Apa Saja Tugas-Tugas Asisten Pelatih Dalam Sepakbola?

  • Whatsapp

Jika, seorang pelatih kerap menjadi perhatian media sehingga membuatnya terkenal dan dikagumi banyak orang, maka si asisten pelatih sangat jarang mendapat sorotan media. Di satu sisi, media memang lebih suka menyoroti pemain maupun pelatih utama.

Tak mengherankan jika nama-nama asisten pelatih tidak banyak dikenal oleh publik. 

Sangat sedikit orang yang mengenal sosok seperti Zeljko Buvac, Thomas Schneider, atau Herman Burgos. Sebagian orang mungkin mengenalnya secara dekat, atau hanya tahu sebatas nama, tapi tetap saja nama-nama tersebut tidak sepopuler pelatih kepala. 

Buvac adalah asisten Jurgen Klopp di Liverpool, Schneider pernah menjadi asisten Joachim Loew di Timnas Jerman dan Burgos adalah asisten Diego Simeone di Atletico Madrid sejak 2011 hingga 2020.

Padahal, meski asisten pelatih bertugas di balik layar, namun peran mereka sama pentingnya dengan seorang pelatih utama. Bahkan, bisa dikatakan tanpa seorang asisten, pelatih utama tak akan ada apa-apanya.

Seperti saat Pep Guardiola melatih Barcelona. Tanpa sosok Tito Vilanova sebagai asistennya, belum tentu Guardiola bisa membawa Barcelona meraih 14 trofi dalam kurun waktu 2008-2012.

Lalu ada pula duet Brian Clough dan Peter Taylor. Bagi Clough, Taylor bukan hanya sekadar asisten pelatih, tapi juga tempat berkeluh kesah.

Keduanya pernah mengambil peran bersama-sama di empat klub berbeda, yakni Hartlepool United, Derby County, Brighton & Hove Albion, dan Nottingham Forest. Mereka dikenang karena meraih dua gelar Piala Eropa (Liga Champions) berturut-turut. 

Hubungan pelatih dan asisten yang sudah disebutkan tadi bisa dijadikan bukti bahwa asisten pelatih punya peran sangat penting dalam kesebelasan sepakbola.

Dalam jajaran kepelatihan sebuah kesebelasan, asisten pelatih sering diidentikkan sebagai yang nomor dua. Rata-rata penghasilan asisten pelatih pun hanya separuh dari gaji yang diterima sang pelatih.

Namun begitu, asisten pelatih diplot sebagai tangan kanan dari seorang pelatih.

Untuk Itu Apa Saja Tugas – Tugas Asisten Pelatih Bola?

Selain menyiapkan peralatan untuk latihan, para asisten pelatih juga bertugas memberikan instruksi khusus terkait apa yang diinginkan pelatih kepada para pemainnya. Disini, asisten pelatih harus bisa memastikan bahwa para pemain di dalam tim bisa memahami dan mengerti apa yang diinginkan oleh sang pelatih.

Di satu sisi, sang asisten juga harus lebih memahami apa keinginan bosnya, sehingga bisa membantu para pemain untuk menerapkan taktik dan strategi dalam latihan maupun pertandingan.

Tak cukup sampai disitu, asisten pelatih juga membantu urusan bosnya dalam mengorganisasi, pelatihan dan menyusun rencana yang akan dijalankan sebuah tim sepakbola, serta memastikan bahwa rencana itu bisa berjalan sesukses mungkin.

Tugas lain seorang asisten pelatih adalah menjaga para pemainnya agar tetap dalam koridor disiplin dan mendorong mereka agar terus semangat. 

Terkadang, saat memberikan program latihan, sang pelatih kepala bisa menjadi sosok yang sangat kejam. Hal ini biasanya bisa mempengaruhi mood para pemain.

Disini, asisten pelatih menjadi orang yang bertanggung jawab dalam menjaga mood para pemain agar terus semangat berlatih. Tak heran jika asisten pelatih justru memiliki hubungan yang lebih dekat dengan para pemain ketimbang pelatih kepala.

Untuk itu, seorang asisten pelatih sepak bola juga harus memiliki pola pikir dan jiwa yang sehat, karena tak jarang mereka harus berperan layaknya ayah untuk para pemain.

Lalu, tugas lain seorang asisten pelatih adalah memantau semua pemain selama sesi latihan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing pemain. 

Selain itu, asisten pelatih juga bertugas mengembangkan program untuk mengamati setiap pemain saat latihan dan pertandingan, serta mengidentifikasi hal-hal yang dirasa perlu dibenahi untuk kemudian dibuat perencanaan sesuai kebutuhan.

Tugas lainnya yang harus dilakukan oleh asisten pelatih, yakni mengembangkan dan menerapkan jadwal latihan mingguan sebagai bagian dari strategi perencanaan.

Tak cukup sampai disitu, asisten pelatih juga harus memiliki pemahaman taktikal yang baik. Karena tidak jarang, dalam sebuah pertandingan, sang pelatih meminta pendapat maupun saran akan taktik yang harus diterapkan pada tim.

Tugas asisten pelatih yang lainnya adalah menghadiri konferensi pers, memberikan laporan perkembangan pemain, maupun memberikan motivasi pada pemain yang mentalnya sedang down.

Dalam praktiknya asisten pelatih dalam sebuah tim tidak melulu berisi satu orang. Bisa juga lebih. Seperti trio Steve Holland – Rui Faria – Silvino di Chelsea, atau duet Antonio Gomez – Fabio Pecchia di Real Madrid.

 

 

Sumber referensi : Pandit, Sportdetik, Great

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *