Berita 16 Maret 2019: Undian Liga Champions dan Liga Europa, Solskjaer Kenang Final 1999, Machin Dipecat, Riko ke Timnas, dan Sebagainya …

Berita 16 Maret 2019: Undian Liga Champions dan Liga Europa, Solskjaer Kenang Final 1999, Machin Dipecat, Riko ke Timnas, dan Sebagainya …

Halo football lovers, tiada hari tanpa asupan gizi. Starting Eleven edisi 16 Maret 2019 merangkum berita hangat dari seluruh belahan dunia. Pastikan obrolanmu dengan teman-teman diisi rangkuman dari kami …

Hasil Undian Perempat Final Liga Champions

Liga Champions 2018/19 telah memasuki babak delapan besar. UEFA telah melaksanakan undian fase tersebut pada Jumat malam. Empat klub Inggris masih bertahan hingga babak ini. Dua di antaranya, yakni Tottenham dan Manchester City akan saling sikut. Tiga laga lainnya adalah Ajax vs Juventus, Porto vs Liverpool, dan Barcelona vs PSG. Dua leg perempat final akan diselenggarakan pada pertengahan April.

Hasil Undian Perempat Final Liga Europa

Setelah mengundi perempat final Liga Champions, UEFA melanjutkan dengan mengundi perempat final Liga Europa. Di kompetisi ini, Spanyol dan Inggris sama-sama mengirim dua wakil. Villareal dan Valencia akan saling berhadapan, sementara Arsenal akan bersua Napoli, dan Chelsea akan menjamu Slavia Praha. Satu laga lainnya adalah Benfica kontra Eintracht Frankfurt. Delapan klub ini akan memperebutkan tiket Liga Champions yang akan diberikan pada sang juara Liga Europa.

Bertemu Barca, Solskjaer Kenang Final 1999

Manchester United dipertemukan dengan Barcelona di perempat final Liga Champions musim ini. United akan menjamu Barca di Old Trafford pada 10 April sebelum melawat ke Camp Nou seminggu setelahnya. Ole Gunnar Solskjaer pun menyambut baik undian ini. Ia menegaskan tak takut dengan siapa pun, termasuk Barca yang diperkuat Lionel Messi. Ia malah mengenang momen bersejarah 20 tahun lalu di Camp Nou, saat Manchester United menjadi juara Liga Champions secara dramatis.

Guardiola Harap Stones Tak Dipanggil Timnas Inggris

Pep Guardiola berharap pada timnas Inggris agar tak menyertakan John Stones dalam laga Kualifikasi Euro 2020 kontra Republik Ceska dan Montenegro pada pekan depan. Guardiola beralasan Stones sedang dalam kondisi tak bugar. Ia berujar bek andalannya tersebut sedang dibebat cedera dalam dua pekan terakhir, serta masih belum membaik hingga hari Jumat ini. Guardiola mengindikasikan akan menghubungi seseorang, kemungkinan Gareth Southgate, untuk mendiskusikan permasalahan ini.

Digosipkan Incar Bale, Solskjaer: Kami Ingin Pemain Berkualitas

Gareth Bale telah dirumorkan akan boyongan ke Manchester United dalam beberapa bursa transfer terakhir. Kembalinya Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid disebut semakin menguatkan sinyal tersebut. Pelatih United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer, mengaku tak bisa membicarakan pemain lain yang bukan milik United, termasuk Bale. Namun, Solskjaer mewanti-wanti bahwa klubnya hanya akan mencari “pemain berkualitas yang sanggup meningkatkan performa tim”.

Klopp Indikasikan Liverpool Tak Akan Belanja Besar

Jurgen Klopp mengindikasikan ia tak akan berbelanja besar pada bursa transfer musim panas nanti. Pelatih berusia 51 tahun tersebut memprioritaskan pengembangan para pemain yang baru didatangkannya musim ini, yakni Alisson, Naby Keita, Fabinho, dan Xherdan Shaqiri. Klopp merasa Liverpool sedang tak berada dalam posisi harus membeli pemain baru. Ia merujuk pada situasi di masa lalu ketika Liverpool tampil baik dalam satu musim, lantas langsung merosot di musim berikutnya. Klopp tak ingin situasi tersebut terjadi pada musim depan.

Guardiola: Kesuksesanku Ditentukan di Liga Champions

Pep Guardiola merasa kesuksesannya di Manchester City akan ditentukan prestasi di Liga Champions, bukan Premier League. Guardiola memang punya standar tinggi di kompetisi ini. Ia menjuarai kompetisi ini dua kali bersama Barcelona, serta tiga musim beruntun melaju hingga semifinal bersama Bayern Munich. Di Manchester City, ia sudah memenangi Premier League. Jadi, target berikutnya adalah seberapa jauh melangkah di kompetisi Eropa.

Solskjaer Tak Setuju Gary Neville Soal Prioritas Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer tak setuju pendapat Gary Neville yang menyatakan suatu klub boleh “menyingkirkan diri” dari suatu kompetisi untuk bisa fokus ke kompetisi lain. Konteks pernyataan Neville adalah menyinggung partisipasi klub-klub Premier League yang masih bertahan di kompetisi Eropa. Menurut Solskjaer, semakin banyak pertandingan yang dilahap, semakin banyak pula rasa lapar yang akan timbul dalam diri pemain. Jadi, Solskjaer akan terus berjuang di tiga kompetisi sekaligus, yakni Liga Champions, Piala FA, dan Premier League.

Sevilla Pecat Pablo Machin

Sevilla resmi memecat pelatih Pablo Machin usai menelan kekalahan menyesakkan di Liga Europa dari Slavia Praha. Machin sebenarnya baru ditunjuk menangani Sevilla pada musim ini, dan sempat membawa Los Nervionenses memuncaki La Liga pada Oktober. Hanya saja, klub Andalusia tersebut mengalami degrdasi performa. Mereka hanya memenangi dua dari sebelas laga La Liga terakhir, dan sudah keluar dari zona Liga Champions. Direktur Sepakbola Joaquin Caparros akan menangani klub untuk sementara sampai pelatih baru ditunjuk.

Zidane Akan Senang Latih Mbappe di Madrid

Zinedine Zidane baru-baru ini mengutarakan kekagumannya terhadap Kylian Mbappe. Penunjukan Zidane sebagai pelatih baru Real Madrid dipercaya sebagai pijakan pertama sebelum klub tersebut kembali membangun klub Galacticos yang diperkuat para bintang, termasuk Mbappe. Meski mengakui belum berbicara pada Presiden Florentino Perez perihal perekrutan striker muda Perancis tersebut, Zidane mengaku “akan senang jika dapat menjadi pelatihnya”.

Luis Enrique Umumkan Skuad Timnas Spanyol

Luis Enrique telah mengumumkan 23 pemain timnas Spanyol untuk menghadapi Kualifikasi Euro 2020 pekan depan. Terdapat beberapa nama kejutan dalam daftar tersebut. Striker Getafe Jaime Mata dan gelandang Betis Sergio Canales mendapat panggilan meski belum pernah mengecap satu caps pun. Bek Sevilla Sergi Gomez dan gelandang Napoli Fabian Ruiz yang nir-caps pun dipanggil. Sementara itu, Isco, Saul Niguez, dan Diego Costa tak mendapat panggilan.

Atletico Pertimbangkan Laporkan Ronaldo ke UEFA

Atletico Madrid masih menyimpan amarah terhadap Cristiano Ronaldo akibat kontroversi yang ditimbulkan sang megabintang usai peluit akhir laga 16 besar Liga Champions di Turin. Striker berusia 34 tahun tersebut mengarah ke tribun suporter Atletico, lantas meniru selebrasi selangkangan Diego Simeone. Belakangan, beberapa rekaman menunjukkan bahwa Ronaldo juga menghina fans Atletico dengan kata-kata kotor. Manajemen Atletico pun sedang mempertimbangkan akan melaporkan Ronaldo ke UEFA.

Monchi Mungkin Kembali ke Sevilla

Harapan Arsenal untuk mendaratkan Monchi tampaknya akan bertepuk sebelah tangan. Direktur Sepakbola kondang tersebut dilaporkan sudah menjalin pembicaraan positif dengan mantan klubnya, Sevilla. Monchi sedang tak terikat dengan klub mana pun setelah meninggalkan Roma pekan lalu. Unai Emery, yang pernah bekerja sama dengan Monchi di Sevilla, disebut amat berhasrat mengajak Monchi bekerja sama kembali di Arsenal.

Roberto Mancini Rilis Skuad Timnas Italia

Roberto Mancini telah merilis skuad timnas Italia untuk berlagai di laga internasional pekan mendaang. Striker veteran yang sedang moncer, Fabio Quagliarella, mendapat panggilan untuk pertama kali sejak 2015. Nama baru lainnya adalah bek kiri Juventus Leonardo Spinazzola dan striker Cagliari Leonardo Pavoletti. Striker Napoli Lorenzo Insigne tersingkir karena mengalami cedera. Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan akan menjamu Finlandia dan Lichtenstein pada pekan depan.

Musacchio: Milan Tak Takut Siapa Pun

Mateo Musacchio mengirim pesan bahwa AC Milan tak takut dengan siapa pun jelang derbi panas kontra Inter Milan pada akhir pekan ini. Milan dapat memperlebar jarak dengan Inter menjadi empat poin seandainya mengalahkan rival kesumatnya tersebut. Menurut Musacchio, Milan sedang bekejra dengan sangat baik setelah menjalani rentetan hasil positif. Bek asal Spanyol tersebut akan menyikapi laga derbi dengan rasa lapar untuk meraih kemenangan..

Patrick Cutrone Diincar Lazio

Calciomercato melansir Lazio serius mempersiapkan tawaran untuk penyerang muda AC Milan, Patrick Cutrone. Hubungan presiden Lazio, Claudio Lotito, dengan AC Milan yang cukup hangat disebut bisa memperlancar kepindahan Cutrone ke Olimpico. Cutrone sedang membutuhkan banyak menit tampil, yang sulit didapatkannya di Milan, terutama sejak kedatangan Kryzysztof Piatek. Lazio mengincar Cutrone untuk menjadi pilihan alternatif selain Ciro Immobile.

Napoli Terancam Kehilangan Chiriches, Diawara dan Insigne Saat Hadapi Arsenal

Napoli sudah dihantam dengan kabar buruk sehari setelah dijadwalkan bertemu Arsenal di perempat final Liga Europa. Mereka akan menjalani leg pertama kontra The Gunners pada 11 April. Pada tanggal tersebut, kebugaran tiga pilar utama masih diragukan. Tiga pemain yang sedang mengalami cedera tersebut adalah Lorenzo Insigne, Vlad Chiriches, dan Amadou Diawara. Selan itu, status kiper David Ospina yang dipinjam dari Arsenal juga belum menemui kejelasan.

Fabio Cannavaro Ditunjuk Jadi pelatih Timnas China

Fabio Cannavaro resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas China sembari tetap melaksanakan kontrak sebagai pelatih Guangzhou Evergrande. Cannavaro meraih titel Piala Super China pada musim lalu, tapi kalah bersaing dengan Shanghai SIPG dalam perburuan gelar liga. Masa kerja Cannavaro sebagai pelatih timnas belum terang. Yang jelas, ia akan memimpin tim dalam turnaman China Cup yang akan diikuti Thailand, Uruguay, dan Uzbekistan.

Kovac Tak Setuju Kritikan Lewandowski

Niko Kovac tak sependapat dengan kritikan Robert Lewandowski yang menyebut Bayern Munich tampil terlalu defensif dalam laga kontra Liverpool di Liga Champions. Lewandowski menganggap FC Hollywood bermain terlalu dalam, tak berani mengambil risiko, padahal sanggup bermain seperti itu. Hanya saja, menurut Kovac, Bayern secara sederhana telah dikalahkan tim yang memang tampil lebih baik. Ia menyebut pendekatan yang ia gunakan sama persis dengan saat melawan Wolfsburg dan Borussia Monchengladbach, dua pertandingan yang ia menangkan.

Telat Berkumpul, Mbappe dan Rabiot Disanksi PSG

Paris Saint-Germain memutuskan menghukum peain bintangnya, Kylian Mbappe, akibat telat menghadiri sesi pertemuan tim. Pertemuan tersebut khusus diadakan untuk persiapan laga klasik kontra Marseille pada pekan ini. Striker berusia 20 tahun tersebut dihukum dengan denda sebesar 180 ribu euro (Rp2,9 miliar). Untuk kasus yang sama, PSG juga menghukum bintang yang sedang dibekukan, Adrien Rabiot. Semua uang hasil denda akan langsung dikirimkan ke yayasan PSG Foundation.

Brendan Rodgers Ingin Pertahankan Ben Chilwell

Brendan Rodgers bersiap mati-matian mempertahankan bek kiri Ben Chilwell dari godaan klub-klub besar. Manchester City dilaporkan amat berminat menjadikan bek yang telah dipanggil timnas senior Inggris tersebut sebagai bek kiri utama pengganti Benjamin Mendy. Rodgers mengaku pernah berusaha merekrut bek berusia 22 tahun tersebut saat masih menjadi pelatih Liverpool. Rodgers dan Chilwell saat ini bertengger di peringkat 10 Premier League.

FIFA Ubah Format Piala Dunia Klub

Dewan FIFA menyetujui format baru Piala Dunia Klub yang akan mulai diterapkan pada 2021. Format baru ini akan menggantikan format lama berisi tujuh klub yang biasanya dihelat pada bulan Desember tiap tahunnya. Dalam format baru, 24 tim terbaik dari masing-masing benua akan dipertemukan dalam turnamen yang dihelat pada bulan Juni-Juli 2021. Frekueni penyelenggaraan pun akan berubah hingga menjadi empat tahun sekali. Hanya saja, format baru ini mendapat pertentangan oleh klub-klub elite Eropa karena FIFA tak berkoordinasi sama sekali.

Casillas Akan Perpanjang Kontrak di Porto

Kiper veteran Iker Casillas tampak belum mau gantung sepati. Ia disebut di ambang perpanjangan kontrak hingga 2020 bersama Porto. Musim ini, Casillas berhasil menjadi kiper utama Porto dengan bermain dalam 34 laga. Musim ini merupakan musim keempat Santo Iker di Portugal setelah dilepas Madrid pada 2015. Casillas berperan penting mengantar Porto ke babak perempat final Liga Champions musim ini.

Pemain dari Eropa Akan Tambah Kekuatan Timnas U-22

Pelatih timnas Vietnam U-22, Luong Hong Nam, meyakini kekuatan timnas Indonesia telah bertambah. Hang Nam menyebut timnas Indonesia akan mendapat tambahan kualitas dalam diri para pemain yang merumput di Eropa. Mereka adalah Firza Andika (dari AFC Tubize), Ezra Walian (RKC Waalwijk), dan Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk). Sementara itu, Saddil Ramdani merumput di Liga Malaysia bersama Pahang FA. Timnas Vietnam berada satu grup dengan Thailand, Brunei, dan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Persija Lepas Riko Simanjuntak ke Timnas

Riko Simanjuntak dipastikan bergabung dengan pemusatan latihan timnas senior di Bali mulai 17 Maret. Riko sebelumnya dipanggil timnas asuhan Simon Mcmenemy sejak pekan lalu, tapi Persija Jakarta menahannya karena sedang berpartisipasi di Piala AFC. Tempat Riko pun ditukar dengan winger Persib Bandung, Febri Hariyadi. Setelah memastikan lolos ke semifinal Piala Presiden dan tak ada jadwal Piala AFC hingga bulan depan, Persija pun mau melepas Riko ke timnas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *