Berapa Denda yang Harus Dibayar Ketika Pemain Terkena Kartu?

Kartu kuning maupun merah menjadi hal yang sangat dihindari pemain. Pasalnya, pemain akan mendapat kerugian ketika menerima salah satu atau bahkan dua dari kartu tersebut. Yang paling jelas, mereka akan mendapat hukuman larangan tampil dalam durasi tertentu, tergantung seberapa berat pelanggaran yang dilakukan.

Namun ternyata, pemain tidak hanya menerima akibat berupa larangan bertanding ketika mendapatkan kartu. Mereka juga harus membayar denda ketika mendapat hadiah kartu dari sang pengadil lapangan.

Kira-kira berapa denda yang harus dibayar ketika seorang pemain terkena kartu?

Mengambil contoh dari sepakbola Inggris, pemain yang menerima kartu kuning harus membayar denda sebesar 10 pounds atau setara 196 ribu rupiah. Sementara itu, ketika mereka menerima hadiah kartu merah, maka umumnya dana sebesar 55 pounds atau setara lebih dari satu juta rupiah harus dikeluarkan sebagai biaya denda.

Biaya tersebut nilainya sama dari yang digunakan di kompetisi Liga Primer Inggris dan kompetisi lokal lainnya.

Biasanya, selain mendapat denda dari federasi, beberapa klub juga memberlakukan denda tertentu kepada pemain yang mendapatkan kartu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir tindak kurang disiplin dari para pemain. Karena seperti yang kita tahu, klub juga merugi ketika mendapati pemain mereka melewatkan terlalu banyak pertandingan.

Satu yang perlu dicatat, denda yang diterima oleh seorang pemain ketika menerima kartu tidak selalu sama. Untuk pemain yang melakukan pelanggaran seperti selebrasi berlebihan, bersikap agresif, menyandung lawan, atau menunda permainan, mereka akan mendapatkan kartu kuning, dimana secara kebetulan denda yang diberlakukan untuk seluruh jenis pelanggaran yang dilakukan adalah sama, yaitu 10 pounds.

Namun ketika bicara tentang kartu merah, maka denda yang diberlakukan tidak selalu sama. Pemain yang menerima dua kartu kuning terlebih dahulu untuk kemudian di kartu merah, maka dia hanya diharuskan membayar denda sebesar 35 pounds atau setara 686 ribu rupiah.

Kemudian, ketika pemain mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran berupa mengeluarkan kata-kata kasar dan menyinggung, maka dia diharuskan membayar denda sebesar 45 pounds atau setara 882 ribu rupiah.

Baru ketika pelanggaran yang dilakukan adalah meludahi lawan, menyikut, menginjak, dan melakukan pelanggaran keras lainnya, pemain tersebut diharuskan membayar denda sebesar 55 pounds atau setara lebih dari satu juta rupiah.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana proses pembayaran denda yang harus dilakukan oleh seorang pemain ketika terkena kartu?

Masih dari situs yang sama, para pemain diharuskan langsung mengurus permasalahan tersebut, dimana tugas itu kemudian dilimpahkan kepada sekretaris klub. Di Inggris sendiri, FA sudah memiliki platform untuk pembayaran denda kartu, yang mereka sebut sebagai Whole Game System.

Para sekretaris klub harus login ke akun di laman yang sudah disediakan. Lalu ketika mereka sudah menginventaris kartu kuning dan merah yang diterima pemainnya, nominal akan otomatis muncul dan mereka tinggal melakukan pembayaran.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru