Biografi Lionel Messi

Biografi Lionel Messi

Lionel Messi, lahir pada 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina. Ia adalah putra dari Jorge Messi dan Celia Cuccittini. Messi merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Kehidupan keluarga Lionel Messi tergolong biasa. Sang ayah hanyalah seorang pekerja pabrik sementara ibunya merupakan tukang bersih-bersih.

Messi kecil mulai menunjukkan minatnya terhadap sepak bola saat bermain dengan sang kakak dan sepupunya. Namun perlu diketahui jika yang mengajarkan Messi menendang bola adalah neneknya. Messi mengaku jika sang nenek merupakan sosok yang sangat luar biasa.

Saat masih berusia empat tahun, Messi dibawa neneknya ke tempat pelatihan sepak bola pertamanya, Grandoli. Dengan penuh keyakinan, sang nenek berkata kepada Messi jika ia akan menjadi seorang pesepak bola profesional. Begitu besarnya dukungan sang nenek terlihat ketika ia menyuruh kedua orang tua Messi untuk membelikan sepatu bola dan meminta klub akademinya untuk memainkan Messi dalam sebuah pertandingan.

Didukung penuh neneknya untuk menjadi seorang profesional, Lionel Messi tidak bisa merasakan dukungan luar biasa itu lagi setelah sang nenek meninggal saat dirinya berusia 10 tahun.

Tak lama setelah kematian sang nenek, orang tua Messi menyadari jika anaknya memiliki pertumbuhan yang tidak normal. Mereka lantas membawanya ke rumah sakit dan mendapati Messi menderita sebuah penyakit kelainan hormon yang menyebabkan pertuimbuhannya terhambat.

Setelah mencari berbagai pertolongan karena tidak mampu membayar biaya pengobatan sang anak, orang tua Messi bisa sedikit lega karena klub Argentina, Buenos Aires, mau membinanya. Akan tetapi, klub tersebut ternyata tidak mampu membiayai pengobatan yang cukup mahal untuk sang pemain.

Secerca harapan kembali datang setelah Lionel Messi diminati oleh direktur teknis FC Barcelona, Charly Rexach. Charly mendengar kabar jika ada anak berusia 13 tahun yang memiliki kemampuan seperti Diego Maradona. Tanpa pikir panjang, pria tersebut langsung mengirim sebuah tawaran kepada keluarga Messi dan berjanji untuk membayar semua biaya pengobatan Lionel Messi.

Setelah melewati beberapa tahap yang dilakukan di Spanyol, Messi akhirnya mampu mengesankan sang direktur. Bermodal serbet restoran yang terbuat dari kertas, Lionel Messi menandatangani kontrak pertamanya bersama FC Barcelona.

Mulai bermain di akademi La Masia, Messi dianggap bisu oleh rekan setimnya karena sangat jarang sekali berbicara. Meski begitu, Messi justru menjadi yang paling menonjol dan mulai berinteraksi dengan yang lain. Bakatnya dinilai spesial dan mendapat banyak sanjungan.

Dalam rutinitasnya berlatih sepak bola, Lionel Messi tetap menjalani pengobatan berupa suntikan di kakinya. Kebiasaan itu berlanjut hingga Messi berusia 16 tahun. Dia menjalani debut dengan tim utama FC Barcelona pada laga persahabatan melawan FC Porto. Performa impresifnya membuat takjub banyak pihak dan mengesankan rekan setimnya saat itu, Ronaldinho.

Pada 1 Mei 2005, Lionel Messi menandai  gol pertamanya untuk FC Barcelona pada laga melawan Albacete. Golnya saat itu juga menjadikannya sebagai pencetak termuda untuk FC Barcelona.

Setelah bermain sebagai pemain pengganti, Messi menemukan tempat utamanya di musim 2006/07. Dia selalu menjadi pilihan utama pelatih hingga mampu meraih gelar luar biasa pada musim 2008/09.

Musim tersebut Messi membantu La Blaugrana meraih treble pertamanya. Ia menjadi pemain penting dan semakin dikenal seantero dunia. Berkat prestasi luar biasanya, Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia. Ia meraih gelar Ballon D’or pertama di usia 22 tahun dan menjadi awal dari empat gelar selanjutnya.

Musim silih berganti, Lionel Messi terus menunjukkan permainan gemilangnya. Rentetan gol yang ia ciptakan sukses membantu FC Barcelona dalam meraih berbagai gelar bergengsi. Prestasi gol terbaiknya ia raih pada 2012. Ketika itu, La Pulga sukses menjebol gawang lawan sebanyak 91 kali. Jumlah tersebut menjadi yang terbesar dalam sejarah sepak bola dunia.

Karena terus menjadi pemain penting bagi kubu La Blaugrana, Messi sukses menyumbangkan gelar La Liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antar Klub. Semua gelar tersebut ia raih lebih dari sekali.

Selain berprestasi diatas lapangan, Lionel Messi juga mampu meraih berbagai hal menarik saat berada di luar lapangan. Salah satunya adalah ketika ia sukses memenangkan hati perempuan impiannya sejak kecil, Antonella Rocuzzo.

Saling mengenal sejak usia 5 tahun, Lionel Messi dan Antonella Rocuzzo masih menjalin hubungan baik hingga keduanya melangsungkan pernikahan pada 30 Juni 2017. Kini, mereka sudah dikaruniai tiga orang anak bernama Thiago Messi, Mateo Messi Rocuzzo, dan Ciro Messi Rocuzzo.

Perlu diketahui jika Messi juga terlibat dalam beberapa aksi sosial. Tahun 2013, Ia mendonasikan uang sebesar 600 ribu euro untuk rumah sakit yang terletak di Rosario, Argentina.

Hingga kini, Messi masih terus menjadi andalan FC Barcelona dan sukses menjelma menjadi ikon sepak bola dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *