Berita Bola Terbaru 11 Juli 2024 – Starting Eleven News

spot_img

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

INGGRIS TANTANG SPANYOL DI FINAL EURO

Timnas Inggris secara dramatis lolos ke final Euro 2024 setelah mengandaskan Belanda dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Kamis 11 Juli 2024 dini hari WIB. Belanda unggul lebih dulu. Berkat Xavi Simons yang menggetarkan gawang Inggris di menit ketujuh. Di menit ke-18 Harry Kane mampu menyamakan skor lewat penalti. Kemenangan Inggris pada akhirnya ditentukan lewat gol pemain pengganti Ollie Watkins di menit ke-90. Inggris pun lolos ke final dan akan bertemu Spanyol, Senin 15 Juli pukul 02.00 WIB, di Stadion Olimpiade, Berlin.

KANE SAMAI REKOR RONALDO

Dikutip dari Opta, Harry Kane kini menjadi top skor fase knockout Euro dengan total enam gol. Dengan sembilan gol fase gugur Euro dan Piala Dunia, Kane juga menjadi pencetak gol terbanyak, melewati catatan delapan gol Gerd Muller, Miroslav Klose, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe. Tambahan satu gol Kane di Euro kali ini juga membuat pemain Bayern itu sudah mencetak tujuh gol di Euro dan delapan gol di Piala Dunia. Catatan itu membuat Kane menjadi pemain kedua dalam sejarah, setelah Cristiano Ronaldo, yang mampu mencetak lebih dari tujuh gol di ajang Euro dan Piala Dunia.

WATKINS MENGAKU SUDAH JANJIAN DENGAN PALMER CETAK GOL INGGRIS

Ollie Watkins jadi pahlawan Inggris setelah mencetak gol memanfaatkan umpan Cole Palmer. Ternyata, Watkins sempat berbincang dengan Palmer sebelum masuk ke lapangan bahwa dirinya akan mencetak gol dari umpan Palmer. Hal itu diungkapkan Watkins dalam wawancara usai pertandingan. “Saya bersumpah atas anak-anak saya. Saya bilang ke Cole [Palmer] sebelumnya ‘Kita akan masuk sebagai pemain pengganti, dia akan mengirim umpan ke saya, dan saya akan mencetak gol’, dan hal itu terjadi,” ucap Watkins dikutip dari situs Goal.

INGGRIS KE FINAL, BUKTI KECERDASAN SOUTHGATE

Keputusan memasukkan Ollie Watkins dan Palmer di menit ke-81 membuktikan kecerdasan Gareth Southgate dalam melakukan pergantian pemain saat melawan Belanda. Gareth Southgate mengungkapkan soal efektivitas pergantian pemain di Inggris saat kontra Belanda. Menurut sang pelatih, dirinya sengaja memasukkan Watkins karena penyerang Aston Villa itu mampu memberikan energi baru.

PELATIH BELANDA: KAMI HANCUR KARENA VAR

Sementara itu, Ronald Koeman mengatakan VAR menghancurkan timnya dengan penalti babak pertama yang kontroversial. Seperti diketahui, laga diwarnai dengan pemberian penalti pada menit ke-18. VAR menyebutkan pelanggaran yang dilakukan bek Belanda Denzel Dumfries terhadap Kane. Wasit Felix Zwayer meninjau kejadian tersebut dan memberikan voucher tendangan penalti. “Ini bukan penalti. Niatnya hanya untuk memblokir tembakan. Harry Kane kemudian menembak dan kaki mereka bertabrakan,” kata Koeman dikutip dari AS pada Kamis ini.

PENJELASAN KENAPA WASIT BERI PENALTI KE INGGRIS

Situasi yang melibatkan Harry Kane dan Denzel Dumfries sebenarnya bisa dikatakan fifti-fifti. Dalam Laws of the Game 2023/24, pelanggaran terjadi jika seorang pemain melakukan aksi berbahaya (dangerous manner). Yang dimaksud aksi berbahaya itu adalah setiap tindakan yang, ketika mencoba memainkan bola, mengancam cedera pada seseorang (termasuk pemain itu sendiri) dan termasuk mencegah lawan di dekatnya memainkan bola karena takut cedera. Lalu, pelanggaran dengan cara mengangkat kaki ke arah lawan juga termasuk dangerous manner. Sanksinya adalah penalti jika memang terjadi di kotak penalti. Interpretasi yang bisa jadi dimiliki oleh wasit adalah tendensi Dumfries ketika mengangkat kakinya lebih kepada menghajar Kane ketimbang coba memblok bola.

TAWURAN SUPORTER BELANDA VS INGGRIS: 5 ORANG JADI KORBAN

Duel semifinal Euro tadi malam tidak hanya panas di dalam lapangan, tapi juga terjadi di luar stadion. Sebelum kick off, pecah tawuran antar suporter Belanda dan Inggris di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman. Sejumlah suporter terlihat saling baku pukul dengan tangan kosong. Namun ada juga fans yang melempar kursi kayu ke arah lawan mereka. Saksi mata mengatakan bahwa kericuhan ini berawal dari provokasi kedua belah pihak. Menurut data sementara polisi Inggris, terdapat lima pendukung mengalami luka ringan.

COPA AMERICA: KOLOMBIA VS URUGUAY

Dari Eropa kita terbang ke benua Amerika. Timnas Kolombia resmi jadi penantang Argentina di final Copa America 2024. Kepastian itu didapat usai Kolombia menjinakkan Uruguay dengan skor 1-0 di semifinal, Kamis 11 Juli pagi WIB. Dalam duel yang berlangsung ketat di Stadion Bank of America, AS, kedua tim sama-sama bermain agresif dan saling menebar ancaman. Namun, hanya satu gol yang tercipta selama 90 menit. Adalah Jefferson Lerma yang bawa keberuntungan bagi Kolombia di menit ke-39.

VAN DE BEEK PAMIT TINGGALKAN MU, SEGERA GABUNG GIRONA

Melalui akun instagramnya, Donny Van de Beek mengucapkan salam perpisahannya kepada para pemain Manchester United. Menurut kabar yang beredar, salah satunya diberitakan Sky Sports, Van de Beek akan melanjutkan karirnya di Spanyol. Ia sudah dipinang secara resmi oleh Girona. Ia juga diwartakan sudah menyelesaikan tes medis di klub Catalunya itu. Saat ini pihak MU dan Girona sedang membereskan proses administrasi transfer ini.

WALIKOTA MARSEILLE TOLAK KEDATANGAN GREENWOOD

Wali kota Marseille secara terbuka mendesak klub sepak bola kota itu untuk tidak merekrut Mason Greenwood dari Manchester United musim panas ini. Berbicara kepada stasiun radio Prancis RMC Sport, Benoit Payan mengatakan: “Perilaku Greenwood tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, tidak dapat diterima.” Sebelumnya, Greenwood memang pernah terlibat kasus kriminal. Dia menganiaya seorang perempuan dan sempat mendapat sanksi bermain sepakbola.

AC MILAN INGIN JADIKAN ARDA GULER SEBAGAI BRAHIM DIAZ 2.0

Sebuah manuver menarik akan dilancarkan oleh AC Milan. Milan berencana untuk merekrut Arda Guler dari Real Madrid. Menurut laporan itu, AC Milan akan melakukan pendekatan yang sama untuk transfer Arda Guler ini seperti saat mereka merekrut Brahim Diaz. Yakni dengan skema peminjaman selama satu musim dengan opsi pembelian permanen. Namun ketika Milan ingin membelinya secara permanen, Real Madrid memiliki hak untuk menolak. Milan percaya bahwa pendekatan seperti itu bisa berfungsi di transfer ini.

BARCELONA TOLAK MENTAH-MENTAH TAWARAN RP 3,5 T DARI PSG UNTUK YAMAL

Barcelona dikabarkan telah menolak mentah-mentah tawaran fantastis dari PSG untuk Lamine Yamal. Tim kebanggaan warga Catalan itu belum berencana menjual sang bocah ajaib. Menurut Football Espana, Yamal yang bersinar bersama Timnas Spanyol di Euro 2024, dihargai lebih dari 200 juta euro atau setara dengan Rp3,5 triliun oleh PSG. Namun, presiden Barcelona, Joan Laporta, tidak tergoda dengan iming-iming itu. Lamine Yamal dilabeli sebagai “not for sale”. 

REAL MADRID ‘UMUMKAN’ NOMOR PUNGGUNG MBAPPE

Rival Barcelona, Real Madrid telah mengumumkan nomor yang akan dipakai Kylian Mbappe di Los Blancos. Penyerang asal Prancis ini mendapatkan nomor 9, berbeda dibandingkan ketika memperkuat Paris Saint-Germain yakni mengenakan nomor 7. Selain mengumumkan nomor punggung pemain, Madrid juga menyampaikan rencana mereka terkait penyambutan Mbappe. Kabarnya, pengenalan Mbappe tersebut akan dihadiri sekitar 60 ribu orang.

BERITA TRANSFER PEMAIN

Menurut laporan media Prancis, AC Milan telah mencapai kesepakatan prinsip dengan Monaco mengenai biaya transfer gelandang bertahan timnas Prancis, Youssouf Fofana.  Minggu ini akan menjadi minggu yang menentukan dan biaya transfernya harus sekitar 22 juta euro ditambah bonus 2 juta euro lainnya, yang akan membuat kedua klub senang.

Eks pemain Liverpool, Philippe Coutinho, resmi pulang ke Brasil. Pemain Brasil itu dipinjamkan Aston Villa ke Vasco da Gama. Di situs resminya, disebutkan bahwa.durasi peminjamannya selama satu musim.

Real Madrid dan SSC Napoli telah mencapai kesepakatan mengenai transfer bek tengah El Real, Rafa Marín. Kedua tim telah menyepakati biaya senilai 12 juta Euro dengan opsi buyback di masa depan. 

Khephren Thuram baru saja resmi bergabung sebagai pemain baru Juventus. Gelandang asal Prancis tersebut akan tinggal di Turin hingga 30 Juni 2029 mendatang. Juventus hanya perlu membayar 20 juta euro atau sekitar Rp351 miliar kepada OGC Nice untuk transfer adik Marcus Thuram tersebut.

NOTTINGHAM FOREST REKRUT KIPER RAKSASA DARI CORINTHIANS

Klub Premier League, Nottingham Forest mengonfirmasi perekrutan kiper setinggi 6 kaki 8 inci, Carlos Miguel dari Corinthians. Penjaga mistar berumur 25 tahun itu menandatangani kontrak empat tahun di Forest. Carlos Miguel menjadi rekrutan keempat mereka pada bursa transfer musim panas kali ini. Sebelumnya, Forest telah mendatangkan Elliot Anderson, Marko Stamenic, dan Eric da Silva Moreira ke City Ground.

EKS LIVERPOOL JADI PELATIH TIMNAS WALES

Eks penyerang Liverpool & Manchester City, Craig Bellamy, resmi menjadi manajer timnas Wales, menggantikan Rob Page yang dipecat bulan lalu gara-gara gagal lolos Euro 2024. Bellamy sempat menjabat karateker Burnley, menggantikan Vincent Kompany yang hengkang ke Bayern.  Kini, ia dikontrak sampai 2028. Bellamy mengaku tak sabar menukangi Aaron Ramsey dkk. “Saya tak sabar mulai bekerja dengan laga-laga Nations League di Bulan September,” ucapnya.

PEMILIK LIVERPOOL DALAM PEMBICARAAN UNTUK MEMBELI BORDEAUX

Klub Liga Prancis, FC Girondins Bordeaux, sedang berdiskusi dengan Fenway Sports Group, pemilik Liverpool FC asal Amerika Serikat, terkait  tentang kemungkinan pengambilalihan. Bordeaux sedang mempertimbangkan proposal untuk menjual saham mayoritas modalnya kepada FSG. Sementara, FSG mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sedang dalam “tahap awal” pembicaraan.

YUSUF YAZICI JADI KANDIDAT PENYERANG AC MILAN

Dari inggris terbang ke Italia. Target terkini bagi lini serang Milan adalah Yusuf Yazici, agen bebas yang telah bekerja dengan Paulo Fonseca di LOSC di Liga Prancis. Pemain Turki 27 tahun ini telah menorehkan prestasi saat melawan Milan dengan mencetak tiga gol untuk Lille di San Siro dalam Liga Europa November 2020. Meskipun ia dapat bermain sebagai penyerang tengah, Yazici sebagian besar adalah seorang trequartista atau pemain sayap serang kanan. Selain Milan, Fenerbahce juga tertarik merekrutnya.

SIMPANG SIUR MASA DEPAN FEDERICO CHIESA DI JUVENTUS

Beberapa sumber mengklaim Federico Chiesa tidak terburu-buru untuk memutuskan masa depannya di Juventus, dan menurut Sky Sport Italia, pemain internasional Italia itu ingin memulai pramusim dengan Bianconeri. Meski Juve siap berpisah dengan Chiesa musim panas ini, sang pemain belum memutuskan masa depannya di klub. Laporan mengklaim bahwa Chiesa belum menerima tawaran resmi untuk memperpanjang kontraknya di Turin, yang berakhir Juni 2025. Laporan sebelumnya mengklaim Chiesa menuntut kenaikan gaji dan Juve tidak bersedia memenuhi tuntutannya.

INZAGHI TOLAK TAWARAN AL NASSR

Pelatih  Inter  Milan, Simone Inzaghi diberitakan telah menolak tawaran fantastis yang diajukan oleh klub Liga Saudi, Al Nassr, pada awal tahun 2024 ini. Hal tersebut diungkapkan oleh pakar bursa transfer Sport Italia, Alfredo Pedulla, seperti yang dilansir Football Italia. Pedulla mengungkapkan tawaran fantastis dari Al Nassr sebesar 20 juta euro net per musim kepada Inzaghi. Namun, eks manajer Lazio itu merasa masih ada pekerjaan yang harus ia selesaikan dalam proyeknya bersama  Nerazzurri.

“HUKUM VINI JR” MULAI BERLAKU DI BRASIL

Pemain Real Madrid dan Brasil, Vinicius Junior, telah menjadi kritikus rasisme yang paling vokal dan blak-blakan di Spanyol. Di tanah kelahirannya, Brasil, muncul apa yang disebut ‘undang-undang Vinicius’ yang mulai berlaku pada hari Selasa 9 Juli 2024. Undang-undang ini menetapkan kerangka hukum bagi para pejabat di acara-acara olahraga di negara bagian Rio Grande do Sul. Jika terjadi rasisme atau homofobia, wasit dapat menghentikan pertandingan hingga perilaku tersebut berhenti.

VINICIUS MINTA MAAF USAI BRASIL TERSINGKIR

Brasil gagal di Copa America 2024. Vinicius Junior meminta maaf karena telah mengecewakan setelah absen gara-gara akumulasi kartu. Tanpa Vinicius, Brasil kesulitan menciptakan peluang. Performa Vinicius sendiri di Copa America 2024 sempat dikritik sebelum membaik di laga kedua melawan Paraguay dengan mencetak dua gol. “Saya mengacau dengan mendapat dua kartu kuning yang seharusnya bisa dihindari. Sekali lagi saya menyaksikan eliminasi dari pinggir lapangan. Tapi kali ini, ini salah saya. Saya minta maaf,” ucapnya, dilansir Goal, 9 Juli 2024.

AGEN AKUI FABIAN RUIZ PUNYA KEINGINAN KEMBALI KE REAL BETIS

Agen dari Fabian Ruiz mengakui bahwa kliennya memiliki keinginan untuk kembali ke klub masa kecilnya, Real Betis, sebelum gantung sepatu sebagai pemain sepak bola. Akan menarik untuk melihat apa yang akan dilakukan Ruiz dan PSG pada musim panas ini. Setelah Euro 2024 berakhir, sang pemain dapat menentukan masa depannya, apakah akan tetap berada di ibu kota Prancis atau mendengarkan tawaran lain.

DAVID ALABA MASIH HARUS ABSEN HINGGA 2025

Bek Real Madrid, David Alaba, masih berjuang melawan cedera lutut parah (ACL) yang dialaminya musim lalu. Menurut surat kabar Austria Die Presse, Alaba mungkin tidak akan kembali ke lapangan hingga tahun 2025, jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Cedera Alaba dianggap sebagai cedera terberat di antara pemain Real Madrid musim lalu. Sementara rekan setimnya Thibaut Courtois dan Éder Militão telah kembali bermain setelah cedera serupa.

Gabung sekarang juga, Member Kami Batasi!

spot_img

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru