Berita Bola Terbaru 1 Mei 2024 – Starting Eleven News

spot_img

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

WASIT VAR KONTROVERSIAL PIMPIN INDONESIA VS IRAK

Laga Indonesia vs Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 akan dipimpin wasit Majid Mohammed Al Shamrani yang akan dibantu sederet official. Al Shamrani akan ditemani dua asisten wasit yang juga berasal dari Arab Saudi yakni Hesham Mohammed Alrefaei selaku asisten wasit 1 dan Omar Ali Aljamal sebagai asisten wasit 2. Sementara, di ruangan VAR, wasit licik asal Thailand, Sivakorn Pu-udom resmi ditunjuk AFC untuk kembali bertugas di laga Indonesia vs Irak.

PSSI LAPORKAN WASIT SHEN YINHAO KE AFC

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengatakan pihaknya telah melaporkan wasit Shen Yinhao asal China ke AFC. PSSI merasa kepemimpinan Shen Yin Hao merugikan Timnas Indonesia U-23 ketika kalah 0-2 dari Timnas Uzbekistan U-23 di semifinal. Arya menjelaskan bahwa Ketua PSSI, Erick Thohir, meminta untuk mengajukan protes terkait kinerja Shen Yin Hao dan hanya memiliki waktu dua jam setelah full-time.

DIBANTU AFC, JUSTIN HUBNER BISA MAIN DI LAGA VS IRAK

Justin Hubner diragukan tampil di laga lawan Irak, mengingat sempat masing-masing terkena satu kuning di laga kontra Yordania U-23 dan Uzbekistan U-23. Menurut aturan, pemain yang mengantongi dua kartu kuning harus absen di laga selanjutnya demi menjalani sanksi akumulasi kartu. Namun, Justin tidak perlu menjalani skorsing karena dibantu regulasi AFC. Berdasarkan Pasal 54.1.3 regulasi kompetisi Piala Asia U-23 2024, pemain-pemain yang mentas di semifinal akan dihapuskan jumlah kartu kuning yang telah dimiliki di laga-laga sebelumnya.

Peraturan ini berlaku bagi pemain yang hanya mengantongi satu kartu kuning, bukan dua kartu kuning seperti Rafael Struick yang terpaksa menepi di laga Indonesia vs Uzbekistan. Berhubung Justin mengantongi satu kartu kuning di laga Indonesia vs Yordania, ia tiba di semifinal Piala Asia U-23 2024 dengan status nol kartu kuning.  Karena itu, Justin saat ini baru mengoleksi satu kartu kuning dan bisa tampil lawan Irak.

IRAK KEHILANGAN 1 PEMAIN, KEUNTUNGAN BUAT INDONESIA

Irak bakal kehilangan jasa sang gelandang yang juga bisa main sebagai penyerang, Salem Ahmed, saat bertempur lawan timnas Indonesia. Pasalnya, Salem Ahmed menderita cedera ketika membela Irak melawan Jepang dalam semifinal Piala Asia U23 2024. Ahmed sendiri telah bermain tiga laga bersama Irak di Piala Asia U23, menorehkan dua start dan turun selama 105 menit. Namun, dirinya belum mencatatkan satu pun gol atau assist.

KANS INDONESIA VS ARGENTINA DI OLIMPIADE PARIS 2024

Timnas Indonesia U-23 masih punya peluang tampil di Olimpiade Paris 2024 otomatis, jika raih peringkat ketiga terbaik alias bisa mengalahkan Irak besok. Plot untuk peringkat ketiga terbaik dari Piala Asia U-23 adalah menempati Grup B Olimpiade Paris 2024. Grup itu sudah ditempati Argentina, Maroko, dan Ukraina. Skema lainnya, jika Timnas Indonesia U-23 kalah dari Irak di perebutan tempat ketiga, maka lanjut ke babak playoff hadapi wakil Afrika yakni Guinea. Pemenangnya akan lolos ke Olimpiade. 

MAARTEN PAES RESMI JADI WNI

Maarten Paes telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Kiper yang main di FC Dallas  resmi menyandang status WNI, Selasa (30/4/2024). Dia diambil sumpahnya di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta dan dipimpin Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya. Paes adalah kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Paes sangat bangga dan merasa ini menjadi momen besar.

PSSI: NATURALISASI CALVIN VERDONK DAN JENS RAVEN SEDANG DIPROSES

PSSI belum berhenti memburu para pemain diaspora agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Setelah mengamankan tanda tangan Maarten Paes, kini fokus dialihkan ke dua nama lainnya, yakni Calvin Verdonk dari NEC Nijmegen dan Jens Raven yang bermain di klub Dordrecht U-21. Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. “Hari ini (Selasa) Maarten Paes sudah resmi jadi WNI, sementara Verdonk dan Jens Raven juga dalam proses naturalisasi,” ujarnya. 

UCL: REAL MADRID DAN BAYERN BERBAGI POIN

Bayern Munchen dan Real Madrid bermain seri 2-2 dalam leg pertama semifinal Liga Champions 2023/24 di Allianz Arena, Rabu (1/5) dini hari WIB. Real Madrid  memimpin 1-0 atas Bayern seusai Vinicius Junior mengemas gol pada menit ke-24. Selanjutnya, di babak kedua, Bayern berhasil berbalik unggul lewat gol Leroy Sane dan penalti Harry Kane. Madrid lalu sukses menyamakan skor menjadi 2-2 berkat penalti dari Vinicius Jr di menit ke-84. Pekan depan giliran Madrid akan yang bertindak sebagai tuan rumah.

ALASAN ANCELOTTI KRITIK DAN MENGELUARKAN BELLINGHAM

Carlo Ancelotti menjelaskan mengapa Jude Bellingham tidak bisa menyelesaikan leg pertama semifinal Liga Champions di kandang Bayern Munchen. Bellingham hanya tampil 75 menit lawan Die Roten. Dalam konferensi pers pasca laga, Ancelotti mengatakan: “Jude Bellingham tidak berada pada level terbaiknya malam ini, tapi hal yang sama terjadi pada seluruh tim. Bellingham mengalami kram setelah 60 menit, jadi saya harus menggantinya.”

MEMBER BARU GENG ELITE CR7 BERNAMA VINI JR

Vinicius Jr mengemas brace kontra Bayern Munchen. Ukiran brace Vini Jr ke gawang Bayern membuatnya sukses membuka pintu prestasi, bergabung dengan geng elite Cristiano Ronaldo. Dilaporkan Goal, Vini Jr sebelumnya telah mencetak gol melawan Manchester City di semifinal Liga Champions dua musim beruntun (2021/2022 dan 2022/2023). Vini mencantumkan dirinya dalam daftar elite berisi para pemain yang sanggup mencetak gol di semifinal tiga tahun beruntun. Sebelum Vini, hanya Ronaldo, Kevin de Bruyne (Man City), dan Jari Litmanen (Ajax) yang bisa melakukannya.

LAWAN PSG, DORTMUND KEMBALI BISA DIPERKUAT 2 PEMAIN INTI

Borussia Dortmund bertemu Paris Saint-Germain untuk ketiga kalinya di Liga Champions musim ini dan dapat menyambut kembalinya bintang-bintang kunci. Gelandang Dortmund Marcel Sabitzer dan penyerang Donyell Malen kemungkinan akan fit untuk laga leg pertama semifinal lawan PSG, kata pelatih Edin Terzic pada Selasa. Dortmund juga akan mendapatkan kembali Emre Can dan Ian Maatsen dari skorsing.

COURTOIS TAK BISA BELA TIMNAS BELGIA DI EURO 2024

Pelatih timnas Belgia, Domenico Tedesco, telah membenarkan bahwa kiper Thibaut Courtois tidak akan main dalam Euro 2024. Courtois telah absen dari pertandingan klubnya, Real Madrid, sepanjang musim 2023/24 karena cedera ligamen lutut. Pada Maret 2024 lalu, masalah lanjutan pada lututnya memaksa sang kiper menjalani operasi tambahan. Tedesco menyatakan kepada media Jerman,”Saya tidak ingin membuat penilaian terhadap masa lalu. Semuanya telah dijelaskan.”

LEGENDA BRASIL JUAL SAHAM DI CRUZEIRO DAN VALLADOLID

Legenda Brasil, Ronaldo Nazário, mengambil keputusan besar untuk menjual sahamnya di dua klub sepak bola yang sangat ia kenal dan dipercayai, Cruzeiro di Brasil dan Real Valladolid di Spanyol. Dalam konferensi pers setelah penjualan sahamnya, Ronaldo menegaskan bahwa tujuannya selalu untuk membawa kedua klub tersebut ke tingkat yang lebih baik. Keputusan untuk menjual sahamnya di kedua klub, Cruzeiro dan Real Valladolid, menandai akhir dari babak kepemilikan Il Fenomena dalam kedua klub tersebut.

ZAMBIA TERANCAM GAGAL KE OLIMPIADE GEGARA PENCUCIAN UANG

Dikutip Goal, Tim sepak bola wanita Zambia terancam gagal lolos ke Olimpiade Paris musim panas ini, setelah FIFA mencium dugaan kasus pencucian uang yang dilakukan presiden asosiasi sepak bola negara tersebut, serta pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga. Presiden Asosiasi Sepak Bola Zambia (FAZ), Andrew Kamanga, pekan lalu didakwa memperoleh dana pemerintah dengan alasan palsu, serta menjadi bagian dari konspirasi penipuan. Reuben Kamanga, sekretaris jenderal FAZ, dan staf pendukung Madalitso Kamanga dan Jairous Siame juga telah didakwa.

UPDATE KONDISI CEDERA SCOTT MCTOMINAY

Scott McTominay telah mengecilkan kekhawatiran dia bisa melewatkan Piala Eropa musim panas ini bersama Skotlandia. Gelandang Manchester United itu mengalami cedera lutut saat bermain imbang 1-1 dengan Burnley. McTominay berkata di Instagram, “Saya terpeleset & terjatuh dengan posisi lutut yang canggung seperti saat melawan Chelsea. Tidak ada yang serius hanya hiperekstensi tetapi saya marah dan kesal karena saya pikir itu lebih buruk dari sebelumnya.”

LUKAKU BERUSAHA PULIH AGAR BISA BELA AS ROMA

Romelu Lukaku menjalani sesi latihan tambahan di hari liburnya, berharap cukup fit untuk menjadi starter bagi Roma melawan Bayer Leverkusen. Leg pertama semifinal Liga Europa akan digelar di Stadio Olimpico pada hari Kamis. Seperti diketahui, Lukaku mengalami cedera paha kanan saat leg kedua perempat final Liga Europa melawan Milan dan tidak lagi bermain sejak saat itu. Pelatih Daniele De Rossi mengaku optimistis Lukaku bisa cukup fit untuk kembali pekan ini.

MESSI DAN SUAREZ SAMAI REKOR BECKHAM DAN DONOVAN

Duo bintang Inter Miami Lionel Messi dan Luis Suarez telah menyamai rekor lama yang dipegang oleh mantan bintang LA Galaxy Landon Donovan dan David Beckham. Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik MLS Matchday atas penampilannya di akhir pekan. Ini adalah kedua kalinya Messi meraih penghargaan tersebut pada musim ini. Dengan kombinasi La Pulga dan Suarez yang menghasilkan empat penghargaan melalui 11 laga musim ini, menyamai total yang diraih Donovan dan Beckham pada tahun 2008.

MILAN DAN WEST HAM BEREBUT PAULO FONSECA

Milan dan West Ham terus dikaitkan dengan pelatih yang sama di bursa transfer, karena setelah Julen Lopetegui, keduanya sama-sama tertarik pada Paulo Fonseca. Fonseca saat ini berada di klub Prancis Lille dan akan berstatus bebas transfer ketika kontraknya berakhir pada 30 Juni. Juru taktik asal Portugal berusia 51 tahun itu sudah memiliki pengalaman di Serie A bersama Roma pada 2019 hingga 2021. Selain kedua klub tersebut, Fonseca juga kabarnya sedang dilirik Marseille.

MU INGIN PERTAHANKAN RASHFORD

Menurut ESPN, Manchester United hanya bersedia melepas penyerang Marcus Rashford musim panas ini jika dia meminta pergi. Dilaporkan bahwa meski petinggi Old Trafford lebih memilih untuk mempertahankan pemain berusia 26 tahun itu, mereka siap menerima tawaran besar untuk jasanya. Laporan terbaru menunjukkan bahwa Paris Saint-Germain telah mendinginkan minat mereka setelah sebelumnya dikaitkan dengan pemain internasional Inggris tersebut.

DIINCAR BARCELONA, KIMMICH NGEBET BAYERN MUNCHEN DUDUK BERSAMA

Dilansir football espana, ada kabar mengejutkan bahwa Joshua Kimmich siap untuk membuka pembicaraan dengan Bayern Munchen mengenai masa depannya, di tengah spekulasi yang mengaitkannya dengan Barcelona. Sementara itu menurut laporan SPORT, pada akhir pekan lalu bahwa Bayern terbuka untuk menjual Kimmich ke Blaugrana asalkan salah satu bintang Barca, Ronald Araujo atau Frenkie de Jong dapat dimasukkan dalam kesepakatan pertukaran pemain.

RENCANA BARCELONA MENJUAL LEWANDOWSKI TERANCAM GAGAL

Barcelona mungkin harus mencari tempat lain jika ingin mengumpulkan dana musim panas ini. Pasalnya, Robert Lewandowski, yang rencananya mau dijual Barca karena memiliki gaji yang tinggi, dilaporkan ingin tetap bersama tim La Liga tersebut. Kontraknya saat ini berlaku hingga 2026 dan Lewandowski ingin memperpanjang sisa masa jabatannya, sekaligus bertindak sebagai mentor bagi para pemain muda. Dia juga memiliki ambisi untuk memenangkan trofi lebih lanjut bersama klub.

ALASAN AC MILAN PILIH SUKSESOR LUIS MILLA DARIPADA CONTE

AC Milan sudah menetapkan nilai gaji untuk Julen Lopetegui di tengah derasnya protes dari suporter. Nama Conte hingga De Zerbi lebih disukai daripada mantan suksesor Luis Milla tersebut. Terakhir, Lopetegui hanya melatih klub papan tengah Liga Inggris, Wolverhampton, pada 2023. Ia membawa Wolves finis di peringkat ke-13 musim tersebut. Lopetegui sedang menganggur alias tak terikat klub mana pun. Alasan itulah yang membuat petinggi Milan mengedepankan Lopetegui daripada kandidat lain di tengah keraguan dari suporter.

PENGAMAT NILAI WASIT AFC KEMBALI RUGIKAN TIMNAS INDONESIA

Pengamat sepak bola Akmal Marhali menyebut wasit AFC kembali merugikan Timnas Indonesia U-23, setelah Garuda Muda takluk 0-2 dari Uzbekistan. Saat melawan Uzbekistan, wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu Udom melakukan dua hal yang merugikan Garuda Muda. Pertama, saat terdapat potensi penalti untuk pelanggaran terhadap Witan, yang justru berbuah dibatalkannya tendangan bebas. Kedua, Indonesia U-23 kembali dirugikan saat gol Ferarri tidak disahkan wasit, sebab dari tayangan VAR terlihat Sananta berada dalam posisi offside yang tipis dari sudut tertentu.

BEGIN RESPONS JUSTIN HUBNER SOAL KEPEMIMPINAN WASIT SHIN YIN HAO

Bek Timnas Indonesia U-23 Justin Hubner mengakui timnya memang pantas kalah karena tampil buruk. Tapi, dia juga kesal dengan kepemimpinan wasit yang bertugas di Indonesia vs Uzbekistan. “Kami memang tampil buruk sekali, tapi orang ini…,” ujar Hubner sambil mengunggah foto wasit di Instagram Stories. Kekalahan Indonesia ini menggagalkan impian mereka melaju ke Olimpiade 2024 lebih cepat, karena harus melakoni laga perebutan tempat ketiga atau playoff kontra Guinea.

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru