10 Klub Dengan Penjualan Jersey dan Merchandise Paling Laris 2023

spot_img

Jersey tak hanya menjadi seragam, tapi juga identitas bagi sebuah klub sepak bola. Seiring dengan perkembangan zaman, jersey terus berevolusi. Dan semenjak Leeds United menggandeng apparel Admiral di tahun 1973, jersey juga bertransformasi menjadi collectible items yang menghasilkan pendapatan bagi sebuah klub.

Hari ini, klub sepak bola akhirnya tak hanya menjual replika jersey mereka, tetapi juga seragam latihan, jaket, syal, gantungan kunci, bola, dan beragam merchandise lainnya.

Berbicara soal pendapatan, UEFA belum lama ini menerbitkan laporan bertajuk “The European Club Finance and Investment Landscape”. Dalam salah satu pembahasannya, UEFA merilis daftar klub dengan penjualan jersey dan merchandise paling laris di tahun 2023. Lalu, siapa saja klub yang masuk dalam daftar tersebut? Berikut ulasannya.

Barcelona

Klub yang menghuni peringkat pertama adalah FC Barcelona. Barca memperoleh pendapatan sebesar 179 juta euro dari penjualan jersey dan merchandise mereka di tahun 2023, naik drastis hingga 60 juta euro dibanding tahun 2022. Pendapatan yang diperoleh Barca tersebut menjadi rekor di Eropa dan membuat mereka naik empat peringkat dari tahun 2022.

Kenaikan pendapatan hingga 60 juta euro tersebut tak bisa dilepaskan dari langkah penarikan tuas ekonomi dan beragam inovasi bisnis yang ditempuh oleh Barca. Seperti membuka 10 toko eksklusif baru di seluruh Catalonia dan sebuah toko di kota Madrid.

Yang terbaru, Barca juga meluncurkan pernak-pernik nyeleneh yang diolah dari stadion Camp Nou yang sedang direnovasi, seperti rumput stadion, potongan jaring gawang, hingga kursi stadion. Hanya dalam waktu singkat, barang-barang tersebut langsung masuk dalam daftar best sellers.

Barca jelas harus berterima kasih kepada para fans setia mereka yang tetap rela merogoh koceknya di saat finansial Barca masih ketar-ketir. Selain itu, Barca juga harus berterima kasih kepada tim wanita mereka, Barcelona Femení, yang makin populer setelah menjuarai Liga Champions. Lebih khusus lagi kepada dua pemain terbaiknya, Alexia Putellas dan Aitana Bonmati.

Mengutip dari Forbes, penjualan jersey Alexia Putellas dan Aitana Bonmati lebih laku daripada para pemain pria FC Barcelona. Hanya jersey milik Robert Lewandowski, Pedri, dan Gavi yang lebih laku dari keduanya. Maklum, Putellas adalah peraih Ballon d’Or Féminin edisi 2021 dan 2022, sedangkan Bonmati merupakan peraih Ballon d’Or Féminin edisi 2023.

Real Madrid

Tepat di belakang Barcelona, ada Real Madrid yang berhasil membukukan 155 juta euro dari penjualan jersey dan merchandise mereka di tahun 2023. Angka tersebut naik dari musim sebelumnya yang mencapai 126 juta euro. Sama seperti Barca, peringkat Madrid juga mengalami kenaikan, dari peringkat 4 di tahun 2022 menjadi peringkat 2 di tahun 2023.

Kemampuan Madrid dalam mencari cuan tentu sudah tidak diragukan lagi. Kebiasaan Madrid yang membeli pemain bintang membuat penjualan jersey mereka konsisten menghuni peringkat atas. Dan, di tahun 2023, jersey dari Jude Bellingham menjadi yang paling laku.

Dibanderol dengan harga mulai dari 150 euro, jersey dengan nameset dan nomor punggung Bellingham tak hanya jadi yang terlaris di Madrid, tetapi juga dunia. Mengutip dari Tribuna, hingga Desember 2023, Madrid sudah menjual tak kurang dari 100 ribu jersey Jude Bellingham.

Selain Bellingham, jersey milik Vinicius Jr. juga masuk dalam 10 besar jersey terlaris di tahun 2023. Menurut laporan surat kabar Bild, di setiap jersey dan item yang berhasil terjual, Real Madrid akan mendapatkan komisi sekitar 40% dari hasil kesepakatan mereka dengan Adidas.

Bayern Munchen

Berikutnya, peringkat tiga ditempati oleh raksasa Bundesliga, Bayern Munchen. Mengingat mereka merupakan klub sepak bola paling populer dan paling banyak penggemarnya di Jerman, tidak mengherankan jika Bayern ada di posisi ini.

Penjualan jersey Die Roten di tahun 2023 juga sangat terdorong oleh kehadiran Harry Kane. Mengutip dari Goal, tak kurang dari 20 ribu jersey Kane langsung terjual di hari kepindahannya ke Bavaria.

Total, pendapatan Bayern dari penjualan jersey ditambah merchandise lainnya, semacam handuk, syal, hingga gantungan kunci mencapai 147 juta euro di tahun 2023, naik dari pendapatan tahun sebelumnya yang sebesar 128 juta euro.

Liverpool

Selanjutnya, di peringkat 4 ada Liverpool. Jika berbicara hanya soal jersey saja, Liverpool adalah klub dengan penjualan jersey paling laris di musim 2022/2023. Mengutip dari GiveMeSport, tak kurang dari 1,8 juta jersey Liverpool terjual di musim tersebut.

Soal jersey, The Reds memang punya kemewahan yang tak dipunyai oleh klub Premier League lainnya. Di setiap jersey atau item pakaian yang terjual, Liverpool mendapat komisi hingga 20% dari hasil kemitraan mereka dengan Nike. Umumnya, klub Premier League lainnya hanya mendapat komisi sebesar 7,5% dari kontrak apparel mereka.

Namun, Liverpool sepertinya harus lebih kreatif dalam menjual pernak-pernik mereka. Ketika hasil penjualan jersey ditambahkan dengan hasil penjualan merchandise lainnya, total pendapatan Liverpool dari jersey dan merchandise di tahun 2023 justru mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya, yakni dari 137 juta euro menjadi 132 juta euro. Hal ini membuat posisi Liverpool turun dari yang sebelumnya menghuni peringkat pertama.

Meski begitu, penjualan jersey dan merchandise Liverpool di tahun 2023 masih jadi yang paling laku di Inggris. Kedatangan Dominik Szoboszlai yang penjualan jersey-nya langsung melesat membuntuti Mo Salah, plus peluang prestasi musim ini bisa membuat The Reds kembali jadi pemuncak.

Manchester United

Menurunnya penjualan Liverpool adalah peluang bagi Manchester United yang membuntuti ketat di belakangnya. Sayangnya, penjualan jersey dan merchandise The Red Devils di tahun 2023 stagnan di angka 130 juta euro, serupa dengan tahun sebelumnya.

Sama seperti The Reds, peringkat MU juga mengalami penurunan, dari peringkat 2 menjadi peringkat 5. Selain komisi penjualan yang tak sebesar Liverpool, prestasi Setan Merah yang masih seret jadi hambatannya.

MU sendiri sebenarnya berhasil menjual tak kurang dari 1,75 juta jersey replika resmi di seluruh dunia di sepanjang musim 2022/2023. Adapun jersey milik Marcus Rashford masih menjadi yang paling banyak dipesan, diikuti oleh Alejandro Garnacho. Jersey milik Rashford dan Garnacho bahkan masuk dalam 10 besar jersey terlaris di tahun 2023.

Paris Saint-Germain

Berikutnya, di peringkat enam ada Paris Saint-Germain. Yang menarik dari PSG adalah mereka justru berhasil mencatat angka penjualan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Padahal, di musim panas kemarin, dua bintang penyumbang cuan terbanyak, yakni Neymar dan Messi hengkang dari Paris.

PSG sukses mencatat pendapatan sebesar 103 juta euro dari penjualan jersey dan merchandise mereka di tahun 2023, naik sebesar 6 juta euro dibanding tahun sebelumnya. Jersey paling laku sudah pasti milik Kylian Mbappe. Namun, bukan Mbappe yang mengkatrol penjualan PSG.

Le Parisien banjir cuan setelah berhasil mendatangkan bintang asal Korea Selatan, Lee Kang-in. Jersey Mbappe memang jadi yang terlaris di toko fisik dan klub. Namun, di penjualan online, jersey Lee Kang-in jadi yang terlaris. Pemain berusia 23 tahun itu memang sedang naik daun di negaranya.

Arsenal

Selanjutnya, di peringkat tujuh ada Arsenal. The Gunners berhasil mencatat kenaikan pendapatan yang cukup signifikan dari penjualan jersey dan merchandise mereka. Dari 65 juta euro di tahun 2022 menjadi 89 juta euro di tahun 2023.

Strategi komersial baru yang diluncurkan The Gunners terbukti memberi hasil positif terhadap kinerja ritel mereka yang berhasil menjual lebih dari 850 ribu jersey replika resmi di seluruh dunia di sepanjang musim 2022/2023. Angka tersebut tersebut jadi yang tertinggi semenjak mereka bermitra dengan Adidas.

Berbicara soal jersey, klub asal London Utara ini memang terkenal memiliki salah satu percetakan jersey terbaik dan terbesar di Inggris. Adapun jersey terlaris The Gunners masih ditempati oleh Bukayo Saka, diikuti oleh Martin Ødegaard, dan Declan Rice. Mengutip dari Forbes, jersey Bukayo Saka bahkan menempati peringkat 10 sebagai jersey terlaris di tahun 2023.

Chelsea

Membuntuti Arsenal dengan ketat di peringkat delapan, ada klub asal London lainnya, Chelsea. The Blues mencatat pendapatan sebesar 87 juta euro dari hasil penjualan jersey dan merchandise mereka di tahun 2023.

Total pendapatan The Blues di sektor komersial memang mengalami peningkatan. Namun, jika dirinci, kinerja ritel The Blues patut dikritik. Pasalnya, Chelsea hanya mampu menjual 800 ribu jersey mereka di sepanjang musim 2022/2023. Angka tersebut anjlok dari musim sebelumnya yang bisa menembus 1 juta.

Penjualan jersey dan merchandise Chelsea untuk musim 2023/2024 juga diperkirakan akan menurun. Sebab, oleh beberapa sumber, jersey 90’s The Blues yang diproduksi oleh Nike termasuk dalam jajaran jersey terburuk musim ini.

Juventus dan Tottenham Hotspur

Terakhir, di peringkat 9 dan 10 ada Juventus dan Tottenham Hotspur yang secara kebetulan mencatat pendapatan yang sama dari penjualan jersey dan merchandise mereka, yakni sebesar 74 juta euro.

Tak banyak yang bisa kita kulik dari kedua tim tersebut, sebab baik Juventus maupun Tottenham Hotspur sama-sama belum menerbitkan laporan keuangan mereka di musim 2022/2023.

Insight

Itulah 10 besar klub dengan penjualan jersey dan merchandise paling laku di tahun 2023. Adapun peringkat 11 hingga 20 secara berurutan dihuni oleh, Manchester City (73 juta euro), Borussia Dortmund (54 juta euro), AC Milan (47 juta euro), Ajax (41 juta euro), Galatasaray (35 juta euro), Leeds United (34 juta euro), Celtic (34 juta euro), Fenerbahce (31 juta euro), Eintracht Frankfurt (26 juta euro), Inter Milan (26 juta euro).

Lalu, apa yang bisa kita petik dari daftar tadi?

Daftar ini bisa kita pakai sebagai gambaran riil untuk mengukur popularitas sebuah klub sepak bola dan seberapa loyal fans mereka. Jadi, ada di urutan berapa klub kesayangan kamu football lovers?


Referensi: Forbes, FCBarcelona, Tribuna, GiveMeSport, Goal, Football Insider.

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru