Berita Bola Terbaru 16 Januari 2024 – Starting Eleven News

spot_img

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

HASIL PIALA ASIA 2023

Korea Selatan mengawali langkah di Piala Asia 2023 grup E dengan mengalahkan Bahrain dengan skor 3-1 pada pertandingan di Stadion Al Sadd, Senin (15/1/2024). Tiga gol Korea Selatan dicetak oleh Hwang In-beom di babak pertama, dan brace dari gelandang PSG, Lee Kang In, masing-masing di menit 56 dan 69. Bahrain hanya bisa mengemas satu gol melalui Abdullah Al Hashash di awal babak kedua.

Di pertandingan lainnya di Grup E, Malaysia dihajar Yordania. Tanpa tanggung-tanggung, Harimau Malaya dilumat 0-4 di Stadion Al Janoub, Selasa (16/1) dini hari tadi. Empat gol Yordania dicetak oleh Mahmoud Al Mardi dan Musa Al Tamaari. Kedua pemain itu masing-masing cetak dua gol di laga tersebut.

Di laga grup D, Indonesia kalah dari Irak dengan skor 3-1, Senin (15/1), di Ahmed bin Ali Stadium. Irak unggul lebih dulu melalui Mohanad Ali di menit 17. Marselino Ferdinan sempat samakan skor di menit 37, sebelum Irak kembali memimpin melalui Osama Rashid di penghujung babak pertama. Di babak kedua, Aymen Hussein menambah satu gol lagi untuk Irak. Hasil ini menempatkan Indonesia menjadi juru kunci sementara Grup D dengan nirpoin, di bawah Vietnam, yang sebelumnya ditekuk Jepang 2-4

GOL KEDUA IRAK BIKIN STY MURKA

Gol kedua Irak sangat disayangkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Sebelum gol itu terjadi, dalam prosesnya, ada pemain Irak yang berada dalam posisi offside. VAR sempat meninjau ulang, namun keputusannya malah memantapkan pengadil lapangan untuk memberikan gol ke Irak. Hasil yang bikin Shin Tae-yong kesal karena gol kedua Irak yang kontroversial itu mengubah jalannya laga. “Saya menyoroti gol kedua Irak. Itu 100 persen offside. Gol itu mengubah situasi. Ini memalukan VAR tak mampu bekerja baik di Piala Asia,” ujar Shin tae yong.

TIMNAS INDONESIA LAYANGKAN PROTES KE AFC

Keputusan wasit Tantashev Ilgiz mengesahkan gol kedua Irak membuat Timnas Indonesia geram. Endri Erawan, sang manajer pun melayangkan protes keras ke Federasi Sepakbola Asia (AFC). Menurut Endri, Indonesia sudah resmi mengajukan form protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan. Meski tahu protes tersebut tidak bakal mengubah hasil pertandingan, setidaknya kata Endri, untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan.

PIALA AFRIKA: SENEGAL SIKAT GAMBIA

Juara bertahan Piala Afrika, Senegal memulai turnamen tahun ini dengan hasil ciamik. Menghadapi Gambia, Singa Teranga menang tiga gol tanpa balas dalam laga di Stade Charles Konan Banny, Senin (15/1/2024) malam WIB. Tiga gol Senegal dicetak oleh Pape Gueye serta Lamine Camara yang membuat dua gol di pertandingan tersebut. Hasil laga lain semalam, Aljazair imbang 1-1 lawan Angola, dan Kamerun- Guinea juga mendapat hasil serupa. 

MESSI REBUT PENGHARGAAN PEMAIN TERBAIK FIFA 2023

Mega bintang Inter Miami, Lionel Messi menangi penghargaan pemain terbaik FIFA 2023 (FIFA Best Player 2023) pada malam penghargaan yang digelar di London, Senin (15/1) waktu setempat. Pemain asal Argentina itu mengungguli Kylian Mbappe dan Erling Haaland, sekaligus mempertahankan gelar yang direngkuhnya pada 2022. Messi meraih total 48 poin, sama seperti Haaland di posisi dua. Akan tetapi, pemain berjuluk La Pulga unggul dalam hal lebih banyak dipilih oleh pelatih serta kapten di posisi pertama.

EDERSON JADI KIPER TERBAIK FIFA 2023

Pemenang treble winners 2022/23, Ederson Moraes, diganjar dengan penghargaan Kiper Terbaik FIFA 2023. Ederson menerima 23 scoring points, unggul tipis dari Courtois (20), dan Yassine Bounou (16). Voting ini dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional, media, dan penggemar yang dilakukan di laman resmi FIFA. Pada musim lalu, Ederson sukses mengemas 19 clean sheet dan cuma kemasukan 39 gol dalam total 48 penampilannya bersama Man City.

FIFA FIFPRO WORLD XI 2023 DIDOMINASI MAN CITY

Organisasi pemain internasional FIFPRO merilis 11 nama yang masuk dalam tim terbaik FIFA FIFPRO World XI edisi 2023 di acara The Best FIFA Football Awards, Selasa (16/1/2024) dini hari WIB. Menariknya, dalam daftar pemenang ini, terdapat lima yang menjadi debutan di tim World XI. Satu hal menarik lainnya adalah tak masuknya nama bintang Al Nassr, Cristiano Ronaldo. Dari 11 nama ini didominasi pemain City, ada Ruben Dias, John Stones, Kyle Walker, De Bruyne, Bernardo Silva, dan Haaland.

INI DIA PEMENANG PUSKAS AWARD 2023

Bintang Botafogo Guilherme Madruga telah memenangkan Penghargaan Puskas Award untuk gol terindah pada tahun 2023. Bintang Botafogo itu dianugerahi hadiah atas tendangannya melawan Novorizontino di Serie B Brasil. Pemain Brasil itu mencetak tendangan overhead yang luar biasa dari jarak jauh. Itu adalah gol kemenangan dan gol pertamanya untuk klub.

MU TERTARIK REKRUT ARAUJO

Manchester United lagi ingin menambal lubang di lini pertahanan. Mereka ingin rekrut Ronald Araujo. Menurut kabar dari Florian Plettenberg dari Sky Sports Jerman, MU perlu mengeluarkan 80 juta euro atau Rp 1,3 triliun jika mereka ingin mengamankan tanda tangan bek Barcelona tersebut. Namun, Araujo dilaporkan tidak tertarik untuk meninggalkan Camp Nou pada bulan Januari, sehingga membuat kesepakatan sulit dicapai.

LAGI! EVERTON DIDAKWA LANGGAR ATURAN FINANSIAL

Beberapa waktu lalu Everton telah disanksi pengurangan 10 poin karena melanggar aturan Financial Fair Play. Tapi, hukuman itu saja belum cukup karena dari penyelidikan terbaru, ditemukan adanya pelanggaran finansial lainnya. Alhasil, The Toffees kini bisa dijatuhi sanksi serupa yang kian membenamkan mereka di papan bawah. Untuk kali ini Everton tidak sendiri karena masih ada juga klub Liga Inggris lainnya yang terancam pengurangan poin, yakni Nottingham Forest. Forest dinilai merugi lebih dari ambang batas aman Premier League.

MADRID JUARA PIALA SUPER SPANYOL, PEREZ TOLAK BAHAS MBAPPE

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, menolak untuk membahas rumor terkait bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe. Perez menyatakan bahwa saat ini adalah waktu untuk merayakan gelar Piala Super Spanyol yang baru saja diraih oleh Los Blancos. Real Madrid meraih gelar Piala Super Spanyol setelah melibas Barcelona dengan skor 4-1 pada pertandingan yang berlangsung di Al Awwal Stadium, Riyadh, Arab Saudi, pada Senin (15/1) dini hari WIB.

PEMAIN ISRAEL DIPECAT DAN DITANGKAP KARENA HAL INI

Otoritas Turki menahan pemain Israel dari klub Antalyaspor bernama Sagiv Jehezkel pada Minggu malam (14/1). Menurut laporan Menteri Kehakiman Yilmaz Tunc, Jehezkel ditahan karena berkelakuan buruk dengan menunjukkan dukungan terhadap tindakan tentara Israel di Jalur Gaza selama pertandingan liga papan atas. Setelah mencetak gol penyeimbang melawan Trabzonspor dalam partai kandang, Jehezkel memperlihatkan perban di pergelangan tangannya bertuliskan “100 hari 7/10”, diduga memiliki arti peringatan 100 hari serangan Hamas ke Israel.

CHELSEA DIKABARKAN INCAR BENZEMA DAN FIRMINO

Chelsea sedang bermasalah di lini serangnya. Karim Benzema dan Roberto Firmino dikabarkan tengah diincar untuk memperkuat ujung tombak The Blues. Menurut Goal, Chelsea berencana untuk meminjam dua penyerang mematikan itu pada bulan Januari, kurang dari enam bulan setelah keduanya bergabung dengan klub di Saudi Pro League. Selain Benzema dan Firmino, Chelsea juga diberitakan tertarik untuk merekrut Ivan Toney dari Brentford dan mesin gol Napoli, Victor Osimhen.

MU PINJAMKAN HANNIBAL KE SEVILLA

Sevilla dikabarkan memenangkan perlombaan untuk menyewa jasa Hannibal Mejbri dari Manchester United. Menurut cuitan Fabrizio Romano, MU sepakat untuk melepas Hannibal dengan status pinjaman hingga akhir musim plus opsi pembelian senilai 20 juta euro atau Rp340 miliar. Sang pemain bahkan sudah berada di Spanyol sekarang. Menariknya, dalam kesepakatan ini, United tak memasukan klausul buyback atau pembelian kembali.

WEST HAM, INTER, DAN FENERBAHCE PANTAU MARTIAL

Di bursa transfer Januari ini, Manchester United memang berencana untuk melepas beberapa pemain. Setelah Hannibal, United berencana untuk melepas Anthony Martial. Dilansir Caught Offside, beberapa klub termasuk klub Arab Saudi telah menunjukan minat pada pemain asal Prancis itu. Namun, Martial hanya memprioritaskan klub Eropa. Kabarnya, West Ham, Inter Milan, dan Fenerbahce jadi yang berpeluang untuk mendapatkan jasa Martial.

NEMANJA MATIC SIAP BALIK KE PREMIER LEAGUE

Nemanja Matic yang mengalami permasalahan dengan pihak Rennes dikabarkan akan meninggalkan klub bulan ini. Kabarnya, Premier League adalah salah satu opsi menarik bagi pemain asal Serbia tersebut. Dilansir The Sun, Fulham dilaporkan tertarik untuk mengamankan tanda tangan Matic. Fulham ingin memanfaatkan pengalaman sang pemain di Liga Inggris untuk membantu tim memperbaiki performa. Namun, Fulham akan mendapat pesaing kuat karena Lyon juga kabarnya berminat pada Matic.

UPDATE CEDERA EDERSON

Ederson Moraes ditarik keluar pada menit-menit awal saat Manchester City berhasil meredam perlawanan Newcastle United kemarin. Sang pemain dilaporkan mengalami luka serius pada paha setelah berbenturan dengan Sean Longstaff. Dilansir Football London, cedera yang dialami Ederson sudah ditangani dokter. Sejauh ini perkiraan sementara, sang penjaga gawang akan kembali pada akhir bulan nanti. Tapi, Guardiola akan memberikan update lagi apabila tim dokter sudah menghubunginya.

RENAN LODI MENUJU AL-HILAL

Pemain Olympique Marseille, Renan Lodi dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan pihak Al-Hilal. Pemain berpaspor Brazil itu kabarnya pindah ke Arab Saudi dengan kesepakatan pinjaman plus wajib dipermanenkan di akhir musim. Kabarnya, Marseille akan mendapat 20 juta euro atau Rp340 miliar di akhir musim nanti. Nantinya, Lodi akan diikat kontrak berdurasi tiga tahun hingga 2027.

BOCAH AUTO VIRAL SETELAH LAKUKAN “SIUUU” DI DEPAN MARKAS INTER MIAMI

Baru-baru ini beredar video yang menampilkan seorang bocah yang tak diketahui namanya menyindir Lionel Messi dengan selebrasi “Siuuu” khas Cristiano Ronaldo. Dilansir AS, menariknya hal itu dilakukan tepat di depan markas Inter Miami, Stadion DRV PNK. Tak lupa, sang bocah juga mengenakan jersey Al-Nassr saat membuat video tersebut. Sontak video itu langsung viral di media sosial.

MESKI KALAH DI FINAL SUPERCOPA, POSISI XAVI MASIH AMAN

Meski kalah telak di partai puncak Piala Super Spanyol, posisi Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona kabarnya tak akan bermasalah. Seperti yang dilaporkan AS, petinggi Barca enggan berlarut-larut dalam kekecewaan. Menurut salah satu perwakilan Barca ini memang kekalahan yang memalukan, tapi musim masih panjang dan Xavi harus melanjutkan musim bersama Barcelona.

BINTANG ATLETICO MADRID RUMAHNYA DIRAMPOK

Kabar buruk datang dari bintang Atletico Madrid, Angel Correa. Menurut Football Espana, sang pemain menjadi sasaran perampokan dengan kekerasan di rumahnya di Spanyol. Menurut laporan, Correa dan keluarganya berada di rumah pada saat perampokan terjadi. Mereka ditahan di bawah todongan senjata oleh para pelaku. Untungnya, tak ada korban jiwa atau unsur kekerasan dalam kasus ini. Kepolisian setempat pun segera bertindak untuk menyelidiki kasus ini. 

NAPOLI INCAR BEK CHELSEA

Salah satu klub Serie A, Napoli dikabarkan tengah mencari bek baru di bursa transfer Januari ini. Dan kabarnya bek Chelsea, Trevoh Chalobah jadi salah satu opsi bagi klub. Dilansir Tutto Mercato, Chalobah bukan satu-satunya nama yang muncul. Bek Udinese, Nahuen Perez juga masuk dalam daftar calon pemain baru Napoli musim ini. Belum ada tanda-tanda siapa yang akan merapat, karena Napoli masih memantau beberapa nama lagi.

SUSUL TIMNAS KE QATAR, PESAWAT NADEO SEMPAT BERMASALAH

Nadeo Argawinata menjadi pemain terakhir yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Dia masuk untuk menggantikan Syahrul Trisna yang mengalami cedera. Namun, saat ingin menyusul tim yang sudah berada di Qatar, Nadeo mengalami sedikit kendala. Dilansir Sport Detik, pesawat yang ditumpangi Nadeo sempat bermasalah sebelum lepas landas. Itu membuat keberangkatan sang penjaga gawang tertunda dan harus berganti pesawat. 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru