Berita Bola Terbaru 30 Maret 2024 – Starting Eleven News

spot_img

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

PIALA ASIA U23: INDONESIA KALAH DARI UZBEKISTAN

Dewi fortuna tidak menaungi Timnas Indonesia U23 kala berhadapan melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 2024. Marselino Ferdinan dan kolega dipaksa mengakui ketangguhan tim Asia tengah dengan skor 0-2 setelah berkali-kali mendapatkan tekanan dari para pemain Uzbekistan. Gol Uzbekistan dicetak oleh Khusyain Norchaev dan bunuh diri Pratama Arhan di babak kedua. Dengan hasil ini, Uzbekistan melenggang ke partai final. Sementara Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke Olimpiade lewat jalur tempat ketiga. 

KOMENTAR SHIN TAE YONG USAI INDONESIA KALAH DI SEMIFINAL

Pelatih Indonesia Shin tae Yong dengan gentle mengakui bahwa Uzbekistan tampil jauh lebih hebat. Shin juga mengungkapkan kondisi anak-anak asuhannya sebelum melakoni pertandingan semifinal tersebut. Menurut dia, para punggawa Garuda Muda U-23 merasa sedikit gugup jelang laga semifinal tadi. Shin juga menyoroti kinerja wasit. “Ada sesuatu yang saya merasa sedikit menyayangkan [keputusan wasit], tapi saya tidak mau menyebutkannya di sini,” kata Shin Tae-yong setelah pertandingan.

KENAPA GOL FERRARI DIANULIR? TERNYATA BEGINI PENJELASANNYA

Indonesia sempat membobol jala Uzbekistan melalui Muhammad Ferrari. Sayang, gol tersebut dianulir oleh VAR karena Ramadhan Sananta lebih dulu berada dalam posisi offside. Berdasarkan Law 11 pada Laws of The Game yang diterbitkan International Football Association Board (IFAB), tepatnya pada poin 11.1, berikut alasan mengapa seorang pemain dinyatakan offside: “Seorang pemain berada dalam posisi offside jika bagian kepala, badan, atau kakinya berada di setengah area lawan (tidak termasuk garis tengah) dan bagian kepala, badan, atau kaki lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan pemain kedua terakhir,”. Jika dilihat dari tayangan ulang VAR secara detail, kaki kanan Sananta memang telah berada dalam posisi offside, meski tipis sekali. Terlihat fifti-fifti.

4 KEPUTUSAN WASIT SHEN YIN HAO RUGIKAN TIMNAS INDONESIA U23

Wasit Shen Yin Hao beberapa kali membuat keputusan yang merugikan Indonesia. Secara keseluruhan, kepemimpinan wasit sangatlah buruk. Tercatat, ada empat keputusan kontroversial wasit asal China tersebut. Pertama, menganulir gol Muhammad Ferrari. Kedua, tak memberi penalti usai Witan Sulaeman dijatuhkan. Ketiga, memberi kartu kuning untuk Shin Tae Yong. Keempat, memberi kartu merah untuk Rizki Ridho. Di luar empat keputusan itu, wasit juga bekerja tidak fair. Contohnya, meniup peluit ketika Indonesia sedang mencoba membangun serangan, dengan dalih ada pemain Uzbekistan yang tergeletak di lapangan.

INDONESIA KALAH, WASIT VAR DICECAR NETIZEN

Banyak reaksi netizen Indonesia yang kesal dengan kepemimpinan wasit asal China, Shen Yinhao. Mereka juga kesal dengan wasit VAR asal Thailand  yang menganulir gol Indonesia. Warga bola tanah air beranggapan wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-Udom sentimentil terhadap Indonesia. Thailand dinilai tak ingin melihat Indonesia tampil di Olimpiade. Namun demikian, netizen tetap bangga dengan Garuda Muda dan masih ada peluang ke Olimpiade Paris 2024.

INDONESIA KALAH, KETUM PSSI BERI MOTIVASI BEGINI

Ketua umum PSSI Erick Thohir mendatangi ruang ganti setelah Indonesia kalah dari Uzbekistan. Erick meminta pemain Rizki Ridho CS tetap semangat untuk mengambil kesempatan terakhir memperoleh tiket otomatis tersisa ke Olimpiade Paris 2024. “Ini [masih] ada gim yang kedua, yang penting, yang memastikan kita juga lolos ke Olimpiade, tempat ketiga! Kita mau menyerah, atau fight back? Ayo, kemon (come on). Masih ada, kemon, ayo!” tegas King Erick.

MOMEN NATHAN TEGUR RAMADHAN SANANTA

Nathan Tjoe-A-On menegur Ramadhan Sananta yang ‘berguling-guling’ saat Timnas Indonesia U-23 bersua Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024. Momen ini terjadi pada tambahan waktu babak pertama ketika Sananta dijatuhkan oleh pemain Uzbekistan. Kemudian gelandang Uzbekistan, Abdurauf Boriyev mencoba membantunya untuk berdiri. Saat Sananta mengulur waktu dan berharap wasit kasih kartu/pelanggaran kepada pemain Uzbekistan, Nathan kasih kode “waktu woy buruan bangun bangun waktu”.

PIALA ASIA U23: JEPANG HAJAR IRAK 2-0

Jepang memastikan langkah ke partai puncak Piala Asia U-23 2024. Samurai Biru lolos setelah menumbangkan Irak dua gol tanpa balas di Jassim bin Hamad Stadium, Selasa (30/4) dini hari WIB. Mao Hosoya membuka skor di menit ke-28. Jepang menggandakan keunggulan di menit ke-42. Kali ini giliran Ryotaro Araki yang mengukir namanya di papan skor. Dengan hasil ini, Jepang akan bertemu Uzbekistan di laga final, Jumat (3/5). Sedangkan Irak akan melawan Indonesia pada Kamis (2/5) dalam laga perebutan tempat ketiga.

LA LIGA: BARCELONA GILAS VALENCIA

Barcelona sukses menyabet kemenangan melawan 10 pemain Valencia. Laga pekan ke-33 La Liga 2023/24 itu tuntas 4-2 di Estadio Olimpic Lluis Companys, Selasa (30/4) dini hari. Barcelona membuka skor lebih dahulu berkat sumbangsih gol Fermin Lopez (22′). Valencia kemudian menyeimbangkan keadaan jadi 1-1 via kontribusi Hugo Duro (27). Tim tamu Valencia sempat berbalik unggul 1-2 lewat gol Pepelu menit ke-38. Setelah itu, Barca mengamuk dengan menggelontorkan tiga gol lagi, yang semuanya diborong oleh Robert Lewandowski di babak kedua.

MO SALAH BERTAHAN DI LIVERPOOL

Mohamed Salah kemungkinan besar akan bertahan di tengah rumor masa depannya. Bahkan The Reds akan memperpanjang kontraknya. Salah rupanya tidak akan mengikuti Klopp yang pergi dari Anfield musim panas nanti. Dikutip Bleacher Report, Salah masih akan jadi bagian dari tim Liverpool musim depan. Setali tiga uang, Liverpool akan memberikan kontrak baru untuk Salah setidaknya selama setahun. Itu artinya Salah bisa tetap membela Liverpool sampai 2026.

THIAGO SILVA PAMIT PERGI DARI CHELSEA

Sebuah pengumuman yang nggak mengenakan untuk fans Chelsea disampaikan oleh Thiago Silva. Bek gaek Chelsea itu memutuskan untuk undur diri dari skuat The Blues di akhir musim nanti. Di laman resmi Chelsea, Silva mengaku senang bisa memperkuat The Blues selama empat tahun terakhir. Namun ia merasa sudah saatnya kebersamaan itu berakhir. Empat tahun karirnya bersama Chelsea, Silva merasa bersyukur. Ia berharap bisa menjadi bagian dari The Blues lagi di masa depan.

LEICESTER CITY JUARA DIVISI CHAMPIONSHIP

Leicester City berhasil kembali naik ke Liga Premier Inggris dengan langkah yang gemilang, usai meraih kemenangan besar yang dipimpin oleh Jamie Vardy di kandang Preston pada Selasa (30/4) dini hari WIB. The Foxes menang 3-0 atas Preston. Leicester telah dipastikan promosi sebagai juara Championship setelah kemenangan tersebut, dengan menyisakan satu laga lagi musim ini.

HARRY KANE KEJAR REKOR ROBERT LEWANDOWSKI

Koleksi total gol Harry Kane musim ini mencapai angka mencengangkan yakni 42 gol di semua kompetisi. Namun, prestasi tersebut tidak hanya menjadi pencapaian individu belaka. Kane, dengan ambisi yang menyala, kini membidik rekor sejawatnya yang legendaris, Robert Lewandowski. Kane berambisi, untuk mematahkan sebuah rekor yang dipegang oleh Lewandowski dengan angka fantastis 41 gol dalam satu musim Bundesliga. FYI, saat ini Kane baru mengemas 35 gol di Bundesliga. 

HEAD TO HEAD BAYERN VS REAL MADRID

Bayern Munchen akan menjamu Real Madrid di leg pertama semifinal Liga Champions 2023/24. Pertandingan Bayern vs Madrid ini akan kick off Rabu, 1 Mei 2024, jam 02:00 WIB. Secara head to head, Real Madrid lebih dominan atas Bayern dalam lima pertemuan mereka terakhir. El Real meraih empat kemenangan, sedangkan sisa laga berakhir imbang. Meski begitu, Madrid selalu gagal clean sheet dalam 4 laga terakhir vs Bayern di Liga Champions.

MOMEN BEN WHITE MAU LEPAS SARUNG TANGAN VICARIO

Ada keisengan yang dilakukan bek Arsenal Ben White terhadap kiper Tottenham Hotspur Guglielmo Vicario. Ben White melakukan hal itu sebelum Arsenal mencetak gol pembuka di babak pertama dalam laga akhir pekan kemarin. Sebelum gol Bukayo Saka, Guglielmo Vicario kesulitan mengontrol area gawangnya dan malah tambah terganggu oleh kelakuan Ben White. Ben White di belakangnya berusaha melonggarkan sarung tangan yang dipakai sang kiper. Gangguan itu nyaris saja membikin kiper Italia itu kebobolan.

AC MILAN AMANKAN TIKET UCL MUSIM DEPAN

Inter Milan dan AC Milan secara matematis lolos ke Liga Champions pada 2024/25, namun persaingan untuk tiga tempat lainnya semakin ketat dari sebelumnya. Meskipun bermain imbang 0-0 dengan Juventus pada hari Sabtu, hasil tersebut cukup untuk membuat Milan lolos ke Liga Champions, karena Bologna dan Roma masing-masing ditahan imbang oleh Udinese dan Napoli.

AC MILAN DAPAT RESTU UNTUK JADIKAN JULEN LOPETEGUI PELATIH BARU

Nasib Stefano Pioli sudah di fase kegentingan. Apalagi dalam beberapa hari terakhir AC Milan sudah dikaitkan dengan Julen Lopetegui. Isu ini bahkan sampai ke telinga mantan petinggi Sevilla, Luis Monchi. Sebagai informasi, Monchi pernah bekerja sama dengan Lopetegui di Sevilla. Mereka pun sukses dengan membawa klub juara Liga Europa. Berbekal pengalaman tersebut Monchi yakin entrenador asal Spanyol ideal untuk AC Milan.

TEN HAG: MU SALAH SATU TIM PALING MENGHIBUR

Manchester United kembali kepayahan melawan tim zona degradasi. Meski begitu, Erik ten Hag percaya timnya salah satu yang paling dinamis dan menghibur. Ten Hag melihat secara permainan, timnya salah satu yang paling menarik di Liga Inggris saat ini. Akan tetapi ada persoalan fokus dan pengambilan keputusan yang perlu dibenahi. “Kami adalah salah satu tim paling dinamis dan menghibur di liga pada saat ini,” ujar Ten Hag.

MU NGEBET DAPATKAN BEK ANDALAN BARCELONA

Manchester United sedang mengincar Ronald Araujo. Masa depan Araujo memang tengah menjadi perbincangan di berbagai media Spanyol. Hal itu dikarenakan ada perbedaan pendapat di dalam tubuh dewan Barcelona soal masa depan sang bek. Ada beberapa orang yang ingin menjual Araujo demi bisa mendapatkan dana segar untuk klub. Di sisi lain, ada yang lebih mengutamakan masa depan skuad Blaugrana dengan menjadikan Araujo sebagai salah satu pemain andalan mereka. Untuk menebus Araujo, MU sendiri sudah menyiapkan dana sebesar 90 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun.

XAVI HERNANDEZ BEBER ALASAN BERTAHAN DI BARCELONA

Xavi Hernandez mengungkap alasannya tetap bertahan di Barcelona. Padahal beberapa waktu lalu, dia telah mengumumkan bakal hengkang dari Camp Nou begitu musim berakhir. Diakui oleh Xavi, perubahan keputusannya ini karena faktor kondisi yang berkembang di internal Barcelona. Dia merasa keadaan sudah berubah sehingga melanjutkan masa kerjanya adalah pilihan tepat. Xavi mengatakan proyeknya di Barcelona belum selesai. Dia masih memiliki rencana yang diyakini ketika memperpanjang kontrak akan bisa dilanjutkan.

MIKEL ARTETA MINTA ARSENAL TIDAK TERLENA

Mikel Arteta mengatakan bahwa Arsenal tidak boleh terlena dengan peluang mereka untuk meraih gelar juara Premier League setelah mengalahkan Tottenham. Dengan kemenangan ini, tim asuhan Arteta tetap berada di depan sang juara bertahan Manchester City, yang secara bersamaan juga meraih kemenangan 2-0 atas Nottingham Forest. Selanjutnya Arsenal kembali beraksi pada hari Sabtu, saat mereka menjamu Bournemouth pada laga lanjutan Premier League.

BOURNEMOUTH PECAHKAN REKOR POIN TERTINGGI DALAM SEJARAH KLUB

Bournemouth mengalahkan Brighton and Hove Albion dengan skor 3-0 untuk mencapai total poin tertinggi mereka di divisi teratas Inggris. Kemenangan ini membuat The Cherries mengumpulkan 48 poin – dua poin lebih banyak dari perolehan poin terbaik mereka sebelumnya di musim 2016/17. Sementara itu, Brighton tetap berada di urutan ke-12 dan kini hanya memenangkan enam dari 28 pertandingan liga terakhir mereka.

ALASAN ANTONY BERSELEBRASI DENGAN BONEKA SONIC

Antony menjelaskan mengapa dia merayakan gol pertamanya di Liga Primer musim ini untuk Manchester United dengan boneka Sonic the Hedgehog. Pesepakbola berusia 24 tahun itu mengungkapkan bahwa perayaan tersebut didedikasikan kepada putranya yang masih kecil, yang menyukai kartun Sonic. Antony juga ingin menunjukkan rasa cintanya kepada putrinya yang belum lahir dan istrinya yang sedang hamil dan melakukannya dengan meletakkan bola di balik jersey.

ARTETA LEWATI TOREHAN ARSENE WENGER

Mikel Arteta memimpin Arsenal saat menenggelamkan Tottenham 3-2 di Stadion Tottenham Hotspur pada Minggu (28/4) malam WIB. Dengan hasil itu Mikel Arteta berarti telah genap meraup 100 kemenangan di kompetisi ini sejak menukangi Arsenal pada akhir 2019. Manajer Spanyol itu mencapainya dalam 169 pertandingan, lebih cepat ketimbang Arsene Wenger. Manajer legendaris Arsenal asal Prancis itu sendiri baru mencapai 100 kemenangan saat melakoni 179 pertandingan.

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru