Seharusnya Erling Haaland Main Untuk Real Madrid

3 min read

Real Madrid yang masih layak disebut sebagai salah satu tim paling superior di Eropa terus menunjukkan gelagat untuk mengumpulkan para pemain bintang. Salah satu yang tak lepas dari incaran adalah bomber muda berkualitas, Erling Braut Haaland.

Real Madrid bahkan sudah menyiapkan skenario mega transfer untuk mendatangkan pemain Borussia Dortmund tersebut, dengan cara tukar tambah. Real Madrid memang sudah cukup lama dikabarkan meminati striker Borussia Dortmund yang bernama Erling Braut Haaland. Namun, selama ini sang pemain juga dikaitkan dengan klub lain seperti Manchester United.

Namun sepertinya, Madrid atau Los Blancos benar-benar cinta setengah mati terhadap Haaland. Menurut laporan yang beredar, rencana yang disiapkan Real Madrid adalah dengan melayangkan proposal tukar tambah ke pihak Dortmund. Los Blancos ingin menawarkan pemain mereka, Luka Jovic, plus dana sebesar 50 juta euro atau setara 866 miliar rupiah.

Nilai Jovic mencapai 30 juta euro atau setara 520 miliar rupiah, dan bila ditambah dengan dana 50 juta euro, maka itu sudah mencukupi untuk bisa membawa Erling Haaland ke Estadio Santiago Bernabeu. Bila musim dingin ini dirasa sulit untuk memboyong sang pemain, maka bursa transfer musim panas mendatang bisa jadi solusi.

Selain itu, optimisme Madrid semakin memuncak dengan salah satu cara lagi yang bisa mereka pakai untuk dapatkan Haaland. Menyadari persaingan untuk mendapatkan tanda tangan Haaland pasti akan sengit, Madrid yakin kehadiran Martin Odegaard akan meningkatkan peluang mereka untuk merekrut penyerang tersebut. Martin Odegaard, yang telah membuat tiga penampilan untuk Madrid musim ini, merupakan teman dekat Haaland di timnas Norwegia.

Los Blancos akan memanfaatkan kedekatannya dengan Odegaard untuk merayu Haaland pindah ke Santiago Bernabeu.

Nama Erling Haaland memang begitu superior. Setelah tampil luar biasa bersama RB Salzburg, performa Haaland langsung mengundang minat banyak tim raksasa Eropa kala itu. Pada akhirnya, Haaland memutuskan untuk bergabung dengan klub Jerman, Borussia Dortmund, pada Januari 2020 lalu.

Baru bermain setengah musim, Haaland seolah sudah sangat nyetel dengan Dortmund. Di musim perdananya bersama Dortmund, penyerang 20 tahun itu telah mencetak 16 gol dan 3 assist dari 18 penampilan di berbagai ajang. Musim ini sendiri, Haaland masih tidak terhentikan, meski sempat dihantam cedera.

Haaland telah sukses mencetak 17 gol dan 3 assist setidaknya hanya dalam 15 pertandingan di semua kompetisi. Performanya yang terus menanjak membuat peminat Haaland semakin banyak. Tentu saja, Real Madrid menjadi klub yang paling ngebet mendatangkan Haaland dari Dortmund.

Namun ternyata bukan hal mudah bagi raksasa Spanyol untuk bisa dapatkan jasa sang pemain. CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menegaskan belum waktunya untuk Haaland bergabung dengan Real Madrid. Menurut Watzke, Haaland masih butuh waktu untuk terus berkembang di Dortmund.

Selain itu, Watzke juga menyarankan kepada Haaland untuk menjadi seperti Robert Lewandowski terlebih dulu. Dengan menjadi seperti Lewandowski, Haaland baru bisa dibilang pantas untuk bergabung dengan Real Madrid.

“Itu sesuatu yang tak bisa diraih dalam waktu satu tahun. Jelas kalau suatu hari Erling ingin gabung klub lebih besar dari Dortmund,”

“Kalau kalian ingin gabung dengan tim seperti Real Madrid, misalnya, kalian harus mencapai level elite dunia.” ujarnya. (via goal)

Watzke memang tidak berbohong soal Lewandowski. Sebelum gabung Munchen, Lewandowski gabung dengan Dortmund selama empat musim.

Kontrak Haaland sendiri baru akan berakhir di Dortmund pada 2024 mendatang. Kini, bukan hanya Real Madrid yang dikabarkan tertarik dengan penyerang asal Norwegia itu, melainkan juga Manchester City dan Manchester United. Selain itu, Watzke membantah kalau ada klausul pelepasan yang membuat Haaland bisa hengkang pada 2021.

Namun tetap saja ada rumor yang menyebutkan kalau Haaland bisa dilepas 75 juta euro pada 2022 nanti.

Menanggapi kabar ketertarikan Real Madrid kepada Erling Haaland, agen sang pemain, Mino Raiola, mengaku enggan membahas masa depan kliennya tersebut dalam waktu dekat ini. Hal itu karena menurut Raiola sampai saat ini Haaland masih merasa sangat senang bermain untuk Borussia Dortmund.

Jadi, dengan perasaan yang bahagia itu, Raiola tak melihat dalam waktu dekat ini pemain asal Norwegia itu bakal pergi dari Dortmund. Namun, menurut pemaparan Raiola, Haaland memiliki satu impian yang mungkin sulit diwujudkan jika terus bertahan di Dortmund.

Impian yang dimaksud Raiola adalah Haaland sangat menginginkan mengangkat trofi Liga Champion suatu saat nanti. Dengan usianya yang masih 20 tahun, tentu peluang Haaland sangat besar untuk bisa merebut gelar juara Liga Champions. Apalagi melihat kemampuannya sebagai striker semakin tajam, maka bukan tidak mungkin Haaland bisa membantu timnya untuk merebut trofi si Kuping Besar tersebut. Namun, rasanya sulit bagi Haaland untuk mendapatkan gelar Liga Champions jika terus bersama Dortmund.

Sebab Dortmund tercatat baru sekali meraih trofi Liga Champions dan itu sudah sangat lama sekali. Tepatnya Dortmund menjadi juara di kompetisi antarklub Eropa itu pada Liga Champions musim 1996/97 usai berhasil mengalahkan Juventus di final.

Dengan fakta tersebut, maka mantan penggawa RB Salzburg itu perlu pindah ke tim lain. Dalam hal ini, Real Madrid tentu bisa menjadi solusi mengingat Los Blancos adalah rajanya di kompetisi tersebut dengan 13 gelar yang pernah mereka rasakan.

Jadi, Raiola menegaskan bahwa jika Haaland pergi dari Dortmund nanti, itu bukan karena masalah uang saja. Tapi ada ambisi besar yang dimiliki Haaland, dan untuk mewujudkannya ia perlu bantuan klub yang dapat membantunya mengabulkan mimpinya tersebut meraih gelar Liga Champions.

Selain dari sudut pandang sang agen, bila Real Madrid mendapatkan bintang asal Norwegia tersebut, mereka juga akan mendapat banyak sekali keuntungan. Seperti produktivitas, usia sang pemain, hingga fleksibilitasnya di atas lapangan.

Produktivitas Erling Haaland layak mendapat apresiasi tinggi. Dia sudah membuktikan dalam banyaknya laga yang dijalani. Melihat catatan golnya yang impresif, Haaland dinilai cocok untuk mengisi barisan penyerang Madrid, apalagi Zinedine Zidane masih mencari pengganti Cristiano Ronaldo yang hengkang ke Juventus di penghujung musim 2017/18.

Soal usia, Erling Haaland masih sangat muda. Bintang asal Norwegia ini merupakan pemain kelahiran 21 Juli 2000. Meski tergolong masih sangat muda, Haaland sudah unjuk gigi yang membuat banyak orang berdecak kagum. Pemain dengan postur 194 cm itu punya banyak waktu untuk meningkatkan mutu permainannya di klub bertabur bintang sekelas Los Blancos.

Dapat dibayangkan bagaimana perkembangan Haaland dalam beberapa tahun ke depan jika potensinya dimaksimalkan dengan baik bersama Madrid.

Kemudian yang tak kalah penting adalah fleksibilitasnya. Pemain internasional Norwegia itu selalu menjadi lebih baik setiap musimnya. Ia tidak menyadari perubahannya dari Salzburg ke Dortmund, gol terus berdatangan, meskipun faktanya tim Jerman itu adalah salah satu klub terbesar di dunia. Haaland menunjukkan sebuah kualitas dengan mencetak gol secara konsisten.\