Jadi Rekrutan Baru Barca, Apa Yang Bisa Diberikan Depay?

  • Whatsapp
Jadi Rekrutan Baru Barca, Apa Yang Bisa Diberikan Depay
Jadi Rekrutan Baru Barca, Apa Yang Bisa Diberikan Depay

FC Barcelona tampak sedang giat untuk mengumpulkan amunisi baru. Sudah ada sejumlah pemain bintang yang didatangkan, dengan nama baru berasal dari Belanda, Memphis Depay. Melansir dari situs resmi klub, Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan sang pemain perihal kontrak yang berdurasi dua tahun atau sampai akhir musim 2022/23.

Depay direkrut secara gratis dari Olympique Lyon, setelah dia menolak untuk memperpanjang kontraknya dengan klub asal Prancis.

Sedikit Tentang Memphis Depay

Memphis Depay, adalah pemain asal Belanda yang memulai kiprah sepakbolanya bersama klub tanah kelahiran, VV Moordrecht. Di usia sembilan tahun, Depay lalu bergabung dengan Sparta Rotterdam sebelum akhirnya bakat sang pemain ditemukan oleh PSV Eindhoven. Bermain untuk salah satu klub terbaik di Negeri Kincir Angin, Depay yang berada di bawah asuhan Philip Cocu tumbuh menjadi seorang bintang.

Penampilannya itu lalu mengundang minat pelatih asal Belanda, Louis van Gaal yang saat itu masih menangani Manchester United. Depay menghabiskan karir selama kurang lebih satu setengah musim di sana hingga pada akhirnya dia melanjutkan perjalanan menuju Olympique Lyonnais pada Januari 2017.

Keputusan untuk bergabung dengan Lyon berbuah manis bagi Depay. Tiga setengah musimnya yang dihabiskan di Lyon membuatnya menjadi salah satu pemain incaran klub besar Eropa, termasuk FC Barcelona. Perlu diketahui bahwa sebelum resmi bergabung dengan el Barca beberapa waktu lalu, bakat Depay lebih dulu diambil Ronald Koeman ke timnas Belanda.

Setelah resmi menjadi pemain Barcelona, Depay merasa senang dan mengatakan bahwa ini adalah mimpi yang jadi kenyataan.

“Akhirnya ini resmi. Aku akan bergabung dengan Barcelona dan aku sangat antusias. Aku antusias untuk bermain di depan stadion yang penuh,”

“Ini benar-benar mimpi yang jadi kenyataan bagi ku untuk bergabung dengan klub terbesar dunia dengan fans terhebat,” kata Depay (via Marca)

Mengapa Barcelona Tertarik Datangkan Depay?

Mendapat sambutan yang baik dari sang pemain tentu menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Barcelona, terutama bagi sang pelatih Ronald Koeman. Seperti diketahui, Ronald Koeman memang sudah sejak lama mengagumi sosok Depay. Dia yang sudah pernah bekerjasama dengan sang pemain sangat antusias untuk melanjutkan hubungan baiknya di Camp Nou.

Koeman dan Depay benar-benar memiliki hubungan yang sangat positif. Depay mengaku banyak berkembang ketika berada di bawah asuhan Koeman. Begitu pula Koeman yang sangat diuntungkan dengan keberadaan Depay di dalam tim yang diasuhnya.

Selain ketertarikan langsung dari sang pelatih, Depay yang berhasil mengemas sebanyak 20 gol dan catatkan 12 assist musim lalu semakin meyakinkan Barca untuk mendatangkannya ke La Liga. Sang pemain disebut sebagai sosok yang tepat untuk mengisi salah satu posisi di klub berjuluk La Blaugrana.

Dengan kualitas yang dimiliki, apa yang sekiranya bisa diberikan Depay kepada Barcelona?

Apa Yang Bisa Diberikan Depay?

Kedatangan Depay sejatinya bisa meringankan beban yang selama ini ditanggung Lionel Messi. Dia memiliki fleksibilitas yang baik. Meski cenderung bermain di kiri, Depay juga bisa ditempatkan sebagai penyerang tengah. Kemudian, catatan golnya musim lalu tentu akan memberi garansi bagi Barcelona untuk tak perlu khawatir dengan lini serang mereka musim depan. Sekali lagi, Depay yang bisa dimainkan sebanyak penyerang tengah berpotensi menjadi solusi bagi FC Barcelona bila memang mereka masih kesulitan temukan sosok pemain yang bisa terus memberi ancaman bagi lawan. Hal itu bisa dibuktikan dengan torehan 63 gol dan 45 assist yang dia berikan untuk Lyon hanya dalam 139 pertandingan yang dijalani.

Selain sukses kembali temukan performa terbaiknya bersama Lyon, Depay juga selama ini terus menjadi andalan timnas Belanda.

Dalam 21 pertandingan terakhirnya yang dijalani bersama de Oranje, Depay mampu mencetak 13 gol dan catatkan 14 assist, dimana itu membuatnya sangat berpotensi masuk ke dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak timnas Belanda. Total, dalam 66 pertandingan untuk timnas Belanda, Depay sudah mampu catatkan sebanyak 27 gol.

Tidak seperti kebanyakan pemain yang lebih suka mencari ruang, Depay merupakan tipe pemain yang justru rajin mencari bola. Kecepatan akan membuat semua ambisinya tercapai dengan mudah. Dia seringkali berperan sebagai pemain yang turut membangun serangan, plus tak jarang menunjukkan keterampilannya sebagai seorang penembak jitu. Yang tak kalah penting, kekuatan fisik yang dimiliki juga memungkinkan Depay untuk memenangi duel satu lawan satu.

Dalam melakukan serangan, keberadaan Depay tentu akan dimanfaatkan oleh Frenkie de Jong yang selama ini mengisi lini tengah Barcelona. Depay secara langsung akan memberi koneksi Belanda di Barcelona, dimana itu tentu menjadi keuntungan bagi klub Catalan.

Depay akan benar-benar memberi dimensi baru dalam permainan FC Barcelona.

Dalam hal ini, kepribadian yang dimiliki juga tidak kalah penting. Depay yang pandai mengambil hati para penggemar akan membuat semua merasa diperhatikan. Hal ini sudah ditunjukkannya di beberapa tim yang dibelanya. Hubungannya dengan penggemar selalu memberinya semangat lebih untuk terus ciptakan hal-hal luar biasa.

Kemudian, tergolong berada di usia matang, yaitu 27 tahun, Barcelona tentu akan memiliki sosok Depay dalam bentuk yang lebih dewasa. Depay adalah sosok berkharisma dan tahu betul bagaimana menjadi seorang pemimpin. Ada banyak hal yang berubah ketika dirinya beranjak dewasa. Hal ini jelas akan memberi keuntungan tersendiri bagi Barcelona yang memang butuh sosok pemimpin sejati di atas lapangan.

Selain itu, di usia 27 tahun juga memungkinkan Depay untuk menjadi proyek jangka panjang FC Barcelona. Berada di masa terbaiknya sebagai seorang pesepakbola, kekhawatiran para penggemar akan kehilangan sosok Lionel Messi berpotensi menipis, setelah tahu bahwa mereka punya pemain yang disebut bakal menjadi bintang untuk beberapa tahun ke depan.

Lalu bagaimana skema yang berpotensi diterapkan Barcelona agar kemampuan Depay bisa dimanfaatkan secara maksimal?

Skema Yang Bisa Diterapkan Barcelona Dengan Keberadaan Depay

Pertama, Koeman bisa menerapkan skema 3-4-3. Dengan tiga bek dan empat gelandang, Depay bisa ditempatkan di posisi kiri, Messi di posisi kanan, sedangkan penyerang tengah bisa diisi Ansu Fati maupun Aguero. Meski bisa ditempatkan sebagai penyerang tengah, posisi alami Depay adalah sebagai pemain sayap, mirip dengan Lionel Messi.

Yang membedakan adalah, Depay lebih unggul dengan kaki kanannya, sedangkan Messi begitu hebat dengan kaki kirinya. Sehingga, keduanya bisa digunakan Koeman sebagai inside-forward. Kemudian, bila memang posisi penyerang harus menempatkan nama Ansu Fati, maka pemain berusia 18 tahun itu bisa berperan sebagai out-and-out striker.

Skema berikutnya yang bisa digunakan Koeman adalah 4-3-3. Sama seperti di Lyon, bila memang dibutuhkan, maka Depay bisa ditempatkan sebagai penyerang utama. Bermain bersama Antoine Griezmann dan Lionel Messi, memungkinkan ketiga pemain itu untuk bertukar posisi, tergantung situasinya. Messi bisa menjadi pemain sayap kanan atau penyerang tengah, Depay bisa menjadi penyerang tengah atau sayap kiri, sementara Antoine Griezmann bisa bermain di ketiga posisi yang tersedia.

Opsi ketiga, atau yang terakhir adalah 4-2-3-1. Dengan hanya menempatkan dua gelandang, dimana itu berpotensi diisi oleh Pedri dan Frenkie de Jong, empat pemain seperti Griezmann, Messi, Aguero, hingga Depay itu sendiri bisa bermain dalam waktu yang sama.

Dalam skema ini, Messi akan bermain di posisi favoritnya, sementara Aguero tentu akan ditempatkan di posisi penyerang utama. Kemudian, Griezmann akan memainkan peran di antara Messi dan Depay, mengingat pemain asal Belanda bakal menempati posisi favoritnya.

Sumber referensi: Marca, fcbarcelona, tribuna, everythingbarca, sportes, voi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *