Bagaimana Nasib Diego Costa Setelah Mendapat Hukuman 8 Laga?

Bagaimana Nasib Diego Costa Setelah Mendapat Hukuman 8 Laga?

Diego Costa baru saja menjadi pembicaraan publik sepakbola. Pemain yang memang dikenal punya tempramen tinggi ini kembali menuai kontroversi. Kali ini, Costa mendapat kartu merah langsung di laga FC Barcelona melawan Atletico Madrid. Dia diusir dari lapangan setelah melontarkan hinaan ke wasit.

Striker 30 tahun itu terbukti memprotes keras wasit Jesus Gil Manzano. Costa terlihat sangat emosional saat menyampaikan keberatannya, dia bahkan mendekatkan wajahnya ke muka wasit saat melakukan hal tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, wasit mengusir Costa dari lapangan setelah dia melontarkan hinaan kasar yang artinya sama dengan ‘anak pel**ur’ dalam bahasa Indonesia. Sementara itu, ada laporan lain yang mengatakan Costa juga menghina ibu wasit Jesus Gil.

Karena insiden tersebut dinilai sangat berlebihan, federasi sepak bola Spanyol (RFEF) langsung melakukan investigasi. Setelah beberapa hari, Costa akhirnya resmi dijatuhi hukuman. Musim Diego Costa dianggap habis. Bomber Atletico Madrid itu dijatuhi larangan bermain selama delapan laga usai dikartu merah dalam kekalahan melawan Barcelona.

Goal melaporkan, Komisi Disiplin La Liga memutuskan bahwa Costa diskors selama empat pertandingan karena menghina wasit, dan mendapatkan skors di empat laga tambahan karena mencengkeram lengan sang ofisial. Meski sempat diberi kesempatan untuk mengajukan banding hukuman Costa dalam waktu 10 hari sejak sanksi dijatuhkan, pelatih Atletico, Diego Simeone, menganggap kalau hukuman itu terlalu berlebihan.

Dilansir dari marca, Simeone mengatakan hukuman ini tidak bisa dipercaya. Dia tidak tahu apa yang harus dikatakan. Baginya, ini adalah hukuman yang rumit.

Tak hanya Simeone, Thomas Partey pun merasakan hal yang sama. Seperti dilansir marca, Thomas Partey yakin skorsing delapan pertandingan yang diberikan kepada Diego Costa adalah hukuman yang tidak adil. Ia bahkan meyakini bahwa keputusan yang dikeluarkan oleh otoritas La Liga harus ditinjau ulang dan dikurangi.

Setelah mendapat hukuman yang terbilang berat, bagaimana nasib Diego Costa selanjutnya?

Hukuman Costa yang pasti akan memaksa Diego Simeone memutar otak lebih cepat dari biasanya. Penyerang Atletico saat ini hanya dihuni oleh sosok Antoine Griezmann, Alvaro Morata, dan Nikola Kalinic. Dengan belum stabilnya performa Morata dan Kalinic praktis hanya menyisakan Griezmann sebagai pemain yang bisa diandalkan.

Absennya Costa selama delapan laga juga akan memberi efek yang cukup besar baginya. Setelah sempat berkutat dengan cedera dan akhirnya pulih, Costa harus kembali dipaksa untuk tidak tampil di lapangan. Absennya hingga akhir musim juga membuat Simeone berfikir untuk kembali memainkan Costa pada laga pra-musim. Itupun jika Atletico tidak kedatangan penyerang baru. Seperti diketahui, klub yang bemarkas di Wanda Metropolitano dikabarkan sedang memantau striker Napoli, Arkadiusz Milik, untuk didatangkan pada bursa transfer musim panas mendatang.

Selain itu, posisinya juga bisa terdepak oleh beberapa pemain binaan akademi yang mulai menunjukkan perkembangannya. Misalnya saja Borja Garces, pemain berusia 19 tahun itu baru saja menandatangani kontrak baru dengan Atletico hingga 2022. Perpanjangan kontrak Garces tak lepas dari peran Simeone yang begitu menyukai gaya bermain penyerang muda berbakat itu.

Lalu, beredar kabar bahwa Atletico mulai kehabisan kesabaran pada Diego Costa. Musim kedua Costa usai comeback menuju Los Rojiblancos tidak berjalan mulus. Ia kerap diganggu cedera sehingga baru membuat 21 pertandingan dari total 44 pertandingan Atletico di musim 2018/19. Itu artinya, Costa hanya bermain selama 1.530 menit dari kemungkinan 3.990 menit bermain secara keseluruhan. Sejauh ini, baru lima gol yang bisa disumbangkan Costa untuk Atletico.

Costa memang masih terikat kontrak di Wanda Metropolitano sampai 2021. Namun dengan kondisinya yang belum konsisten serta sikap yang tak kunjung dewasa, bukan tak mungkin bagi Atletico untuk mulai mendengar tawaran yang dilayangkan kepada Costa pada bursa transfer musim panas mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *