10 Nomor Punggung Paling Unik Dalam Sejarah Sepakbola

spot_img

Nomor punggung menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari pemain sepakbola. Secara tidak langsung, nomor tersebut memberi kepercayaan diri bagi para pemain. Sejak pertama kali kemunculan nya, sudah ada nomor unik yang dipakai oleh beberapa pemain sepakbola. Kira-kira siapa saja pemain yang memakai nomor unik tersebut?

Berikut starting eleven merangkum 10 nomor punggung paling unik dalam sejarah seapkbola..

1. Hicham Zerouali (Aberdeen, 0)

Hicham Zerouali merupakan pemain yang membela klub Aberdeen dalam kurun waktu 1999-2002. Selama membela klub tersebut, Hicham Zerouali menggunakan nomor punggung yang sangat unik “0”. Nomor punggung itu sendiri diambil dari julukan yang melekat kepada sang pemain yaitu ” Zero”.

2. Edgar Davids (Barnet, 1)

Meski nomor punggung 1 identik dengan seorang kiper, Edgar Davids sama sekali tak mengindahkan hal tersebut. Saat masih membela klub Bernet, Davids memilih untuk mengenakan kaos bernomor punggung “1”. Alasan penggunaan nomor unik tersebut adalah sebagai tren. “Ini adalah nomor saya untuk musim ini. Saya akan memulai tren semacam ini.” ucap Davids

3. Ossie Ardiles (Argentina, 1)

Mantan playmaker Spurs ini juga pernah menggunakan nomor unik. Kala membela tim tango Argentina, Ossie Ardiles memutuskan untuk mengenakan kaos bernomor punggung “2”. Alasan penggunaan nomor ini adalah, Ossie merasa tak mau ambil pusing dalam penentuan nomor pemain. Dan pada akhirnya, pelatih memutuskan utnuk memilih nomor sesuai abjab. Dari situlah Ardiles mendapat nomor punggung 2, sementara sang rekan, Alonso, mendapat nomor punggung 1.

Namun saat itu ada pengecualian, Maradona yang dianggap spesial tetap mendapat nomor favorit nya yaitu 10. Padahal seharusnya, jika sesuai abjad, Maradona mendapat nomor punggung 13.

4. William Gallas (Arsenal, 10)

Seperti diketahui, William Gallas merupakan seorang pemain belakang. Namun bagaimana ceritanya, pria Perancis itu bisa mengenakan kaos bernomor punggung 10 saat masih membela Arsenal. Alasan nya adalah, sang menejer tidak mau memberikan nomor 3 untuk nya. Akhirnya, Arsene Wenger memberikan nomor punggung 10 kepada William Gallas dengan alasan bahwa ia tak ingin memberi nomor keramat itu kepada seorang striker, menurutnya, itu akan menjadi beban bagi sang striker.

5. Paulo Futre (West Ham, 16)

Bintang Portugal Paulo Futre mengenakan nomor punggung 16. Sekilas tidak ada yang aneh dengan nomor tersebut. Namun ada cerita dibalik nomor 16 milik Paulo Futre.

Diceritakan bahwa Paulo ingin sekali memakai nomor punggung 10, bukan 16. Tetapi, tim tidak memberi nomor tersebut. Akhirnya Paulo marah dan membentak dengan mengatakan, “Maradona 10, Pele 10, maka Paulo.. juga 10! Bukan 16!” Pelatihnya saat itu hanya meminta nya bergegas untuk memakai nomor 16, karena mereka akan menghadapi pertandingan besar. Namun Paulo menolak dan memilih pergi.

Keesokan harinya ia datang bersama tim pengacaranya untuk meminta jersey bernomor 10. Setelah melalui negosiasi, pihak Paulo memberi uang sebesar 100ribu euro untuk mengamankan idaman nya itu.

6. Nicklas Bendtner (Arsenal, 52)

Bendtner memang dikenal sebagai pemain yang akrab dengan hal-hal kontroversi. Salah satunya adalah ketika ia meminta tim untuk mengganti nomor punggung nya. Saat itu, Bendtner mengganti nomor dari 26 ke 52. Alasan nya adalah dirinya menganggap 52 adalah nomor yang istimewa baginya. Menurutnya, nomor itu akan memberikan keberuntungan.

7. Bixente Lizarazu (Bayern Munich, 69)

Mungkin banyak yang menganggap aneh mengapa nomor 69 harus dipakai oleh seorang pesepakbola. Meski memiliki konotasi negatif, Lizarazu menganggap bahwa 69 adalah nomor yang akan memberi keberuntungan baginya. Selain hal itu, ia memilih nomor tersebut karena dirinya merupakan pemain dengan berat 69, lahir di tahun 1969, dan memiliki tinggi badan 169cm.

8. Ronaldinho (AC Milan, 80)

Setelah memilih untuk hijrah ke AC Milan, Ronaldinho memutuskan untuk memakai jersey bernomor punggung 80.

Sebenarnya sang pemain meminta nomor favoritnya, yakni 10. Namun saat itu Seedorf sudah menjadi empunya nomor keramat tersebut. Tim pun tidak akan membiarkan pemain merebut nomor begitu saja. Oleh karena itu, Ronaldinho memutuskan untuk memakai jersey bernomor punggung 80. Seperti diketahui ia adalah pemain yang lahir pada tahun 1980.

9. Ivan Zamorano (Inter Milan, 1+8)

Mungkin kalian akan bertanya-tanya, bagaimana bisa seorang pemain menggunakan nomor 1+8. Pemilik nomor unik tersebut adalah Ivan Zamorano. Dirinya mengenakan nomor tersebut saat membela Inter Milan.

Karena kecintaan nya terhadap nomor 9, ia sebenarnya sudah memesan nomor tersebut. Namun ternyata, nomor itu sudah dipakai oleh Ronaldo. Tak kehabisan akal, Zamorano memilih menggunakan nomor 18 dengan tanda + di tengahnya. Jika diperhatikan, nomor itu akan berjumlah 9, hasil dari 1 plus 8.

10. Rogerio Ceni (Sao Paolo, 01 dan 618)

Sebagai seorang kiper, Rogerio Ceni dikenal sebagai pemain yang sangat berbakat. Meski berposisi sebagai penjaga gawang, dirinya sudah banyak menyumbangkan gol untuk klub yang dibelanya.

Hal unik lain nya adalah, penjaga gawang klub Sao Paolo tersebut mengenakan jersey dengan nomor punggung 01. Hal itu terbilang unik, karena umumnya, nomor punggung satu tidak perlu diberi tambahan angka 0 di depan. Dikabarkan bahwa Ceni memiliki inisiatif sendiri untuk menambahkan angka 0 tersebut. Tidak lama kemudian, Ceni kembali membuat sebuah inovasi dengan membuat sebuah jersey dengan nomor punggung 618. Angka tersebut merupakan catatan penampilannya selama 618 pertandingan bersama Sao Paolo.

Itulah beberapa pemain yang memiliki cerita dibalik nomor punggung yang mereka kenakan. Silahkan tulis komentar kalian dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru