10+ Fakta Unik Yang Tidak Kamu ketahui Tentang Erling Haaland

Erling Haaland benar-benar menjadi sensasi saat ini. Setelah kehadiran Kylian Mbappe yang begitu fenomenal, kini muncul satu lagi pemain muda paling potensial bernama Erling Haaland.

Haaland memang sangat layak menjadi sorotan. Dirinya yang begitu handal didepan gawang sukses ceploskan banyak gol. Bahkan torehan nya sejauh ini sudah banyak catatkan rekor.

Kini, Haaland berstatus sebagai remaja berbakat milik Borussia Dortmund. Ia yang dibeli dari RB Salzburg langsung tampil sempurna dengan mencetak gol di pertandingan debut dan diikuti dengan gol di pertandingan-pertandingan berikutnya.
Agar lebih mengenal siapa sebenarnya sosok tersebut, berikut starting eleven sajikan fakta menarik yang tidak kamu ketahui tentang Erling Haaland.

Lahir di Inggris dan Suporter Leeds United

Haaland merupakan putra mantan penggawa Leeds United dan Manchester City, Alf-Inge Haaland. Dia lahir di Leeds, Inggris pada 2000. Menurut wawancara pada Februari 2017, Haaland mengaku bercita-cita ingin memenangkan Liga Primer Inggris bersama Leeds United.

“Aku ingin menjadi yang terbaik. Impiannya adalah memenangkan Premier League bersama Leeds,” kata Erling Haaland (via Leeds-live)

Leeds United sendiri saat ini masih bermain di Divisi Championship. Klub asuhan Marcelo Bielsa tersebut bermain bagus pada musim 2018/19 lalu, tetapi gagal promosi ke Premier League.

Mencetak Rekor Dunia Sejak Berusia 5 Tahun

Haaland mencetak rekor dunia untuk pertama kalinya pada usia 5 lima tahun. Prestasi itu diraih dengan melakukan lompatan berdiri atau standing jump sejauh 1,63 meter pada 22 Januari 2006. Rekor itu berlaku untuk anak-anak berusia 5 tahun dan belum ada yang mematahkannya hingga sekarang.

Ibu nya Merupakan Juara Nasional

Darah atlet tidak hanya mengalir dari ayahnya. Ibunda Haaland yang bernama Gry Marita juga juara heptathlon (cabor atletik) di Norwegia. Sebelum memilih sepak bola, Haaland dikenalkan ibunya dengan dunia atletik, bola tangan, ski dan lari lintas alam.

Debut Senior Sejak Usia 15 Tahun

Bryne FK, klub kota dibesarkannya Haaland sudah melihat bakat sebagai bintang saat masih berusia 15 tahun. Setelah itu, mereka tidak ragu mengajak Haaland ke tim senior.

Ole Gunnar Solskjaer Berpengaruh Besar Terhadap Bakatnya

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer diakui Haaland berpengaruh besar dalam kemajuan kariernya. Itu terjadi karena Solskjaer pernah melatih Molde yang juga klub Haaland pada 2017.

Pada saat Ole melatih MU, ia sebenarnya sangat ingin merekrut Haaland. Namun sayang, sang pemain lebih memilih bergabung ke klub Bundesliga.

Dijuluki Manchild

Postur besar dengan tinggi 194 cm milik Haaland tidak muncul begitu saja. Dia memang sengaja membentuknya dengan menghabiskan waktu di gym sejak kecil. Kondisi postur sebesar orang dewasa dan umur masih muda membuat orang-orang di Molde memanggil Haaland dengan sebutan manchild atau bongsor.

Penggemar Rap

Haaland diketahui penggemar musik rap. Nama rapper-nya adalah Flow Kingz dan salah satu aksinya bisa dilihat lewat Twitter @CataloniaUltra.

Terbiasa Dengan Kamera

Haaland sempat beberapa kali tampil konyol di depan kamera. Salah satu buktinya bisa dilihat lewat video unggahan Twitter @_CarltonCole9. Di sana, dia menari dengan gerakan yang cukup unik.

Mencetak Sembilan Gol dalam Satu Pertandingan

Debut Haaland membela timnas Norwegia U-20 langsung menjadi sorotan di Piala Dunia FIFA 2019. Pasalnya, dia menyumbang 9 gol dalam kemenangan 12-0 Norwegia atas Honduras.

Setelah itu, Haaland langsung tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan di sepanjang sejarah Piala Dunia U-20.

Menyukai Zlatan Ibrahimovic

Haaland pernah mengaku sangat menyukai legenda Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Itu terjadi karena Ibra cocok dengan gaya bermainnya dan masih berasal dari kawasan Skandinavia.

Striker berpaspor Swedia itu pernah bermain untuk Barcelona dan Manchester United.

“Aku memiliki banyak panutan dan aku telah meihat banyak pemain bagus, tetapi Ibrahimovic adalah yang terbesar bagiku, bagaimana ia menjadi begitu baik, jalan yang dia ambil dan cara ia bermain,” (via sportbible)

Menyegel 7 Rekor Liga Champions

Sejauh ini sudah tujuh rekor yang dicetak Haaland di Liga Champions. Tiga di antaranya adalah mengoleksi 10 gol dalam 4 pertandingan, pesepakbola yang paling banyak cetak gol di musim pertama kompetisi Eropa dan pemain termuda yang mencetak hattrick.

Bahkan selain mencetak gol, Haaland juga sempat kejutkan dunia dengan kemampuan lari yang begitu luar biasa. Dalam laga melawan Paris Saint Germain, Haaland mampu berlari dengan kecepatan 36 km/jam, sehingga membuatnya menempuh jarak 60 meter ke area kotak penalti PSG hanya dalam waktu 6,64 detik saja. Kecepatan itu tentu sungguh luar biasa.

Menyukai Lagu Liga Champions

Pada sebuah wawancara, Haaland mengaku sudah mendengar lagu Liga Champions sejak kecil dan menganggapnya sebagai salah satu lagu favorit. Selain itu, dia juga masih sering mendengarkannya di mobil hingga kini.

Lagu Liga Champions sendiri memang sangat ikonik. Bahkan dalam beberapa kesempatan, sejumlah pemain dunia sempat melayangkan pujian terhadap lagu yang sangat bersejarah itu.

Kurang Suka Diwawancara Usai Laga

Banyaknya gol yang dicetak, tampak kurang sepadan dengan kata-kata yang diucapkan Haaland saat diwawancarai seusai laga. Salah satu buktinya ada di video unggahan Twitter @BallStreet pada September 2019 lalu. Saat itu, dia hanya menjawab seperlunya hingga membuat reporter bingung.

Meniru Diet Cristiano Ronaldo

Ayah Haaland pernah bercerita bahwa anaknya berkorban lebih besar ketimbang dirinya saat meniti karier di sepak bola. Haaland disebutkannya sudah meninggalkan Molde sejak berusia 16 tahun dan punya sikap lebih profesional.

Pada suatu waktu, Haaland cerita kepada ayahnya tentang makan siang Patrice Evra bersama Cristiano Ronaldo yang menunya hanya ikan. Dan, Haaland pun dikatakannya melakukan hal yang sama karena Ronaldo masih tampil prima hingga usianya menginjak 35 tahun.

Sangat Mengidolakan Michu

Meski Haaland sangat menyukai Zlatan Ibrahimovic dan meniru gaya diet Ronaldo, penyerang muda asal Norwegia ini sangat mengidolakan Michu. Baginya, Michu merupakan sosok striker yang sempurna. Bahkan ia beberapa kali menandai dirinya sebagai Michu, dalam beberapa postingan instagram.

Michu pun merespon komentar Haaland tentang dirinya. Ia merasa sangat terhormat dan percaya bahwa Haaland akan menjadi pemain bintang di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *