatanya tidak hanya bermanfaat bagi pesepakbola, namun juga atlet lain secara keseluruhan. Pisang telah lama menjadi sumber energi favorit bagi atlet ketahanan dan rekreasi. Pisang adalah sumber yang kaya potasium dan nutrisi lainnya, dan mudah dibawa oleh pengendara sepeda, pelari atau pejalan kaki.

Momen Ketika Pemain Makan Buah Pisang dalam Pertandingan

Pemain asal Argentina, Marcos Rojo, pernah kedapatan mengkonsumsi pisang kala melakoni sebuah pertandingan bersama Manchester United. Ketika itu, dia tengah menghadapi FC Rostov dalam pertandingan Liga Europa 2017 yang dihelat di Old Trafford 2017 silam. Tepat pada menit ke-73, Rojo memakan pisang pemberian koleganya Ashley Young yang didapat dari Mourinho.

Setelah video tersebut sempat viral, Jose Mourinho sebagai juru taktik pun membeberkan alasan anak asuhnya mengkonsumsi pisang di tengah pertandingan.

“Aku sering merasa lelah, sehingga tahu terkadang tubuh membutuhkan sesuatu, dan kemudian Rojo meminta pisang. Situasi ini bukan bahan bercandaan, kita harus menghargai kondisi fisik pemain,” kata Mourinho. (via BT Sport)

Selain Rojo, pemain Internasional Chile, Marcelo Diaz, juga pernah melakukan hal yang sama. Dalam pertandingan Racing Club melawan Independiente, Diaz yang ketika itu diberi pisang, langsung memakannya saat tengah menerima instruksi dari pelatih.

Ada lagi momen yang menunjukkan pesepakbola mengkonsumsi pisang dalam sebuah pertandingan. Adalah Dani Alves yang ketika masih membela FC Barcelona, tampil di laga melawan Villarreal. Sayangnya, aksi tersebut hadir karena ulah tak bertanggung jawab seorang suporter.

Dalam momen tersebut, seorang suporter lawan sengaja melempar pisang ke dalam lapangan yang banyak dianggap orang sebagai tindakan rasisme. Namun dengan santai Alves malah mengambil pisang tersebut dan langsung memakannya.

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pisang

Meski sangat dianjurkan memakan pisang sebelum atau saat pertandingan, para pemain sepakbola juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Tidak ada efek samping, yang ada justru dampak spektakuler yang akan dirasakan dalam tubuh.

Melansir dari situs usa football, setidaknya terdapat enam manfaat ketika pemain sepakbola, atau kita sebagai manusia pada umumnya, rutin mengkonsumsi pisang setiap hari.

Pertama, pisang bisa membantu kita untuk bernapas lebih mudah. Menurut sebuah studi yang dilakukan Imperial College of London, anak-anak penderita asma yang makan setidaknya satu pisang setiap hari, mengalami gangguan mengi 34 persen lebih sedikit daripada yang mengkonsumsi rata-rata kurang dari satu pisang.

Hal ini tentu juga akan sangat berguna bagi para pemain sepakbola yang dituntut untuk bisa mengatur napas dalam rata-rata 90 menit lamanya.

Kedua, pisang dapat membantu mengontrol gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi pisang secara teratur merupakan cara yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kalium sitrat.

Berikutnya, pisang dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Pisang dapat meningkatkan asupan serat, yang memperlambat pencernaan dan membuat orang merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Lagi-lagi, salah satu manfaat ini juga sangat berguna bagi para pemain sepakbola. Mereka yang dituntut untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal, tentu akan sangat terbantu dengan rutin mengkonsumsi pisang.

Manfaat yang bisa didapat dari rutin mengkonsumsi pisang berikutnya adalah bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Menurut American Institute for Cancer Research, pisang yang mampu menyediakan sekitar 17 persen dari nilai vitamin C harian, dapat memberikan nutrisi yang berpotensi menurunkan risiko kanker kerongkongan.

Lalu, pisang juga bisa disebut sebagai minuman olahraga dalam bentuk buah. Ya, karbohidrat yang tersedia dalam buah pisang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Buah yang seringkali kita temui itu juga tinggi kalium elektrolit kunci, yang dapat mencegah dehidrasi, dan mengandung nutrisi penting seperti antioksidan, serat dan vitamin B-6, yang tidak umum ditemukan dalam minuman olahraga.

Manfaat mengkonsumsi pisang secara rutin yang keenam atau yang terakhir adalah, pisang dapat membantu pembentukan tulang yang lebih kuat. Kalium memainkan peran kunci di sini. Pisang yang mengandung sekitar 420 mg kalium disebut dapat membantu mencegah radang sendi dan osteoporosis.

Bagaimana football lovers, tertarik untuk mulai rutin mengkonsumsi pisang setiap hari?

Sumber referensi: everything what, usa football, idn times

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *