FFP Mengintai, Newcastle Siap Obral Pemain Bintang

spot_img

Menjadi klub paling kaya di dunia tak membuat Newcastle United terhindar dari masalah keuangan. Bukan karena kekurangan duit macam klub yang onoh, tapi The Magpies terancam sanksi Financial Fair Play karena terlalu sibuk menambah amunisi tanpa memperhatikan jumlah pemasukan dalam tiga tahun terakhir.

Itu membuat FA dan Premier League menyalakan alarm tanda bahaya. Bayang-bayang ancaman FFP itu muncul ketika dalam laporan keuangan musim 2022/23 Newcastle dikabarkan merugi 73,4 juta pounds atau Rp1,4 triliun. 

Maka dari itu, pihak klub berusaha menjual beberapa pemain musim panas nanti demi menyeimbangkan neraca keuangan. Kira-kira siapa yang akan jadi korban? Sebelum kita spill, kalian bisa subscribe dan nyalakan lonceng agar tidak ketinggalan update terbaru dari Starting Eleven Story.

Miguel Almiron

Pemain pertama yang akan dikorbankan pada akhir musim nanti adalah Miguel Almiron. Pria berkebangsaan Paraguay ini termasuk dalam sepuluh pemain dengan gaji tertinggi di skuad Newcastle musim ini. Menurut Spotrac, Almiron mengantongi 60.000 pound atau sekitar Rp1,2 miliar per pekan.

Meski masih banyak pemain yang gajinya lebih tinggi dari Almiron, performanya musim ini menjadi alasan kuat mengapa dirinya layak dikorbankan. Pemain yang kerap dimirip-miripkan dengan Raditya Dika mengalami penurunan performa yang cukup signifikan apabila dibandingkan dengan musim lalu.

Musim 2022/23 barangkali jadi salah satu musim terbaik Almiron di pentas Liga Inggris. Dari 34 laga yang dimainkan, Almiron mencetak sebelas gol dan dua assist. Sementara musim ini, mantan pemain Atlanta United itu baru bisa mencetak tiga gol di Liga Inggris. Selain itu, dirinya mulai akrab dengan cedera. Sejauh ini, Al-Shabab yang paling serius ingin mendapatkan sang pemain.

Bruno Guimarães

Pemain sepenting Bruno Guimaraes juga tak luput dari ancaman penjualan. Pemain yang telah menjadi nyawa di lini tengah The Magpies itu menjadi pemain dengan bandrol gaji tertinggi di skuad Newcastle musim ini. Dilansir Spotrac, pemain berkebangsaan Brazil itu mampu menghasilkan 160.000 pound per pekan.

Maka dari itu, membiarkan Bruno pergi akan memberikan ruang yang cukup besar di rencana keuangan Newcastle musim depan. Dirinya memang jadi andalan di setiap laga, tapi banyaknya minat dari beberapa tim papan atas Liga Inggris, maupun klub di luar Inggris membuat Newcastle makin yakin untuk memasukkannya ke dalam daftar jual.

Alasan menjualnya murni soal keuangan. Bruno tak mengalami masalah apa pun di klub. Performanya bahkan kian aduhai di bawah asuhan Eddie Howe. Kontrak sang pemain masih panjang hingga 2028. Namun, Bruno Guimaraes memiliki klausul pelepasan sebesar 100 juta pound. Kabarnya, Manchester City bersedia membayarnya. Di sisi lain, klub-klub macam Real Madrid dan PSG juga memantau Bruno.

Kieran Trippier

Meski telah banyak berjasa dalam kebangkitan Newcastle United, Kieran Trippier kabarnya tetap masuk dalam daftar jual. Newcastle punya alasan yang cukup untuk membiarkan Trippier pergi akhir musim nanti. Meski kontribusinya bagi tim sangat besar, usia sang pemain mulai uzur. Itu mempengaruhi kebugaran Trippier sehingga dirinya rentan cedera. 

Selain itu, The Magpies juga dikabarkan telah mendapatkan penggantinya yang jauh lebih muda dan bugar. Dia adalah Valentino Livramento yang ditebus dari Southampton musim panas tahun 2023. Satu tahun dirasa cukup bagi Livramento beradaptasi sebelum menempati posisi bek kanan Newcastle musim depan.

Meski demikian, pihak Newcastle tak berharap bisa mendapatkan banyak uang dari penjualan Trippier. Tujuan utama klub adalah membebaskan beban gaji sang pemain yang tergolong besar. Dengan 120.000 pound per pekan, pemain yang kini berusia 33 tahun itu menjadi pemain kedua dengan gaji tertinggi di klub. Meski sudah tua, bukan berarti Trippier sepi peminat. Bayern Munchen dan beberapa klub Arab Saudi kabarnya siap menampung.

Alexander Isak

Pemain selanjutnya adalah Alexander Isak. Pemain yang satu ini barangkali jadi sosok yang paling bisa membuat Newcastle berat hati untuk melepasnya. Karena sang bomber merupakan tulang punggung di lini depan tim. Sejak tiba di St James Park pada musim panas 2022, hanya sedikit pemain The Magpies yang bisa menandingi eksploitasi Isak baik dalam gol maupun fleksibilitasnya di lapangan.

Musim ini saja, penyerang asal Swedia itu telah mencetak 17 gol dari 24 pertandingan Liga Inggris. Itu jadi yang terbanyak apabila dibandingkan dengan pemain Newcastle lain. Namun, keinginan sang pemain untuk konsisten bermain di Liga Champions kabarnya jadi pendorong bagi dirinya untuk meninggalkan Tyneside musim depan.

Di tengah spekulasi mengenai masa depannya yang tidak pasti, Arsenal muncul sebagai tujuan yang paling mungkin bagi penyerang berusia 24 tahun tersebut. Nah, momentum ini yang akan dimanfaatkan oleh Newcastle United. Memanfaatkan ketertarikan yang tinggi dari The Gunners, Newcastle bisa meraup untung sebanyak mungkin dari penjualan Isak.

Sven Botman

Newcastle United kabarnya juga akan mendengarkan segala bentuk tawaran untuk salah satu beknya, Sven Botman. Namun, mereka akan lebih berhati-hati dengan tawaran yang datang. The Toons Army hanya akan mempertimbangkan tawaran tertinggi saja untuk pemain belakang terbaiknya itu.

Pihak klub sebetulnya tak ada urgensi apa pun untuk melepas Botman musim panas nanti. Pemain asal Belanda itu bahkan telah menjadi bagian penting di sektor pertahanan skuad asuhan Eddie Howe sejak pertama kali didatangkan pada tahun 2022. Namun, lagi-lagi karena gajinya yang tergolong tinggi, yakni 90.000 pound per pekan bikin Newcastle pikir-pikir untuk mempertahankannya.

Salah satu upaya lain yang bisa ditempuh adalah negosiasi ulang dan merevisi besaran gaji Botman. Namun, jika itu gagal maka Newcastle tak bisa menutup kemungkinan menjualnya pada akhir musim nanti. Untuk saat ini, belum ada klub yang menaruh minat karena kontrak Botman baru akan berakhir 2027. Uang yang dibutuhkan untuk mendapatkannya pasti tak sedikit.

Callum Wilson

Jika Newcastle masih berat hati untuk melepas Aleksander Isak, maka Callum Wilson yang layak dikorbankan. Penyerang berpaspor Inggris ini sudah berseragam putih hitam sejak tahun 2020. Kala itu, ia didatangkan dari klub gurem, Bournemouth. Datang di usia yang terbilang sudah matang, kini Wilson sudah menginjak 32 tahun.

Wilson sebetulnya kerap jadi pembeda ketika Newcastle kesulitan mencetak gol. Sayang, usianya yang semakin bertambah membuat kebugarannya kerap bermasalah. Musim ini saja, Wilson sudah empat kali cedera. Ia telah melewatkan lebih dari 25 pertandingan Newcastle di semua ajang.

Hingga ditulisnya narasi video ini saja, Wilson masih cedera. Menurut laporan, ia mengalami gangguan di bagian dadanya. Belum pasti kapan dirinya akan kembali bermain untuk Newcastle. Meski begitu, Arsenal dan AC Milan kabarnya masih memantau situasi sang pemain.

Jamaal Lascelles

Pemain terakhir yang akan dikorbankan adalah Jamaal Lascelles. Sebetulnya pilihannya dua, antara dirinya atau Sandro Tonali yang sanksinya belum jelas. Namun, The Magpies kabarnya masih mau bersabar dengan Tonali. Sementara Lascelles, meski bukan pemain dengan gaji tinggi, ia mulai kehilangan tempat di skuad utama.

Lascelles sebetulnya bukan wajah baru di skuad asuhan Eddie Howe. Pemain berkebangsaan Inggris itu sudah bergabung dengan Newcastle sejak tahun 2015. Kesetiaannya itu bahkan membuatnya dianugerahi ban kapten musim ini. 

Namun, karena masalah kebugaran membuat perkembangannya kalah jauh dengan Fabian Schar dan Sven Botman. Itu jadi alasan yang cukup untuk melepasnya musim panas nanti. Selain nama-nama tersebut, masih ada beberapa pemain lain yang kemungkinan bakal dilepas seperti Joelinton dan Loris Karius.

https://youtu.be/J9CW3_K-BCg 

Sumber: The Mag, The Guardian, Spotrac, Football London

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru