Apa Rahasia Stamina Pemain Sepakbola?

Apa Rahasia Stamina Pemain Sepakbola?

Para olahragawan dituntut untuk selalu tampil prima, tak terkecuali pemain sepak bola. Para aktor lapangan hijau dituntut memiliki fisik yang kuat dan tentunya stamina prima yang tak mudah lelah. Selain harus memiliki fisik yang kuat, seorang pemain sepak bola juga dituntut untuk memiliki daya pikir cepat agar bisa membangun sebuah serangan ke daerah lawan.

Dalam beberapa kajian ilmu pengetahuan, sepakbola sering dianggap sebagai olahraga yang unik karena seorang pemain bisa berlari hingga 10 kilometer dalam berbagai kondisi. Bahkan, mereka bisa berganti arah berlari hingga 1000 kali dalam 90 menit dengan kecepatan yang bervariasi.

Demi memenuhi stamina para pemain agar tak mudah lelah saat bermain, para pelatih menerapkan latihan kebugaran sesuai dengan yang mereka yakini. Artinya, tidak ada latihan tertentu untuk membentuk stamina para pemain. Bahkan dulu banyak pemain yang dilatih agar kuat berlari hingga 20 km jauhnya.

Namun seiring berjalannya waktu, cara itu sudah tidak digunakan lagi mengingat pesepakbola tidak berlari dalam kecepatan konstan di lapangan. Kini pola latihan yang diberikan semakin berkembang. Salah satu rahasia kebugaran pemain diatas lapangan adalah dengan diterapkannya metode High-Intensity Interval Training.

Metode ini menggabungkan berbagai macam kondisi dari mulai sprint, jogging, berjalan, hingga istirahat.

Contohnya, para pemain akan disuruh berlari dengan jarak 150-200 meter dalam kecepatan penuh. Lalu dilanjutkan dengan jogging sebelum akhirnya ditutup kembali dengan sprint dan kemudian beristirahat. Latihan tersebut bisa dilakukan beberapa kali sesuai kebutuhan tiap pemain. Secara spesifik, metode ini baik untuk meningkatkan kebugaran pemain sepakbola.

Hebatnya lagi, dengan melakukan metode ini para pemain akan mengalami peningkatan VO2max hingga 4%.

Apa itu VO2max? Dalam olahraga, istilah VO2max adalah volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. Volume O2 max ini adalah suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam milli liter/menit/kg berat badan.

Bagi pemain sepak bola yang memiliki nilai VO2max tinggi, maka akan semakin bagus staminanya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah nilainya, maka semakin rendah pula stamina pemain tersebut.

Selain mampu meningkatkan stamina, metode High-Intensity Interval Training juga mampu membuat pemain akan mengeluarkan lebih sedikit energi ketika melakukan aktivitas yang sama.

Hal ini disebabkan karena efek yang ditimbulkan oleh metode tersebut juga melatih cara berlari seseorang sehingga menjadi lebih efisien. Dengan begitu, energi yang terbuang karena gerakan yang tidak perlu akan lebih diminimalisir.

Selain melatih ketahanan tubuh, faktor makanan juga sangat berpengaruh bagi stamina para pemain sepak bola. James Collins, ahli gizi terkemuka untuk klub Arsenal dan tim nasional Inggris di Piala Dunia 2014, membeberkan makanan yang biasa dikonsumsi oleh para pemain sepak bola di Liga Primer Inggris.

Menurut Collins, para pemain dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang melibatkan berbagai protein dan karbohidrat seperti pasta, ayam, daging sapi, maupun salmon. Lalu tak lupa makanan ringan yang cenderung tinggi protein dan tak banyak mengandung gula seperti Mousse, salah satu dessert populer asal Perancis.

Sebagai penunjang, para pemain juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen, air putih yang cukup, sereal, serta telur. Beras merah, sayuran hijau, pisang, dan alpukat juga akan sangat membantu untuk meningkatkan serta mamulihkan stamina.

Dengan latihan serta konsumsi makanan yang baik, para pemain akan mampu menjaga stamina serta ketahanan fisiknya. Satu contoh nyata dari diterapkannya hal tersebut adalah Cristiano Ronaldo.

Pemain asal Portugal itu tidak mengalami penurunan sama sekali meski umurnya telah mencapai angka 34 tahun. Latihan rutin serta mengonsumsi makanan sehat menjadi alasan mengapa Ronaldo selalu tampil superior di tiap laga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *