10 Fakta Jose Mourinho

spot_img

Jose Mourinho menjadi salah satu pelatih terhebat dalam sejarah persepakbolaan dunia. Dirinya berhasil mengejutkan dunia dengan membawa FC Porto meraih gelar Champions League dan juga sukses bersama Inter Milan dengan raihan trigelarnya hanya dalam satu tahun kompetisi.

Berikut ini, starting eleven akan menayjikan 10 fakta Jose Mourinho..

#1

Sepakbola sudah menjadi bagian dari hidup Mourinho. Ketika remaja, Mourinho sering mengunjungi ayahnya yang berprofesi sebagai pelatih jika ada pertandingan di akhir pekan. Mourinho mulai mengobservasi sesi latihan dan memantau tim lawan. Mourinho ingin mengikuti jejak ayahnya dan bergabung dengan Akademi Belenenses.

#2

Ibu Mourinho memutuskan untuk memasukannya ke sekolah bisnis. Namun ia dikeluarkan di hari pertama. Mou memutuskan untuk fokus pada olahraga. Ia pun memilih studi ilmu olahraga dengan belajar di Instituto Superior de Educao Fisica (ISEF)

#3

Jose Mourinho dapat berbicara dalam enam bahasa seperti Portugis, Inggris, Spanyol, Catalan, Italia, dan Prancis.

#4

Mourinho memulai karir profesional dalam dunia kepelatihan, ketika dirinya menjadi pelatih tim junior di Vitoria de Setubal pada awal 1990-an. Kemudian, pada 1992 Bobby Robson ditunjuk sebagai manajer baru Sporting Lisbon dan meminta pelatih lokal untuk bekerja sebagai penerjemahnya. Sejak saat itu, Mourinho mulai mendiskusikan taktik bersama Robson.

#5

Saat melatih FC Porto di pra musim 2002/03, Mourinho memilih jogging 20 km sebagai latihan aerobik tambahan bagi seluruh pemain nya. Dengan stamina yang bertambah, Mourinho menerapkan strategi high pressure yang menekan dari garis penyerangan. Dengan strategi tersebut, Mourinho berhasil menjuarai Primeira Liga, Taca de Portugal dan Piala UEFA.

#6

Mourinho pernah ditangkap dan diperingatkan oleh polisi pada tahun 2007. Hal ini dikarenakan dia menolak membiarkan anjingnya, Gullit, keluar rumah. Menurut polisi, anjingnya tidak menerima suntikan yang tepat, dan mencoba menyelundupkan anjing peliharaan itu keluar dari pintu belakang rumahnya.

#7

Jose Mourinho adalah guru pendidikan jasmani di sebuah sekolah dasar di Lisbon, Portugal. Sebelum ditangani Mourinho, tidak ada murid perempuan yang mau mengikuti pelajaran penjas. Namun setelah Mourinho mengajar, tidak ada lagi murid yang mengambil cuti sakit.

#8

Mourinho tidak suka menyetir di Inggris. Jose Mourinho hobi menyetir mobil sendiri. Namun saat di Inggris, brand ambassador mobil Jaguar The Special One ini enggan untuk melakukannya. Dia mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap jalanan Inggris karena sangat berbeda dengan situasi jalan di Portugal. Dia harus fokus untuk mengemudi di sisi lain jalan.

#9

Tahun 2011, Jose Mourinho menghiasi cover majalah Rolling Stones. Mourinho disebut sebagai ‘Rockstar of the Year’. Di isi majalah tersebut diceritakan tentang tingkah laku Mourinho yang sangat unik. Mulai dari berbagai reaksi gilanya saat berada di lapangan hingga kejadian tak terduga saat sedang melakukan jumpa pers.

#10

Mourinho pindah ke Chelsea pada 2 Juni 2004 dengan kontrak tiga tahun. Mourinho mendapatkan julukan ‘The Special One’ ketika Chelsea mengadakan konferensi pers. “Please don’t call me arrogant, but i’m European champion and i think im a special one,” kata Mourinho. Alhasil media pun ramai-ramai menjulukinya sebagai “The Special One”.

Itulah beberapa fakta dari pelatih fenomenal asal Portugal. Silahkan tulis komentar kalian dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

spot_img
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ORIGINAL MERCHANDISE STARTING ELEVEN

Obral!
Obral!

Glory Glory Manchester United

Rp109,000Rp125,000
Obral!
Obral!

Cristiano Ronaldo Siuuuu...

Rp109,000Rp120,000

Artikel Terbaru