Akankah Andre Onana Menggantikan Kepa Sebagai Penjaga Gawang Chelsea ?

  • Whatsapp

Sektor penjaga gawang menjadi salah satu prioritas utama Chelsea di bursa transfer musim panas 2020. Mereka ingin mencari kiper baru guna menggantikan kiper asal Spanyol, Kepa Arrizabalaga. Seperti diketahui ,masa depan Kepa sebagai penjaga gawang Chelsea tengah dispekulasikan. Hal itu tak lepas dari performanya dibawah mistar Chelsea pada musim 2019/20.

Kepa, penjaga gawang yang diboyong dengan mahar 72 juta pounds atau setara Rp 1,45 triliun dari Bilbao pada 2018, telah kehilangan tempatnya di tim utama the Blues musim lalu. Hal itu setelah serangkaian penampilan tidak konsisten hingga membuat blunder.

Kepa bermain dalam 33 pertandingan Liga Inggris musim 2019/20. Dari 33 laga tersebut, ia kebobolan 47 gol. Kiper Spanyol ini hanya menorehkan 54% penyelamatan tembakan, paling buruk di EPL.

Pelatih Chelsea, Frank Lampard telah menjelaskan bahwa dia tidak lagi yakin dengan Kepa untuk menjadi kiper nomor satu Chelsea, sehingga pemain Spanyol itu diperkirakan akan diganti musim panas ini. 

Chelsea sendiri telah dikaitkan dengan banyak kiper. Beberapa penjaga gawang yang dirumorkan diincar Chelsea adalah Jan Oblak, Andre Onana, Donnarumma dan Edouard Mendy.

Nama yang disebutkan terakhir bahkan berpeluang besar merapat ke Stamford Bridge. Chelsea dilaporkan telah bersepakat untuk mengontrak kiper Rennes itu selama lima tahun, namun kesulitan untuk mencapai titik temu terkait biaya transfernya. Tawaran The Blues sebelumnya sekitar 20 juta euro dan dipahami bahwa kesepakatan banderol bisa dicapai maksimal mencapai 28 juta euro.

Sebelum Mendy muncul sebagai target Chelsea. Oblak, Donnarumma dan Onana adalah tiga penjaga gawang yang sangat diseriusi oleh Chelsea untuk dibeli pada bursa transfer musim panas ini. Khusus Onana, Chelsea bahkan bisa mendapatkannya. Pada awal September, klub pemilik Onana, Ajax Amsterdam telah menawarkan Onana untuk direkrut Chelsea.

Onana diberitakan ingin pergi dari Ajax. Ia merasa jam terbangnya di Liga Belanda sudah cukup sehingga ia ingin menjajal tantangan baru. Itulah mengapa Ajax memutuskan mencari klub baru untuk Onana, dan mereka menawarkannya ke Chelsea setelah The Blues diberitakan butuh kiper baru.

Kesempatan Onana berkiprah di Inggris bersama Chelsea cukup terbuka lebar. Secara penampilan, Onana adalah salah satu kiper terbaik liga Belanda musim lalu. Mantan didikan akademi Barcelona itu tampil 39 kali di seluruh kompetisi dan mencatatkan 15 clean sheet. Jika ditotal, selama empat musim membela Ajax, Onana telah memainkan 178 pertandingan, mencatatkan 74 clean sheet dan memenangkan beberapa trofi di Belanda.

Ajax sendiri disebut menginginkan 40 juta euro untuk pelepasan Onana, meski kemudian muncul penurunan harga menjadi hanya 30 juta euro. Selain Chelsea, klub lain yang menginginkan Onana adalah Barcelona. Akan tetapi jika memilih bergabung ke Barcelona, peluang Onana menjadi pemain reguler cukup kecil mengingat di klub Catalan masih ada sosok Marc Andre Ter Stegen.

Onana memang bersedia untuk bergabung dengan Barcelona. Ia bisa saja menggantikan peran Ter Stegen untuk setidaknya sampai awal oktober. Sebab Ter Stegen masih mengalami cedera lutut. Namun, kiper Jerman tersebut dapat mengambil kembali status kiper utama Blaugrana jika sudah pulih. Untuk alasan ini, Onana harus lebih mempertimbangkan lagi tawaran dari Barcelona.

Klub lainnya yang mengincar Onana adalah Bayer Leverkusen. Pelatih Leverkusen, Peter Bosz adalah orang yang mempromosikan Kiper asal Kamerun itu dari tim cadangan Ajax ke tim utama selama karirnya di Amsterdam. Kendati demikian, Onana tampaknya tidak tertarik untuk berkiprah di kompetisi Bundesliga.

Dari ketiga klub yang dikaitkan dengan Onana, Chelsea berkemungkinan besar menjadi pelabuhan baru baginya. Tinggal bagaimana klub asal London tersebut bersedia untuk mengeluarkan uang yang diminta oleh Ajax guna memboyong Onana ke Stamford Bridge.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *