Berita Bola Terbaru 17 Januari 2024 – Starting Eleven News

spot_img

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

SERIE A: JUVENTUS HAJAR SASSUOLO

Juventus meraih poin penuh saat menjamu Sassuolo dalam lanjutan Liga Italia. Bianconeri menang 3-0 dalam laga yang digelar di Allianz Stadium, Rabu dini hari tadi. Juventus menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 lewat dwigol Dusan Vlahovic. Pada babak kedua, Juve menambah satu gol lagi lewat Federico Chiesa. Kemenangan ini membuat Juve terus menempel Inter Milan di papan atas klasemen Liga Italia.

HASIL PIALA ASIA

Timnas Thailand berhasil mengalahkan Kirgistan di grup F Piala Asia 2023, Selasa (16/01) malam WIB. Gol tim Gajah Perang dipersembahkan oleh Supachai Chaided. Striker bernomor 9 ini mengemas brace di laga ini, di babak pertama dan kedua. Pada pertandingan lainnya, Arab Saudi memetik kemenangan 2-1 atas Oman. Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol penalti, Arab Saudi berhasil membalikkan keadaan di babak kedua melalui gol Abdulrahman Ghareeb dan Ali Al Bulayhi.

MOURINHO RESMI DIPECAT, ROMA REKRUT DE ROSSI

AS Roma mengumumkan pemecatan Jose Mourinho, Selasa (16/1), menyusul hasil buruk tim berjuluk I Giallorossi tersebut. Mourinho tampak sangat emosional dan terlihat air di matanya ketika meninggalkan markas Roma setelah resmi dipecat AS Roma. Tak lama kemudian, AS Roma resmi mengumumkan penunjukkan Daniele De Rossi sebagai pelatih baru. Eks gelandang Roma itu disodori kontrak jangka pendek sekitar enam bulan hingga 30 Juni mendatang.

FANS CHELSEA INGIN MOURINHO GANTIKAN POCHETTINO

Jose Mourinho akhirnya didepak oleh AS Roma setelah tiga tahun mengelola raksasa Serie A itu. Pemecatan Mourinho menimbulkan kontroversi untuk fans Chelsea lantaran menjadi pro dan kontra berharap Mou mau balik ke Stamford Bridge. Sebagian fans Chelsea yakin The Blues akan tertolong jika Mauricio Pochettino digantikan oleh Mourinho. Namun, sebagian lainnya beranggapan pelatih asal Portugal itu tidak cocok dengan skuad yang sekarang.

HENRY LEDEK TOTTENHAM DI PANGGUNG THE BEST FIFA 2023

Thierry Henry menjadi pembawa acara di gala penghargaan The Best FIFA Football Awards 2023. Ia ditemani broadcaster asal Inggris, Reshmin Chowdhury. Legenda Arsenal itu meledek Tottenham Hotspur soal trofi. Sang legenda Arsenal yang membawakan trofi untuk Messi kemudian menawarkannya kepada sesama pembawa acara, yang juga penggemar Spurs, Reshmin Chowdhury, sambil mengatakan, “Anda tidak memenangkan banyak trofi”.

LIVERPOOL SIAPKAN RP 593 M UNTUK REKRUT MBAPPE

Liverpool akan menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan Kylian Mbappe. Liverpool siap menyetujui penandatanganan dengan biaya sekitar 30 juta poundsterling (Rp 593 Miliar) tetapi gajinya akan diturunkan. Mbappe sendiri santer disebut bakal cabut dari PSG pada musim panas 2024 nanti. Sebab kontraknya akan berakhir pada Juni nanti. Mbappe juga tak sudi memperpanjang kontraknya di Parc des Princes. Kini ia sudah bisa menggelar negosiasi pra kontrak dengan klub lain.

KYLIAN MBAPPE CABUT, PSG BAKAL REKRUT RASHFORD?

Pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano membocorkan rencana PSG jika mereka gagal mempertahankan Kylian Mbappe. Ia menyebut PSG mempertimbangkan untuk memboyong Marcus Rashford sebagai penggantinya. Namun Romano menekankan bahwa untuk saat ini PSG belum bergerak untuk mendapatkan jasa Rashford. Fokus mereka saat ini adalah mempertahankan Mbappe. Mereka sedang mengupayakan agar sang penyerang bertahan di akhir musim nanti.

KASUS MAN CITY LELET BANGET, INI PENJELASAN PREMIER LEAGUE

Everton menatap hukuman kedua, Nottingham Forest menantikan sanksinya, tapi perkembangan kasus Manchester City belum juga jelas. City sudah didakwa atas 115 pelanggaran selama 14 musim sejak 2009. Ancaman sanksi untuk City bisa sampai degradasi. CEO Premier League Richard Masters mengatakan, “Tapi skala dan tipe dakwaan yang ditetapkan ke Man City, yang jelas saya tak bisa bicarakan, sedang diperdengarkan di lingkungan yang benar-benar berbeda. Sudah ada tanggal yang ditetapkan untuk persidangannya, sayangnya saya tak bisa memberi tahu kapan, tapi prosesnya berjalan kok.”

BOS PGMOL AKUI LIVERPOOL HARUSNYA DAPAT PENALTI KONTRA ARSENAL

Bos PGMOL, Howard Webb, mengutarakan bahwa Liverpool seharusnya mendapat penalti kontra Arsenal pada Liga Inggris yang berakhir 1-1 pada 23 Desember 2023. Momen tersebut datang ketika tangan Martin Odegaard mengenai bola pada babak pertama laga di Anfield tersebut. Wasit di lapangan Chris Kavanagh tidak memberi penalti dan VAR David Coote tak memberi rekomendasi kepada sang wasit untuk melihat insiden tersebut di monitor pinggir lapangan.

MU MINAT PINJAM KARIM BENZEMA

Manchester United ngebet pinjam Karim Benzema, setelah eks bomber Madrid itu punya masalah di Al-Ittihad. Di bursa transfer musim dingin ini, United memang dilaporkan sedang mencari striker baru. Di paruh pertama musim 2023/24, produktivitas gol Setan Merah cukup rendah sehingga mereka merasa perlu menambah armada di lini serang mereka. Sudah ada beberapa striker yang dikaitkan dengan MU. Namun, nama Karim Benzema intens dikaitkan dengan MU dalam beberapa hari terakhir.

ALASAN MESSI TAK MENGHADIRI PENGHARGAAN PEMAIN TERBAIK FIFA 2023

Lionel Messi absen ketika dirinya mendapatkan gelar Pemain Pria Terbaik versi FIFA. Jurnalis Spanyol, Guillem Balague, melaporkan bahwa Messi lebih memilih untuk tetap di Amerika Serikat dan berlatih bersama Inter Miami. Pemain berusia 36 tahun itu membuat keputusan untuk tidak melakukan perjalanan jarak jauh yang harus ditempuh dalam perjalanan ke London, karena akan mengakibatkan hampir satu pekan latihan pramusim terlewatkan.

SON KALAHKAN CR7 UNTUK PENGHARGAAN PESEPAKBOLA TERBAIK DI ASIA

Son Heung Min mengalahkan Ronaldo dalam penghargaan Pesepakbola Terbaik di Asia untuk tahun 2023. Son meraih penghargaan ini untuk tahun ketujuh berturut-turut. Bintang Tottenham Hotspurs ini memperoleh 22,9 persen suara, mengungguli sesama pemain timnas Korea Selatan Kim Min-Jae dari Bayern Munchen (19,54 persen) dan Cristiano Ronaldo dari Al-Nassr (17,06 persen).

MARSELINO SEJAJARKAN DIRI DENGAN SON HEUNG MIN

Dilansir akun X Football Talent Scout, Marselino Ferdinand masuk jajaran pemain termuda yang mampu mencetak gol di Piala Asia. Dia berada di urutan keempat, di bawah Son Heung Min, Mohanad Ali, dan Magid Mohamed Hassan. Usia Marselino baru 19 tahun, 4 bulan, dan enam hari ketika menjebol jala Irak. Pencapaiannya memang masih kalah dari Son yang menorehkan gol di Piala Asia pada usia 18 tahun, enam bulan, dan 10 hari. Akan tetapi, lewat catatan ini, Marselino mensejajarkan dirinya dengan Son.

JIMMY NAPITUPULU SEBUT GOL KEDUA IRAK TIDAK OFFSIDE

Eks wasit Liga Indonesia, Jimmy Napitupulu, menilai keputusan wasit Tantashev Ilgiz yang mengesahkan gol kedua Irak ke gawang Indonesia sudah tepat. Dilansir Tempo, Jimmy menjelaskan ada dua hal yang mungkin menjadi dasar wasit tidak menganulir gol tersebut. Pertama, dia mengatakan bahwa gol kedua Irak berada dalam rangkaian kejadian yang berbeda dengan pelanggaran offside sebelumnya. Hal ini karena bola sempat dihalau oleh pemain Indonesia sebelum akhirnya direbut lagi. Menurut aturan VAR, kata Jimmy, permainan akan diulang lagi dari awal sehingga peristiwa sebelumnya tidak dihitung sebagai sebuah kesatuan. Jimmy menambahkan mengenai kemungkinan kejadian kedua. Sang wasit beserta jajarannya melihat bahwa Osama Rashid yang melakukan sliding tidak mengenai bola, sehingga secara teknis umpan dikirim oleh Ali Adnan dan sebelum bola dikirim Mohanad Ali masih berada dalam posisi onside.

PRATAMA ARHAN RESMI GABUNG SUWON FC

Full back kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, resmi join Suwon FC, salah satu peserta Liga 1 Korea Selatan 2024. Kabar itu diumumkan Suwon FC di akun Instagram mereka. Sejauh ini belum diketahui berapa lama kontrak yang diterima Arhan. Satu hal yang pasti, pemain asal Blora ini didatangkan Suwon FC secara gratis. Kepindahan Arhan ke Suwon FC sebenarnya tidak mengagetkan. Sejak beberapa bulan terakhir, rumor itu berhembus kencang.

TUCHEL YAKIN KANE BAKAL PECAHKAN REKOR GOL LEWANDOWSKI

Harry Kane terus tampil mempesona di klub barunya, Bayern Munchen. 22 gol hanya dari 16 laga di Bundesliga musim ini sudah dibuatnya. Kane kini juga mengejar rekor gol Robert Lewandowski sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga. Lewandowski memegang rekor tersebut usai bikin total 41 gol di musim 2020/21. Pelatih Bayern, Thomas Tuchel yakin Kane mampu memecah rekor gol Bundesliga yang dipegang Lewandowski jika terus fit. Hal ini tak lepas karena Kane mampu terus menunjukkan permainan di level tertinggi.

FLORENTINO PEREZ PRESIDEN REAL MADRID TERSUKSES SEPANJANG MASA

Real Madrid baru saja meraih trofi Piala Super Spanyol. Florentino Perez pun resmi menyandang status presiden tersukses dalam sejarah Los Blancos. Ini menjadi gelar ke-33 Real Madrid selama dipimpin Florentino Perez. Pengusaha 76 tahun itu sudah menjabat presiden klub dua kali pada 2000-2006 dan 2009-sekarang. Torehan trofi yang didapat Perez melampaui Santiago Bernabeu yang punya 32 titel selama menjadi presiden Los Blancos.

EMPOLI PECAT PELATIH KEDUA PADA MUSIM INI

Klub papan bawah Serie A Empoli, Senin (15/1), memecat pelatih Aurelio Andreazzoli, yang baru bertugas selama 4 bulan. Dua asisten pelatih Andreazzoli juga dipecat. Sang pelatih dipecat karena kinerjanya yang tidak bagus. Sebagai gantinya, Empoli telah menunjuk Davide Nicola sebagai pelatih baru. Pelatih 50 tahun itu dikontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan satu musim. Sebelum Andreazzoli, Empoli pada September silam telah memecat Paolo Zanetti.

GALATASARAY INCAR KAMADA DARI LAZIO

Menurut laporan baru-baru ini, raksasa Turki Galatasaray tertarik pada penyerang Lazio Daichi Kamada. Ketertarikan Galatasaray terhadap Kamada cukup serius sehingga mempertimbangkan untuk mengajukan tawaran pada bulan Januari. Akan tetapi, niatan Lazio adalah mempertahankan Kamada setidaknya hingga akhir musim dan kabarnya telah mengadakan pertemuan dengan sang pemain dan rombongan yang dijadwalkan pada bulan Juni, di mana mereka akan membahas apakah mereka akan memperpanjang kontrak atau tidak.

NAPOLI PANASKAN PERBURUAN POPOVIC

Remaja Serbia Matija Popovic sedang diperebutkan banyak klub Eropa. Sejumlah klub di Eropa termasuk Manchester City dan Bayern Munich tertarik untuk merekrut Popovic, yang tahun lalu bersinar di Kejuaraan Eropa U-17. Seperti laporan Gianluca Di Marzio, Napoli kini telah memutuskan untuk ikut dalam perburuan Popovic, ingin mengalahkan klub seperti Bayern dan klub lainnya untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain.

SIR JIM RATCLIFFE TARGETKAN 4 PEMAIN BESAR DATANG KE MU

Sir Jim Ratcliffe dilaporkan sedang membidik empat rekrutan besar untuk membantu mengubah tim Manchester United di musim panas mendatang. Menurut Dailymail, Ratcliffe telah mengidentifikasi No 9 baru sebagai ‘prioritas’ yang akan didatangkan, serta posisi gelandang tengah, bek tengah, dan bek kanan. Untuk striker, MU mencari striker yang bertipikal seperti Harry Kane. Setan Merah juga mengincar pemain posisi bek tengah, Jarrad Branthwaite dari Everton dan Jean Clair Todibo dari OGC Nice. Gelandang Crystal Palace Michael Olise juga dilirik MU.

JESSE LINGARD GABUNG KLUB MLS?

Jesse Lingard telah berstatus bebas transfer sejak Juni 2023 setelah Nottingham Forest melepaskannya, tetapi sekarang bisa berangkat ke AS karena agen barunya bersiap menawarkannya ke klub MLS, Portland Timbers, yang dikelola oleh Phil Neville. Pemain 31 tahun itu berharap bisa segera pindah ke klub MLS sesegera mungkin sehingga ia bisa memulai awal baru di Amerika. Tim asuhan Neville akan memulai musim baru mereka pada 25 Februari melawan Colorado Rapids.

KALVIN PHILLIPS DIMINATI EMPAT KLUB EPL

Empat klub Liga Inggris, yakni Crystal Palace, Everton, Newcastle, West Ham dan satu klub Italia Juventus semuanya tertarik pada gelandang Manchester City, Kalvin Phillips. Pemain internasional Inggris itu ada di pasaran bulan ini dan City lebih memilih untuk menjualnya – meski tidak menutup kemungkinan juga bisa meminjamkannya. City menginginkan biaya pinjaman – diperkirakan sekitar 5 juta pounds – dan sebagian besar, jika tidak seluruh, gajinya yang sebesar 135.000 pounds per minggu dibayar penuh.

GABUNG TIMNAS KAMERUN, PESAWAT ONANA SEMPAT BERMASALAH

Kiper Manchester United, Andre Onana, tidak masuk dalam skuad untuk laga pembuka Kamerun di Piala Afrika melawan Guinea, Selasa (16/1) dinihari WIB. Menurut laporan Sportbible, cuaca buruk yang mengganggu penerbangan jadi salah satu penyebabnya. Kondisi cuaca buruk di Yamoussoukro membuat Onana terdampar sekitar 240 km jauhnya, hanya beberapa jam sebelum laga dimulai. Onana berhasil tiba di Stadion Charles Konan Banny sebelum pertandingan dimulai, tapi tidak masuk dalam skuad Kamerun dalam laga yang berakhir imbang 1-1 tersebut.

PESAN ERICK THOHIR KE PEMAIN TIMNAS USAI KALAH DARI IRAK

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, angkat bicara terkait kekalahan timnas Indonesia dari Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024). Erick mengatakan bahwa sebenarnya target dari PSSI kepada timnas Indonesia di laga lawan Irak adalah imbang. Erick pun berharap untuk ke depannya, para pemain timnas Indonesia bisa berpikir ulang terkait kekalahan yang dirasakan ini. Harus ada evaluasi segera agar bisa lebih tampil gacor lagi di laga selanjutnya.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru