Mengapa Ronaldo Memakai Nomor Punggung 7?

Mengapa Ronaldo Memakai Nomor Punggung 7?

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai seorang pemain yang memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Bakat yang dimilikinya sudah terlihat saat dirinya masih bermain bersama skuat junior Sporting Lisbon di tahun 1997 hingga 2002.

Selain dikenal sebagai pemain yang sangat luar biasa, Cristiano Ronaldo juga dikenal sebagai pemain paling ikonik dengan nomor punggung 7. Tanpa nomor 7 dipunggungnya, dunia tak akan mengenal CR7. Namun apa yang sebenarnya membuat Ronaldo memakai nomor punggung 7?

Bermain apik bersama Sporting Lisbon, Sir Alex Ferguson tertarik untuk merekrutnya. Pelatih legendaris itu terpukau dengan kemampuan remaja Portugal yang sangat lihai dalam mengolah si kulit bundar. Dengan biaya yang mencapai 12 juta paun, calon bintang masa depan resmi mendaratkan kakinya di Old Trafford.

Setelah diumumkan sebagai pemain United, Ronaldo mampu menjawab kepercayaan sang pelatih. Ia membuat Fergie kagum dengan segala skill dan gol spektakuler diatas lapangan. Karena dianggap sebagai bocah ajaib, Ferguson membuat keputusan yang cukup berani.

Terbilang baru saja menjadi bagian tim setan merah, hidup Ronaldo langsung diubah oleh sosok Ferguson. Pria Skotlandia itu memberinya suatu kehormatan. Yaitu, jersey bernomor punggung 7.

“Saat itu manajer (Sir Alex Ferguson) mengatakan padaku ‘Baiklah, aku ingin kamu memakai jersey nomor 7’,”

“Aku sangat terkejut karena aku tahu semua pemain bintang yang sebelumnya memakai jersey itu,” ungkap Ronaldo

Perkataan Ronaldo memanglah benar. Pemakai jersey nomor tujuh di kubu setan merah bukanlah sembarang pemain. Ada nama George Best, Eric Cantona, hingga David Beckham.

Namun justru hal itulah yang membuat Fergie yakin untuk memberi nomor punggung 7 kepada Ronaldo. Ia ingin anak asuhnya itu menjadi pemain yang juga memiliki catatan gemilang seperti para legenda United.

Seakan menjadi awal kesuksesannya, Ronaldo mampu membuktikan perkataan Fergie. Ia menjelma menjadi pemain luar biasa dengan segudang prestasi. Selama enam musim di Inggris, Ronaldo berhasil mempersembahkan banyak gelar bergengsi, seperti tiga gelar Premier League, FA Cup, League Cup, Champions League dan trofi Piala Dunia Antarklub.

Tak hanya itu, ia juga sukses meraih gelar Ballon D’or dan mencetak 84 gol dari 196 pertandingan.

Berbekal status pemain terbaik dunia, Ronaldo resmi diboyong Real Madrid pada tahun 2009. Namun, hasratnya untuk memakai nomor punggung 7 sempat tertunda. Hal itu dikarenakan nomor tersebut masih dipakai oleh Raul Gonzales.

Baru setelah Raul memutuskan pindah ke Schalke, Ronaldo mengganti nomor yang sebelumnya 9 menjadi 7.

Memakai nomor favoritnya, Ronaldo semakin menggila. Ucapan Sir Alex Ferguson benar. Ia tak salah dalam menyematkan nomor 7 dalam diri Ronaldo.

Real Madrid sukses dibawanya merajai Eropa hingga empat kali. Tak ketinggalan, CR7 juga sukses meraih gelar Ballon D’or sebanyak 4 kali bersama el Real. Selama hampir 10 tahun membela raksasa Spanyol, mega bintang asal Portugal ini memutuskan untuk hengkang ke Turin.

Meneruskan tradisi pribadinya, ia meminta nomor punggung 7 yang sebelumnya dikenakan Juan Cuadrado. Pemain asal Kolombia itu dengan sangat terbuka menerima permintaan Ronaldo dan mengganti nomor punggung nya menjadi 16.

Lalu, apakah Ronaldo juga memakai nomor punggung 7 di Tim Nasional Portugal?

Tentu saja. Sempat memakai nomor punggung 17, Ronaldo memakai nomor punggung favoritnya setelah Luis Figo memutuskan untuk pensiun.

Hingga kini, Ronaldo dikenal sebagai pemain yang paling identik dengan nomor punggung 7. Bersamaan dengan panggilan CR7, brand yang dikeluarkannya juga banyak yang menggunakan kata legendaris tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *