10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia

spot_img

Seiring berjalan nya waktu, sepakbola tak ubah nya menjadi ladang bisnis bagi orang-orang berkantung tebal. Kegermelapan dunia sepakbola yang banyak menarik minat masyarakat dunia dimanfaatkan oleh beberapa orang terkaya di dunia. Orang-orang bergelimang harta tersebut menjadikan sepakbola sebagai salah satu aset untuk memperluas gelombang kekayaan nya.

Berikut starting eleven merangkum 10 pemilik klub sepakbola terkaya di dunia..

10. Rinat Akhmetov – $12.8 Billion – Shakhtar Donetsk

Rinat Akhmetov menjadi salah satu pemilik klub sepakbola terkaya di dunia. Bila dirupiahkan, kekayaan pribadinya mencapai lebih dari 120 trilliun.

Pengusaha baja dan batu bara dari Ukraina ini bisa berbangga dengan keberhasilan yang dicapai klubnya hingga saat ini. Setelah merebut Piala UEFA pada 2009 dan mendominasi liga domestik, performa Shakhtar terus meningkat walau telah ditinggalkan beberapa pemain ternama mereka seperti Willian, Fernandinho, dan Henrikh Mkhitaryan. Akhmetov juga pemilik Donbass Arena, stadion bernilai $400 juta atau sekitar Rp 3,98 triliun yang menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2012 lalu.

9. John Fredriksen – $14.5 Billion – Valerenga

Pria ini merupakan konglomerat kapal tanker pengangkut minyak dan pengapalan berkebangsaan Siprus. John Fredriksen, adalah pemilik klub Liga Norwegia yang bermarkas di Oslo, Valerenga. Namun, Fredriksen tidak menyuntikkan dana miliaran dollar untuk klub miliknya itu. Peringkat keenam di akhir kompetisi adalah prestasi terbaik Valerenga dalam tiga musim terakhir. Diberitakan bahwa Fredriksen adalah seorang penggemar sepak bola Inggris dan diperkirakan bakal menanamkan modalnya di Liga Inggris di masa datang.

Kekayaan pribadi milik John Frediksen diperkirakan mencapai lebih dari 140 triliun rupiah.

8. Francois Henri Pinault – $15.5 Million – Stade Rennes

Pemilik klub Prancis Stade Rennes ini memiliki kekayaan lebih dari 150 triliun rupiah.

Pinault adalah pemilik beberapa rumah mode seperti Stella McCartney, Alexander McQueen, Yves Saint Laurent dan Gucci. Mertua dari artis Salma Hayek ini juga merupakan pemilik rumah lelang tenar Christie’s yang penghasilannya  mencapai $5,3 miliar (Rp 52,77 triliun). Akan tetapi, seperti beberapa orang super kaya pemilik klub dalam daftar ini, Pinault tidak terlalu menghamburkan uangnya untuk Rennes.

7. Lakshmi Mittal – $16.1 Billion – Queens Park Rangers

Lakshmi Mittal, adalah konglomerat India yang berdomisili di London dan memiliki 33 persen saham Queens Park Rangers. Mittal merupakan orang terkaya No. 2 di India dan dirinya adalah salah satu warga paling terkenal di London. Ia bahkan mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu pembawa Obor Olimpiade 2012.

Hingga saat ini, kekayaan yang dimilikinya diperkirakan mencapai lebih dari 160 triliun rupiah.

6. Paul Allen – $16.3 – Seattle Sounders

Paul Allen adalah salah satu pendiri Microsoft yang memiliki hobi mengoleksi klub olahraga. Selain menjadi salah satu pemilik klub Major League Soccer Seattle Sounders, pria ini juga memiliki klub NFL Seattle Seahawks dan klub NBA Portland Trailblazers.

Pria Amerika itu memiliki kekayaan hingga lebih dari 160 triliun rupiah.

5. Alisher Usmanov – $19.4 Billion – Arsenal FC

Inilah orang terkaya di Rusia saat ini, Alisher Usmanov. Menetap di London, Usmanov membeli sebagian besar saham klub kota London, Arsenal, bersama rekannya yang juga seorang miliuner, Farhad Moshiri. Bisnis Usmanov adalah yang paling beragam dalam daftar ini. Selain memiliki perusahaan besi dan baja, pria ini juga berinvestasi di sejumlah perusahaan baru, telekomunikasi, dan surat kabar terlaris di Rusia, Kommersant. Dikabarkan Usmanov juga pernah memiliki saham Facebook yang sudah dijualnya hingga mendapat keuntungan $1,5 miliar atau sekitar Rp 14,93 triliun.

Sampai saat ini, kekayaan pria Russia itu mencapai lebih dari 190 triliun rupiah.

4. George Soros – $24 Billion – Manchester United

George Soros bukanlah pemilik mayoritas Manchester United. Tetapi sang ahli investasi ini memiliki 7,85 persen saham Setan Merah, sehingga tentu saja ia bisa dikategorikan sebagai ‘pemilik’. Dan dengan kekayaan yang lebih dari 240 triliun rupiah, tidak diragukan lagi kalau Soros adalah salah satu orang terkaya dunia yang memiliki klub sepakbola.

3. Sheikh Mansour Bin Zayed Al Nahyan – $34 Billion

Sheikh Mansour merupakan pemilik dari klub Manchester City. Pemain-pemain mahal berbakat diboyong sehingga membuat nama klub ini makin terangkat sejak beberapa tahun silam. Sheikh Mansour dikenal sangat loyal untuk membuat klub kesayangannya menjadi besar. Terhitung sejak tahun 2009 silam, sudah lebih dari 500 juta Poundsterling ia habiskan untuk membeli deretan pemain berbakat seperti David Silva, Sergio Aguero dan masih banyak lagi.

Sheikh Mansour juga melakukan investasi untuk berbagai jenis usaha lainnya seperti properti hingga jasa tur perjalanan ke luar angkasa. Hingga kini, kekayaan nya sudah lebih dari 300 triliun rupiah.

2. Amancio Ortega – $62.9 Billion – Deportivo De La Coruna

Sekarang kita masuk dua besar dan menyaksikan jauhnya perbedaan jumlah kekayaan pribadi Amancio Ortega, pemilik klub Deportivo La Coruna, dengan peringkat sebelumnya. Kalian mungkin kurang familiar dengan miliuner yang satu ini, namun sebagai seorang pemilik klub sepak bola, tidak ada yang meragukan hasrat yang dimiliki Ortega. Menurut kabar yang beredar, ia sempat menunda pernikahan anak perempuannya selama 90 menit hanya untuk menyaksikan Deportivo berlaga.

Sejauh ini pundi-pundi yang sudah dikumpulkan Amancio Ortega mencapai lebih dari 600 triluin rupiah.

1. Carlos Slim Helu – $86.3 Billion – Club Pachua, Club Leon, Real Oviedo

Carlos Slim Helu bisa dibilang masuk dalam jajaran orang elit dunia. Kekayaan yang sudah ia kumpulkan lebih dari 850 triliun rupiah. Kekayaan Slim berasal dari bisnis telekomunikasi. Melihat jumlah uang yang dimilikinya, tidak mengherankan jika ia memiliki lebih dari satu klub sepak bola. Setelah memiliki dua tim di Liga Primer Meksiko, Club Pachuca dan Club Leon, Slim membeli saham mayoritas klub divisi tiga Spanyol, Real Oviedo yang tengah mengalami kesulitan keuangan.

Meski orang-orang tersebut memiliki banyak uang untuk mengembangkan sebuah klub sepakbola, beberapa diantaranya memilih untuk tidak jor-joran dalam membentuk sebuah kekuatan besar sebuah tim sepakbola. Menurut football lovers, mana pemilik klub sepakbola terkaya yang paling sukses di dunia? Tulis komentar kalian dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru