Deretan Momen Gila Yang Pernah Dilakukan Oleh Pesepakbola Dunia

  • Whatsapp

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai sportivitas. Ungkapan tersebut bukan merupakan bualan belaka. Pemain dituntut untuk bersikap baik dan memberi contoh yang semestinya bagi para pecintanya.

Akan tetapi, jika sudah berada di dalam lapangan, tensi pun kerap naik dan mendorong beberapa pemain untuk bertindak kelewatan.

Pada kesempatan kali ini, starting eleven akan merangkum momen-momen gila yang pernah dilakukan oleh pesepakbola dunia.

1. Zinedine Zidane

Pecinta bola pasti masih ingat betul apa insiden yang terjadi pada laga final Piala Dunia 2006 di Jerman. Pada sela-sela pertandingan, kapten tim nasional Prancis, Zinedine Zidane, menanduk dada pemain Italia, Marco Materazzi. Awalnya, tidak diketahui pasti apa alasan Zidane melakukan hal tersebut.

Rupanya, Materazzi menghina ibu dan adik perempuan Zidane. Sontak, Zidane marah dan berbalik menyeruduk defender Italia itu hingga terjatuh. Zidane pun terkena kartu merah dan Perancis akhirnya kalah dalam adu penalti.

Momen tersebut benar-benar menjadi salah satu yang tak akan terlupakan dalam sejarah sepak bola.

2. Luis Suarez

Luis Suarez menjadi pemain yang dikenal cukup kontroversial. Ia beberapa kali terlibat dengan kasus yang tak biasa. Kali ini, Suarez tertangkap kamera telah menggigit pundak bek Italia, Chiellini. Hal itu terjadi pada babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2014 di Arena das Dunas, Brasil.

Selain Chiellini, Suarez juga pernah terlibat konflik dengan beberapa pemain hingga melakukan aksi gigitan.

Akibat tindak gilanya terhadap Chiellini, penyerang asal Uruguay itu dilarang tampil dalam sembilan pertandingan internasional oleh FIFA.

3. Pepe

Pepe merupakan satu dari sekian nama pesepakbola yang memiliki gaya bermain keras. Pemain ini dikenal tangguh dalam menjaga pertahanan namun juga kerap melakukan aksi-aksi brutal. Salah satu yang paling diingat adalah saat ia menendang kaki penyerang Getafe, Casquero, yang tertelungkup.

Pemain asal Portugal itu melakukan pelanggaran yang sangat kelewatan. Tidak hanya sekali, bagian belakang tubuh Casquero juga menerima sepakan secara brutal. Sontak wasit Carlos Delgado Ferreiro mengeluarkan kartu merah terhadap pemain yang sebelumnya menerima kartu kuning di menit ke-57 itu.

Tindakan yang memuakkan dan melanggar asas sportivitas tersebut banyak mendapat kecaman dari beberapa pihak.

4. Douglas Costa

Douglas Costa menjadi sorotan setelah melakukan aksi yang benar-benar tak patut untuk ditiru. Pertandingan antara Juventus melawan Sassuolo harus dinodai oleh aksi tak terpuji pemain asal Brasil ini. Costa yang terlibat cekcok dengan pemain lawan meludah tepat kearah muka lawannya itu.

Atas pelanggaran berat yang dilakukan, Douglas Costa harus mengakhiri pertandingan lebih cepat.

5. Lionel Messi

Pemain sekalem Lionel Messi juga pernah melakukan tindakan yang berlebihan. Saat berhadapan dengan AS Roma pada  Trofi Joan Gamper 2015 lalu, Messi terlihat bersitegang dengan pemain lawan, Mapou Yanga-Mbiwa. Ketika itu, keduanya terlibat perang mulut di atas lapangan. Sempat saling bertatapan, secara tiba-tiba Messi menanduk bek asal Prancis itu karena kesal.

Tak sampai disitu, Messi juga mencekik Yanga-Mbiwa. Atas perbuatannya, pemain asal Argentina itu harus mendapat kartu kuning dari wasit.

6. Nigel de Jong

Nigel de Jong sempat menjadi buah bibir setelah menodai partai final Piala Dunia 2014 yang dihelat di Afrika Selatan. Gelandang bertahan asal Belanda ini memang terkenal dengan gaya bermainnya yang agresif. Namun dirinya melakukan aksi yang kelewatan ditengah-tengah laga.

Saat akan menjangkau bola, kaki de Jong terangkat terlalu tinggi hingga mengenai dada Xabi Alonso. Pemain asal Spanyol itupun merasakan sakit luar biasa setelah mendapat tendangan kungfu dari de Jong. Meski begitu, rasa sakitnya terbayar dengan trofi Piala Dunia dan Alonso mengatakan jika ia tidak akan pernah melupakan kejadian tersebut.

7. Sergio Ramos

Tak lengkap rasanya bila tidak menyertakan Sergio Ramos dalam daftar aksi kelewatan yang pernah dilakukan oleh seorang pemain. Hal ini terjadi pada laga el clasico yang mengeluarkan Barcelona sebagai pemenangnya. Real Madrid yang kala itu tertinggal lima gol ternyata menyulut emosi Sergio Ramos.

Saat Lionel Messi sedang membawa bola, pemain asal Spanyol itu melakukan tekel yang sangat keras. Tak hanya itu, diirnya juga mendorong rekan setimnya di timnas Spanyol, Carles Puyol, hingga terjatuh.

Akibat aksinya itu, Sergio Ramos mendapat kartu merah dari wasit.

Itulah tadi aksi-aksi berlebihan yang pernah dilakukan oleh pesepakbola dunia. Mana momen yang paling kalian ingat? Tulis komentar kalian dibawah ya. Jangan lupa untuk like dan share..

Pos terkait