Fakta Bersejarah The Blues Chelsea Yang Tidak Kamu Ketahui

spot_img

Chelsea merupakan salah satu tim asal kota London yang didirikan pada tahun 1905. Kesuksesan pertama Chelsea diraih pada tahun 1955, kala itu The Blues yang menjadi julukan Chelsea berhasil meraih gelar juara liga. Histori klub Chelsea sebagai klub sepakbola dimulai sejak tanggal 14 Maret 1945 dalam rapat di sebuah public house yang bernama The Rising Sun. Sejumlah nama yang sempat manjadi kandidat adalah Stamford Bridge FC, Kensington FC, dan London FC, namun akhirnya nama Chelsea FC lah yang terpilih.

Mau tahu fakta-fakta menarik Chelsea lainnya? Simak ulasan berikut ini..

1. Tim Inggris Pertama Yang Menggunakan Pesawat Kala Bertandang di Liga Domestik 

Pada kompetisi Liga Inggris yang terjadi saat itu, belum ada satu oun tim yang menggunakan pesawat sebagai transportasi kala mereka menjalani laga tandang. Untuk pertama kalinya dalam sejarah persepakbolaan Inggris, Chelsea menjadi klub pertama yang menggunakan pesawat dalam kompetisi domestik. Hal itu terjadi pada tanggal 19 April 1957 saat Chelsea melawat ke kandang Newcastle United dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris.

2. Menggunakan Kostum Tandang Tim Lawan Dalam Sebuah Pertadingan

Mungkin banyak yang dibuat bingung oleh fakta tersebut, namun hal ini benar-benar dilakukan oleh Chelsea. Mereka menggunakan kostum tandang lawan pada tanggal 9 April 1997. Saat sedang melakukan laga tandang melawan Coventry hal tak terduga terjadi. Kedua tim mengenakan kostum dengan warna yang hampir sama, hal ini membuat wasit harus melakukan tindakan. Wasit meminta Chelsea untuk mengenakan kostum tandang mereka, sialnya The Blues hanya membawa kostum berwarna biru saja. Pilihan pun diberikan oleh sang wasit, Chelsea diminta untuk memakai kostum tandang tim lawan yang berwarna merah atau dijatuhi denda. Dengan pasrah, The Blues memilih untuk memakai kostum tandang lawan.

3. Pernah Dibeli Dengan Harga 1 juta Paun

Medio 70 hingga 80 an menjadi masa-masa kelam Chelsea. Pada saat itu klub dikabarkan akan mengalami kebangkrutan. Hal itu terjadi karena rencana pembangunan Stamford Bridge tak sesuai dengan apa-apa yang sudah disiapkan. Akibatnya, para pemain bintang nya pun dijual namun belum mampu untuk menutupi kekurangan klub. Hingga akhirnya seorang pengusaha bernama Ken Bates membeli Chelsea dengan biaya 1 juta paun saja. Hal tersebut juga memunculkan berbagai masalah lainnya seperti kritik tajam yang terus diserukan oleh para hooligan hingga Chelsea yang harus rela turun ke divisi dua.

4. Maskot Pernah Dicuri

Singa menjadi maskot kebesaran Chelsea yang diambil dari logo klub. Maskot itu sendiri diberi nama “Stamford The Lion”. Ada cerita unik dari singa yang menjadi maskot klub tersebut. Dikabarkan pada tahun 2005, dua orang pria pernah mencuri ‘singa’ itu dari Stamford Bridge.

5. Ada Abu Kremasi Yang Terpendam Di Titik Pinalti

Setiap klub memiliki caranya sendiri untuk menghormati jasa para pemain legenda nya, tak terkecuali Chelsea. Pada tahun 2006, salah satu legenda mereka Peter Osgood meninggal dunia karena serangan jantung. Abu hasil kremasi mantan pemain nya itu kemudian dikuburkan dibawah titik putih pinalti yang menghadap tribun Shed End di Stadion Stamford Bridge. Upacara itu dihadiri oleh lebih dari 2500 pendukung Chelsea. Gol pertama yang dicetak sejak peristiwa itu adalah pinalti yang dilakukan oleh Andriy Shevchenko dalam pertandingan melawan Aston Villa yang berakhir 4-4.

6. Memainkan Sebuah Pertandingan di Lingkaran Kutub

Pada tanggal 24 Oktober 1997, Chelsea memainkan sebuah pertandingan di area lingkaran kutub melawan Tromso, sebuah klub yang berasal dari Norwegia. Saat itu The Blues mengalami kesulitan hingga mereka harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 3-2. Itu menjadi pertandingan paling tidak diinginkan oleh siapapun, tumpukan salju yang sempat mengakibatkan garis lapangan hilang pun menjadi salah satu cerita yang tak terlupakan pada laga tersebut.

7. Memiliki Banyak Fans Selebriti

Chelsea telah lama menjadi tim yang selalu bergaya, dengan beberapa prestasi dan raihan gemilang membuat Chelsea memiliki banyak penggemar. Bahkan tak hanya datang dari orang-orang biasa, tercatat ada nama-nama besar dunia yang juga menjadi penggemar The Blues seperti musisi Damon Albarn, penyanyi Bryan Adams, pemain NBA Kevin Garnett dan Paul Pierce, penata rambut Vidal Sassoon, bos balap Formula 1 Bernie Ecclestone, seorang sutradara Guy Ritchie dan aktris Renée Zellweger, serta rocker Billy Idol.

8. Bryan Adams Menciptakan Lagu Untuk Chelsea

Bryan Adams merupakan salah satu nama besar dunia yang menjadi penggemar Chelsea. Hal ini terbukti kala dirinya menciptakan lagu berjudul “No one can stop us now” untuk tim favorit nya itu.

9. Nyanyian Klub Pernah Menduduki Tangga Lagu

Tahun 1972, sebuah nyanyian yang didengungkan oleh para pemain Chelsea telah rilis. Lagu itu menjadi salah satu lagu wajib bagi seluruh pendukung Chelsea di seluruh dunia. Lagu tersebut sukses menduduki peringkat kelima di tangga lagu Inggris dan menjadi salah satu lagu yang paling terkenal

10. Mencetak Gol DI 7 Kompetisi Berbeda Dalam 1 Musim

Fernando Torres, pada tahun 2013 dirinya berhasil menjadi satu-satu nya pemain Chelsea yang selalu mencetak gol di 7 kompetisi berbeda. Pria Spanyol itu berhasil memcahkan rekor sebelumnya yang dicetak oleh Pedro Rodriguez yang mencetak gol di 6 kompetisi berbeda pada tahun 2009. Dalam rekor ini, Torres berhasil mencetak gol di FA Community Shield, Premier League, UEFA Champions League, FIFA Club World Cup, Capital One Cup, FA Cup dan UEFA Europa League.

Itu tadi beberapa fakta dari klub raksasa Inggris asal kota London, Chelsea. Untuk para pendukung The Blues.. mana fakta dari tim kesayangan kalian yang belum kalian ketahui? Tulis jawaban kalian pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru