Biografi Steven Gerrard

Biografi Steven Gerrard

Steve George Gerrard, lahir pada 30 Mei 1980 di Whiston, Merseyside. Ia lahir dari pasangan Paul Gerrard dan Julie Ann Gerrard. Saat lahir, Gerrad pernah mengalami cacat pada kakinya. Kakinya bengkok dan menyebabkannya sulit untuk berjalan. Setelah menjalani serangkaian pengobatan, dirinya bisa kembali berjalan normal.

Gerrard kecil memulai permainan sepak bola nya pada usia 5 tahun. Ia memiliki keinginan luar biasa untuk mengolah si kulit bundar. Ketika itu, Gerrard sangat menyukai Everton. Ia kerap bermain didekat Goodison Park dan beberapa kali mengambil foto di stadion tersebut.

Saat bermaain bola bersama teman-temannya, Gerrard pernah mengalami kejadian mengerikan. Ketika itu, bola yang dimainkannya tersangkut pada sebuah pagar. Ia lalu mencoba menendang dengan tujuan untuk melepas bola. Namun nahas, kakinya justru menendang cangkul garpu yang berada di dekat pagar.

Setelah dilarikan ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa jari kakinya perlu diamputasi. Orang tuanya yang tak rela melihat jari kaki anaknya diamputasi meminta dokter untuk menempuh jalan lain. Setelah mendapat pengobatan yang intens tanpa amputasi, kondisi Gerrard semakin membaik.

Kembali bermain bola, Gerrard bergabung dengan tim lokal, Whiston Juniors. Di akademi tersebut, Gerrard ditemukan oleh pemandu bakat Liverpool. Hingga saat usianya menginjak 9 tahun, sang kapten masa depan bergabung dengan The Kop.

Pada usia 14 tahun, Gerrard sempat melakukan ujicoba dengan beberapa klub, termasuk Manchester United, namun gagal.

Di usia 17 tahun, Gerrard resmi menandatangani kontrak profesionalnya dengan Liverpool pada 5 November 1997. Setahun kemudian, dia melakukan debut pertamanya dengan The Reds sebagai pemain pengganti pada laga melawan Blackburn Rovers di kompetisi Premier League.

Musim 1999/00, Gerrard mencetak gol pertamanya saat melawan Sheffield Wednesday. Meski begitu, Gerrard sempat kesulitan menemukan posisi idealnya. Gerrard harus bermain di beberapa lini terlebih dahulu sebelum mengisi pos aslinya.

Selain itu, Gerrard juga dilanda cedera pada masa-masa awal bermain bersama Liverpool.

Setelah sembuh dari cederanya, Gerrard bermain sebanyak 50 penampilan untuk Liverpool di musim 2001/02. Dia juga sukses mencetak 10 gol dan mempersembahkan gelar Piala FA, Piala Liga, dan Piala Eropa. Ketika itu, Gerrard meraih gelar ‘PFA Young Player of the Year’.

Setelah sebelumnya menjabat sebagai wakil kapten, Gerrard resmi ditunjuk sebagai kapten pada bulan Oktober tahun 2003. Di tahun tersebut, Gerrard juga resmi memperpanjang kontrak dengan Liverpool selama empat tahun.

Mengalami masa-masa sulit pada musim 2003/04, Gerrard sempat akan tergiur dengan tawaran yang diajukan Chelsea. Namun ia lalu menolak dan memutuskan bertahan di Anfield.

Memulai musim 2004/05 dengan cedera, Steven Gerrard kembali ke lapangan dan mencetak beberapa gol penting bagi tim yang dibelanya.

Di tahun 2005, Gerrard bahkan sukses memimpin kawan-kawannya dalam menaklukkan AC Milan di partai final Liga Champions. Final tersebut menjadi salah satu yang paling diingat karena di babak pertama, Liverpool tertinggal 3 gol sebelum akhirnya menyamakan kedudukan dan menang di babak adu pinalti.

Pada 2011, final tersebut bahkan diangkat ke layar lebar dengan judul “Will”. Film yang memakan biaya 35 juta poundsterling ini juga dibintangi oleh pemain asli Liverpool seperti Kenny Dalgish, Jamie Carragher, dan tentunya Steven Gerrard.

Musim selanjutnya, Gerrard kembali sukses menyumbangkan gelar bagi Liverpool. Kali ini, dirinya menjadi bagian dari Liverpool yang berhasil menang pada laga final FA Cup.

Pada musim 2011/12, Gerrard sempat digoda oleh Bayern Munchen. Namun ia menolak dengan alasan masih ingin memberi gelar bagi Liverpool.

Gagal mempersembahkan trofi EPL bagi Liverpool, Gerrard akhirnya memutuskan untuk pergi dari Anfield pada akhir musim 2014/15.

Setelah terlepas dari The Reds, Gerrard bergabung dengan LA Galaxy dan menandatangani kontrak selama 18 bulan. Resmi merumput bersama klub MLS, Gerrard melakoni partai terakhirnya pada 6 November 2016. Sang kapten kemudian pensiun pada 24 November di tahun yang sama.

Sepanjang kariernya, Gerrard telah menyumbang gelar FA Cup, Piala Liga, Liga Champions, Piala Eropa, dan Piala Super Eropa bagi Liverpool.

Bersama Tim Nasional Inggris, Gerrard sudah bermain di Piala Eropa 2000, 2004, serta Piala Dunia 2006 dan 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *