Mengapa Timnas Italia Menggunakan Jersey Berwarna Biru?

  • Whatsapp

Kita sering melihat timnas Spanyol mengenakan jersey berwarna merah karena memang bendera yang mereka kibarkan juga memiliki corak berwarna merah. Kemudian ada Brazil yang juga identik dengan warna hijau dan kuning. Argentina juga sama, mereka besar dengan corak berwarna biru muda.

Bahkan Indonesia pun dikenal dengan jersey berwarna merah karena memang salah satu corak dari bendera negeri tercinta terdapat warna merah.

Namun ketika melihat timnas Italia bertanding, kita akan menemukan bahwa mereka lebih sering mengenakan jersey dengan corak berwarna biru. Padahal warna bendera mereka tidak ada satupun yang mewakili biru. Disana malah terdapat warna hijau, yang merupakan representasi dari perbukitan di negara tersebut. Kemudian ada warna putih yang diyakini sebagai lambang dari pegunungan yang terdapat di Italia.

Kemudian ada warna merah yang banyak disebut sebagai corak darah yang mewakili wujud pengorbanan dari rakyat Italia semasa dulu dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Kembali ke pertanyaan awal, darimana Italia bisa mendapatkan warna biru untuk kemudian dijadikan sebagai identitas negara?

Asal usul warna biru sebagai identitas negara Italia bermula dari tahun 1366, ketika para tokoh perjuangan Italia seperti Conte Verde dan Amedeo dari Savoy mengibarkan warna biru berukuran besar di kapal andalan mereka. Pengibaran warna biru itu sendiri sering dianggap sebagai penghormatan kepada Madonna, yang bila difrasakan dalam bahasa Italia menjadi Ma Donna atau Tuan Putriku.

Tuan Putriku disini merujuk pada sosok Bunda Maria yang umum dijumpai pada ikonografi Kristen, dimana pada lukisan terkenal karya Sandro Botticelli, Madonna digambarkan tengah memakai pakaian berwarna biru.

Dari situ, warna biru kerap dipakai oleh para pejuang asal Italia.

Bahkan pada awal abad 20-an, ketika Italia masih menggunakan sistem pemerintahan monarki dimana disana terdapat raja dan ratu, mereka memilih biru sebagai warna kebesaran.

Karena warna biru sudah sangat lekat dengan sejarah Italia, maka tim sepakbola mereka yang pertama kali bertanding pada 1910, tampil dengan menggunakan jersey berwarna biru.

Meski pada 1946 sebanyak 13 juta orang atau sekitar 54,3% rakyat Italia setuju untuk merubah sistem pemerintahan menjadi republik, warna biru masih tetap digunakan sebagai identitas negara.

Dari warna kebesaran itu pula, Italia memiliki julukan Gli Azzurri, atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Si Biru.

Perlu diketahui pula bahwa sebutan Gli Azzurri tidak hanya berlaku untuk tim sepakbola Italia saja, namun juga ada cabang olahraga lain seperti rugby, hoki es, sampai ski.

Bila Gli Azzurri merujuk pada kesatuan tim untuk para pria, maka untuk tim yang berisikan para wanita, Italia akan dijuluki sebagai Le Azzurre.

Pos terkait