10 Tim Yang Belum Pernah Merasakan Degradasi

spot_img

Dalam sejarahnya, sepak bola sudah menelurkan banyak tim-tim hebat. Hal tersebut bisa dinilai dari jumlah trofi, deretan pemain terbaik, hingga tidak pernah turun ke divisi terbawah. Bicara tentang turun kasta, kali ini starting eleven akan menyajikan 10 tim yang belum pernah merasakan degradasi.

1. Real Madrid

Real Madrid menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia. Maka wajar bila mengetahui klub yang berbasis di kota Madrid itu belum pernah turun kasta. Didirikan pada 1902, el Real mampu bertahan di kasta tertinggi sepak bola Spanyol. Bahkan, mereka juga menjadi peraih trofi Liga Champions terbanyak.

2. Barcelona

Sama seperti rival abadinya, Barcelona menjadi klub asal Spanyol selanjutnya yang mampu bertahan di La Liga sejak pertama kali muncul. Hingga saat ini, Barca menjadi salah satu klub terbesar dalam sepak bola Spanyol dan bersaing secara rutin untuk mendapatkan gelar juara La Liga.

3. Athletic Bilbao

Meski tidak memiliki trek segemilang Real Madrid dan FC Barcelona, Bilbao bisa sedikit jumawa. Pasalnya, klub tersebut belum pernah sekalipun terlempar dari kompetisi tertinggi Liga Spanyol. Meski hanya menggunakan pemain dari Basque saja, klub yang bermarkas di San Mames ini tetap konsisten berada di La Liga.

4. Inter Milan

Inter Milan menjadi satu-satunya tim asal Italia yang mampu bertahan di Serie A sejak didirikan pada 1908. Saudara sekota AC Milan ini juga tercatat sebagai satu-satunya wakil Serie A yang mampu meraih trigelar dalam satu musim kompetisi.

5. Ajax

Salah satu kekuatan terbesar Liga Belanda, Ajax Amsterdam, belum pernah sekalipun merasakan jurang degradasi. Mereka bahkan dinobatkan sebagai tim tersukses asal Belanda. Raihan itu terasa wajar mengingat Ajax sudah mengantongi lebih dari 30 gelar Eredivisi dan beberapa trofi Liga Champions Eropa.

6. Benfica

Klub asal Portugal, Benfica, menjadi nama selanjutnya yang masuk kedalam daftar emas tim yang belum pernah merasakan degradasi. Meski masih menjalani paceklik di kompetisi Eropa, Benfica masih terus berjuang dengan menelurkan beberapa pesepakbola hebat.

7. FC Porto

Klub asal Portugal lainnya yang belum pernah merasakan jurang degradasi yaitu FC Porto. Jawara Eropa tahun 2004 ini masih setia bersaing dengan tim kuat lainnya di Liga Utama Portugal. Bahkan, kekuatan klub ini mampu menjadi batu sandungan bagi tim-tim Eropa lainnya.

8. Celtic

Glasgow Celtic merupakan salah satu klub paling populer Skotlandia. Memenangkan lebih dari 45 title liga, wajar bila Celtic dianggap sebagai rajanya liga Skotlandia, ditambah mereka belum pernah sekalipun turun kasta.

9. Sporting Lisbon

Menjadi awal karier mega bintang Cristiano Ronaldo, Sporting Lisbon bukanlah tim yang bisa dianggap remeh. Dengan segala pretasi dan histori, klub ini termasuk kedalam tiga nama besar Portugal yang belum pernah merasakan degradasi.

10. PSV Eindhoven

Bermarkas di Philip Stadium, PSV Eindhoven menjadi salah satu nama hebat dari Eredivisi Belanda. Klub yang mempopulerkan nama-nama besar seperti Arjen Robben dan Ruud van Nistelrooy ini juga menjadi salah satu tim yang belum pernah tersingkir dari kasta tertinggi sepak bola Belanda.

Selain nama-nama diatas, masih ada Utrech, Feyenoord Rotterdam, serta tim era Premier League seperti Arsenal, Chelsea, Everton, Liverpool, Manchester United dan Tottenham Hotspur yang belum pernah merasakan degradasi.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru