Berita Hari Ini 20 Februari 2019: Hasil Liga Champions, Guardiola Akan Borong Pemain Muda Inggris, Klopp-Kovac Cekcok, Jokdri Mengaku, Rohit Chand Kembali, dan Sebagainya …

  • Whatsapp

Halo football lovers, tiada hari tanpa asupan gizi. Starting Eleven edisi 20 Februari 2019 merangkum berita hangat dari seluruh belahan dunia. Pastikan obrolanmu dengan teman-teman diisi rangkuman dari kami …

Barcelona Lanjutkan Tren Tanpa Kemenangan di Laga Tandang Fase Gugur Liga Champions

Barcelona gagal mencetak gol di Groupama Stadium meski mencatat 25 tembakan saat melawan Lyon di 16 besar Liga Champions. Barca bahkan bisa saja tertinggal jika bukan karena penampilan gemilang Marc-Andre Ter Stegen yang menepis tendangan jarak jauh Martin Terrier. Barca memperpanjang tren kemenangan di laga tandang fase gugur di Liga Champions yang terakhir kali diraih saat melawan Arsenal pada 2016.

Amarah Klop Tak Mampu Bawa Liverpool Kalahkan Bayern

Liverpool mencatat cleansheet meski tampil tanpa Virgil van Dijk saat melawan Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions. Alisson Becker tampil kurang meyakinkan saat beberapa kali gugup kala memegan bola atau kedatangan serangan Bayern. Di sisi lain, Sadio Mane tak mampu mencetak gol meski punya beberapa peluang emas. Seusai laga, Klopp terlibat cekcok dengan pelatih Bayern, Niko Kovac.

Belum Bayar Transfer Sala, Nantes Laporkan Cardiff ke FIFA

Nantes bersiap melaporkan Cardiff City ke FIFA karena belum membayar termin pertama biaya transfer Emiliano Sala yang total mencapai 15 juta pounds (Rp275 miliar). Striker asal Argentina tersebut tewas saat menumpang pesawat Piper Malibu yang seharusnya mengantarkannya ke Cardiff dua hari setelah kesepakatan transfer. Nantes telah menyurati Cardiff agar segera membayar pada 5 Februari, tapi Cardiff menahan diri untuk menunggu sampai investigasi kecelakaan selesai.

Sarri Masih Latih Chelsea saat Lawan Malmo dan Manchester City

Maurizio Sarri dipastikan akan memimpin Chelsea dalam laga melawan Malmo pada hari Kamis dan kontra Manchester City di final Carabao Cup pada Minggu. Sarri sebelumnya diberi waktu sebulan untuk memperbaiki performa tim, tapi kekalahan dari Manchester United membuat Sarri seakan “berjalan di atas es tipis”. Kekalahan dari Malmo atau City bisa saja membuat pelatih berusia 60 tahun tersebut kehilangan pekerjaan.

Cekcok Klopp dab Kovac Terungkap

Jurgen Klopp dan Niko Kovac terlihat cekcok setelah peluit akhir berbunyi dalam laga Liverpool vs Bayern Munich di Anfield. Walau begitu, Klopp lalu mengklarifikasi bahwa tidak terjadi apa-apa antara ia dan Kovac. Klopp memahami Kovac ingin menyalami seluruh pemainnya terlebih dahulu. Ketika Kovac kembali, Klopp berkata “aku menunggu”, dan Kovac pun memohon maaf. Kovac pun mengaku, di Jerman, pelatih menyalami para pemainnya adalah hal yang biasa.

Zidane dan Lampard Jadi Kandidat Pelatih Baru Chelsea

Zinedine Zidane dan Frank Lampard teridentifikasi sebagai kandidat pelatih baru Chelsea seandainya Maurizio Sarri jadi dipecat. Seperti dilansir Sky Sports, manajemen Chelsea tak puas dengan hasil beberapa laga terakhir, yang menelan lima kekalahan sejak pergantian tahun. Chelsea akan menunjuk Gianfranco Zola, asisten Sarri, sebagai caretaker hingga akhir musim, untuk kemudian digantikan salah satu antara Zidane atau Lampard.

De Bruyne: Quadruple Nyaris Mustahil

Manchester City masih berlaga di empat kompetisi pada musim ini: Piala Carabao, Piala FA, Premier League, dan Liga Champions. Meski begitu, Kevin de Bruyne menyatakan tak ada seorang pun di The Citizens yang sudah berpikir tentang trofi. Meski mengaku senang masih bisa bersaing di empat kompetisi, De Bruyne merasa meraih quadruple (empat gelar dalam semusim) nyaris mustahil. Ia juga mengakui bahwa level Liga Champions lebih tinggi dan lebih menyulitkan daripada Premier League.

Kontrak Baru De Gea Tertahan

Manchester United masih mengusahakan kesepakatan kontrak baru David De Gea yang akan membuat sang kiper meraup 350 ribu pounds (Rp6,4 miliar) per pekan. Pihak United masih mempersoalkan biaya agen yang akan menggelembungkan nilai De Gea. Nominal tersebut akan membuat De Gea sejajar dengan Alexis Sanchez dan Paul Pogba sebagai pemain dengan gaji termahal di Old Trafford. Dengan kontrak lima tahun, De Gea, akan mendapat 90 juta pounds (Rp1,6 triliun rupiah).

Detak Jantung Tak Normal, Khedira Absen di Liga Champions

Meski menjalani sesi latihan hari Senin dan Selasa dengan normal, Sami Khedira tidak diikutsertakan dalam rombongan pemain Juventus yang terbang ke Spanyol untuk menjalani laga Liga Champions melawan Atletico Madrid. Juventus lalu merilis di website resmi bahwa Khedira terdeteksi mengalami “atrial arrrhytmia”, yang salah satu gejalanya adalah detak jantung tak normal. Ia akan menjalani serangkaian tes medis untuk memastikan waktu pemulihan.

Piala Super Spanyol Ekspansi Jadi Empat Tim

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) merombak susunan kompetisi Piala Super Spanyol musim depan. Jika sebelumnya turnamen pembuka musim tersebut mempertemukan juara Copa del Rey dengan juara La Liga, per musim depan, akan ada empat tim yang berpartisipasi. Mereka adalah dua klub teratas La Liga, serta dua finalis Copa del Rey. RFEF juga memastikan tiap laga akan digelar di luar Spanyol dengan sistem final four.

Marcelo Temui Direktur Madrid Bahas Masa Depan

Marcelo sedang berada di titik terendah sepanjang kariernya di Real Madrid. Bek kiri berusia 30 tahun tersebut saat ini terdepak ke bangku cadangan, kalah bersaing dengan bek muda Sergio Reguilon. AS melansir pada hari Senin, Marcelo meminta bertemu dengan Direktur Utama Madrid Jose Angel Sanchez untuk menyatakan keberatannya. Dalam pertemuan yang berlangsung satu jam tersebut, Marcelo dikabarkan akan mengumumkan masa depannya di akhir musim.

Arsenal Akan Kembali Dekati Banega di Musim Panas

Arsenal akan kembali mendekati gelandang Sevilla Ever Banega pada bursa transfer musim panas mendatang. Gelandang asal Argentina tersebut didatangkan Unai Emery ke Sevilla pada 2014. Emery juga pernah bekerja sama dengan Banega selama tiga musim di Valencia. Dalam kontrak Banega saat ini, terdapat klausul penjualan sebesar 20 juta euro (Rp318 miliar), jumlah yang sangat mungkin membuat Arsenal bisa mempertemukan Emery dan Banega kembali.

“Piatek Seperti Inzaghi”

Bek AC Milan Mattia Caldara terkesima dengan dampak instan yang ditunjukkan Krzysztof Piatek. Piatek, yang bergabung dari Genoa pada Januari, telah mencetak enam gol dalam lima laga pertama berseragam Rossoneri di semua kompetisi. Menurut Caldara, Piatek menunjukkan kegairahan dan “mendedikasikan hidup untuk mencetak gol” seperti striker legendaris Milan, Filippo Inzaghi.

Inter Tak Merayakan Ulang Tahun Icardi

Drama Mauro Icardi di Inter Milan terus berlanjut. Icardi berulang tahun ke-26 pada hari Selasa, dan walaupun akun resmi Inter mengucapkan selamat ulang tahun, ia tak mendapat hal serupa di sesi latihan. Ia datang ke kompleks Appiano Gentile tapi tak berlatih bersama rekan-rekan setimnya. Ia menjalani terapi untuk memulihkan cedera, dan menurut Sportmediaset, tak ada perayaan apa pun untuk menyelamati Icardi. Ia juga tampak tak masuk skuad lagi saat Inter menjamu Rapid Vienna di Liga Europa pada Kamis malam.

Kolarov Jadi Bek Tersubur di Eropa

Meski sedang menjalani perseteruan dengan Ultras Roma, Aleksandar Kolarov tetap mampu menjaga performanya di lapangan. Saat melawan Bologna pada akhir pekan lalu, Kolarov mampu mencetak satu gol. Gol tersebut adalah gol kedelapannya di seluruh kompetisi pada musim ini. Tak ada bek lain yang mengungguli catatan Kolarov di lima liga besar Eropa. Catatannya lebih baik daripada striker kenamaan Seria seperti Paulo Dybala (3 gol), atau Lautaro Martinez (4 gol).

Suarez Masih Mandul di Eropa

Luis Suarez sedang menjalani performa menyedihkan di Liga Champions. Ia belum mencetak gol sama sekali di Liga Champions musim ini, dan hanya mencetak satu gol dalam 17 laga terakhir di Eropa. Di laga tandang, catatan gol terakhirnya terjadi pada September 2015. Karena Barcelona tak mampu membobol gawang Lyon di laga 16 besar pada Selasa malam, catatan buruk Suarez pun berlanjut. Jika Barca ingin kembali menaklukkan Eropa, Suarez harus segera mengembalikan performa.

Barcelona Rekrut Wonderkid Palmeiras Vitao dan Candido

Barcelona segera menambah koleksi talenta remaja dengan mendatangkan dua wonderkid Palmeiras. Blaugrana sebentar lagi menyelesaikan transfer sebesar 20 juta euro (Rp318 miliar) untuk memboyong dua remaja sekaligus: Vitao dan Luan Candido. Vitao berposisi sebagai bek tengah, sedangkan Candido merupakan seorang bek kiri. Kemungkinan besar, kedua pemain tersebut akan terlebih dahulu diintegrasikan dengan skuad Barcelona B.

Arsenal Minati Pope untuk Gantikan Cech

Arsenal sedang memantaui kiper Burnley Nick Pope untuk menggantikan peran Petr Cech. Pope disebut masih dibutuhkan di Burnley, tapi pelatih Sean Dyche lebih memilih memainkan Tom Heaton dan Joe Hart di Premier League musim ini. Pope adalah kiper utama Burnley musim lalu saat menembus zona Eropa, yang membuatnya memenangi tempat di skuad Piala Dunia 2018. Arsenal berniat mendatangkannya untuk menggantikan Cech, yang akan pensiun di akhir musim.

Guardiola Incar Rombongan Pemain Muda Inggris

Pep Guardiola ingin mendongkrak jumlah pemain homegrown di skuad Manchester City. Ia dilaporkan akan mendapat guyuran dana 150 juta pounds (Rp2,7 miliar) untuk memboyong beberapa pemain muda Inggris. Terdapat tiga bintang muda yang diincar Guardiola, yakni gelandang bertahan Declan Rice dari West Ham, bek kanan Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace, dan bek kiri Ben Chilwell dari Leicester.

Martin Demichelis Lawan Perampok yang Sambangi Rumahnya

Eks bek Manchester City dan Bayern Munich, Martin Demichelis, dilaporkan mengadang empat perampok yang menyatroni rumahnya di Marbella, Spanyol. Demichelis, yang kini berusia 38 tahun, menggertak para perampok sementara istri dan tiga anaknya sedang tertidur. Demichelis mengadang mereka, berteriak, dan lantas para perampok ketakutan dan pergi.

Rohit Chand Kembali ke Persija

Persija Jakarta dipastikan merekrut kembali Rohit Chand. Awalnya, Persija tak memperpanjang kontrak pemain asal Nepal tersebut lantaran sang pemain ingin berkompetisi dan Australia. Namun, karena performa Jakhongir Abdumuminov tak memuaskan, manajemen pun memanggil kembali Rohit. Ia akan segera didaftarkan agar bisa memperkuat Macan Kemayoran di Piala AFC.

Penyerang Timnas Pakistan akan Merapat ke Persib

Persib Bandung dikabarkan akan kedatangan pemain timnas Pakistan yang berposisi sebagai striker, Saadullah Khan. Seperti dilansir Bolalob, Khan punya prestas mentereng dengan menjuarai Liga Primer Pakistan tiga kali beruntun bersama Khan Research Laboratories. Ia musim lalu bermain di klub Pakistan lainnya, Sui Southern Gas. Ia direncanakan akan menggantikan peran Joanathan Bauman yang memilih hengkang ke Malaysia.

Exco PSSI Putuskan Gelar KLB

Komite eksekutif PSSI memutuskan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Keputusan tersebut diambil menyusul dinamika persepakbolaan nasional beberapa waktu belakangan. KLB tersebut diagendakan untuk membentuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan. PSSI akan mengutus perwakilan ke FIFA sebelum memutuskan tanggal untuk pemilihan ketua baru.

Silvio Escobar Gantikan Marko Simic di Persija

Persija Jakarta resmi merekrut Silvio Escobar sebagai solusi darurat untuk menggantikan Marko Simic yang sedang tersandung kasus hukum di Australia. CEO Persija Ferry Paulus menyatakan Escobar akan bermain untuk Persija di Piala AFC sebagai pemain asing. Setelah kasus Simic di Australia selesai, proses naturalisasi Escobar diharapkan sudah selesai. Dengan demikian, ia bisa memperkuat Persija di Liga 1 sebagai pemain lokal.

Jokdri Akui Suruh Orang untuk Hancurkan Barang Bukti Pengaturan Pertandingan

Satgas Anti-Mafia Bola menyatakan pemeriksaan terhadap Joko Driyono belum tuntas. Pemeriksaan yang awalnya digelar pada Senin akan kembali dilanjutkan pada Kamis. Meski begitu, Jokdri sudah mengakui bahwa dirinya telah menyuruh orang untuk “mengamankan” laptop dan dokumen lain di bekas kantor PT Liga Indonesia yang telah dipasangi garis polisi.

Pos terkait