Serba-Serbi Piala Asia 2019

spot_img

Jika Piala Dunia adalah ajang tertinggi sepak bola dunia, dan Euro adalah ajang sepak bola tertinggi di Eropa, maka Asia juga punya gelaran serupa. Adalah Piala Asia, yang tahun ini akan digelar di Uni Emirat Arab, yang akan memanggungkan pentas terbaik sepak bola Asia..

Gelaran tahun ini adalah edisi ke-17 sejak pertama kali digelar pada 1956. Jepang masih memegang rekor sebagai juara terbanyak dengan empat kali. Saudi Arabia dan Iran telah menjadi kampiun sebanyak tiga kali. Sementara itu, Australia masih berstatus juara bertahan setelah berjaya di kandang sendiri empat tahun lalu.

Piala Asia 2019, sayangnya, tidak akan diikuti Indonesia. Negara kita tercinta tak bisa berpartisipasi dalam babak kualifikasi akibat masih berlakunya sanksi FIFA. Namun, Asia Tenggara tak kehabisan wakil.

Partisipan

Asia Tenggara akan diwakili tiga negara, yakni Thailand, Vietnam, dan Filipina. Thailand dan Vietnam lolos melalui jalur kualifikasi, sedangkan Filipina turut berpartisipasi lewat jalur AFC Challenge Cup, turnamen yang khusus diadakan AFC bagi negara-negara kecil.

Adapun jumlah seluruh peserta pada pergelaran kali ini adalah 24 tim. Akan ada 8 grup yang beranggotakan empat kontestan, di mana dua teratas di grup dan empat peringkat tiga terbaik akan lolos ke babak 16 besar, dan seterusnya hingga final.

Penambahan jumlah partisipan ini berakibat pada semakin besarnya peluang negara-negara kecil untuk lolos ke putaran final. Negara-negara tersebut pun punya kesempatan lebih untuk melaju hingga fase gugur.

Pertandingan Menarik

Beberapa pertandingan fase grup yang menarik ditonton antara lain Australia vs Syria, 15 Januari, yang bertemu kembali setelah bentrok di kualifikasi akhir Piala Dunia 2018 zona Asia. South Korea vs Tiongkok pada 16 Januari akan menghadirkan negara serumpun yang sedang berinvestasi besar-besaran di sepak bola dengan tim yang sudah mapan kompetisi sepak bolanya. Terakhir, ada Iran vs Irak yang merupakan derbi terpanas pada edisi kali ini.

Pemain yang Layak Disorot

Son Heung Min jelas akan dapat sorotan terbesar. Ia praktis merupakan pemain terbaik Asia saat ini. Performanya di tim nasional sedang panas mengingat ia baru saja meraih medali emas bersama Taegeuk Warriors di Asian Games lalu. Sayangnya, ia baru akan berangkat seusai 13 Januari, terlalu mepet untuk mengawali laga terakhir fase grup melawan Tiongkok.

Di kubu Iran, terdapat Alireza Jahanbakhs dan Serdar Azmoun akan memimpin lini depan. Jahanbakhs adalah top skorer Eredivisie Belanda tahun lalu dan telah memenangi kepindahan ke Brighton & Hove Albion, sementara Azmoun telah lama dikaitkan dengan tawaran dari klub-klub besar Eropa setelah tampil impresif di Liga Rusia.

Calon Juara

Secara garis besar, calon juara rasanya tak akan jauh-jauh dari empat negara terbesar Asia saat ini, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Iran.

Australia adalah juara bertahan yang sedang memasuki era baru di era pelatih Graham Arnold. Dipimpin Matt Ryan di bawah mistar, mereka punya paling banyak anggota skuad yang bermain di Eropa.

Jepang juga sedang membangun tim baru bersama Hajime Moriyasu. Beberapa nama tenar seperti Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki tak masuk skuad. Sebagai kontestan rutin Piala Dunia, tak ada yang berani meremehkan mereka.

Korea Selatan akan diwaspadai karena punya pemain terbaik Asia saat ini, Son Heung Min. Dengan status runner-up pada gelaran terakhir, mereka jelas termotivasi untuk melaju selangkah lebih jauh.

Sementara itu, Iran akan semakin matang dengan Carlos Queiroz sebagai juru taktik. Queiroz adalah orang yang meloloskan Iran ke dua piala dunia beruntun, serta berpengaruh dalam menciptakan sepak bola Iran yang kompetitif dengan sepak bola Eropa.

Kuda Hitam dan Calon Lumbung Gol

Tiongkok yang diasuh pelatih legendaris Marcelo Lippi bisa jadi batu sandungan. Demikian pula Arab Saudi yang lolos ke Piala Dunia edisi terakhir.

Di kutub lain, beberapa negara rasanya akan menjadi lumbung gol. India, meski menjadi salah satu negara dengan populasi terbesar, tetap menjadi tim lemah di level Asia. Palestina juga diprediksi akan tersingkir dengan mudah. Masih ada Kirgistan, Yaman, dan Turkmenistan yang diperkirakan akan jadi juru kunci grup.

**

Bagaimanapun, 24 negara partisipan punya kesempatan sama untuk merebut hadiah 5 juta dollar (Rp72miliar) yang akan diberikan pada sang juara…

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru