Biografi Cristiano Ronaldo

Biografi Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo, lahir pada 5 Februari 1985 di Madeira, Portugal. Dirinya lahir dari pasangan Jose Dinis Aveiro dan Maria Dolores dos Santos Aveiro. Ronaldo lahir dari keluarga yang jauh dari kata sempurna. Sang ayah hanyalah seorang tukang kebun. Sementara ibunya merupakan juru masak.

Pada tahun 2005, ayahnya meninggal akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Dua tahun setelahnya, ibu Ronaldo juga menderita kanker payudara, namun dirinya terus berjuang hingga berhasil sembuh.

Ronaldo kecil hidup dengan penuh keterbatasan. Kedua orang tuanya bahkan tak mampu membelikan Ronaldo sebuah mainan murah. Ronaldo memulai pendidikan sekolah dasarnya di Escola Basica e Secundaria Goncalves Zarco. Saat menimba ilmu di bangku sekolah, Ronaldo tidak tertarik dengan bidang akademik. Ia lebih suka berada diluar ruangan dan bermain bola.

Karena benar-benar tak suka dengan sekolah, Ronaldo bahkan tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumahnya. Ia lebih memilih untuk mengembangkan bakatnya dalam mengolah si kulit bundar.

Mengetahui bakat dan minat sang anak, ayahnya saat itu mendaftarkan Ronaldo ke sekolah sepakbola Andorinha di Funchal, dimana sang ayah juga bekerja sambilan sebagai seorang kitman di klub tersebut.

Tepat di usia delapan tahun, Ronaldo mulai bermain untuk tim muda Andorinha. Dia dijuluki sebagai bocah yang ambisius dan rapuh karena sering menangis ketika timnya kalah.

Pada usia 14 tahun, Ronaldo dikeluarkan dari sekolah setelah mendapat insiden dengan gurunya. Ketika itu, Ronaldo melempar kursi ke arah sang guru setelah mendapat perlakuan yang tidak seharusnya. Ronaldo menganggap bahwa gurunya itu tidak menunjukkan sikap hormat dan mengejek Ronaldo yang memiliki cita-cita menjadi pemain sepak bola.

Pasca insiden tersebut, Ronaldo benar-benar tidak melanjutkan pendidikannya dan lebih memilih untuk fokus mendalami ilmu sepak bola. Ronaldo berlatih keras dan ingin membuktikan pada gurunya bahwa ia bisa sukses dengan sepakbola.

Namun setelah menjalani latihan yang terlalu berlebihan, Ronaldo sempat menderita penyakit serius. Jantungnya berdetak lebih cepat dari seharusnya dan ia disarankan untuk menjalani operasi.

Setelah menjalani perawatan intensif, Ronaldo akhirnya sembuh dan bisa menjalani aktivitas olahraganya dengan normal.

Pada tahun 1995, Ronaldo bergabung dengan klub lokal, Nacional, yang terletak di daerah tempat tinggalnya, Madeira. Setelah dianggap sebagai bakat luar biasa, Ronaldo menjalani pelatihan selama tiga hari di raksasa Portugal, Sporting Lisbon, yang kemudian klub tersebut tertarik untuk merekrutnya.

Berkat rekomendasi dari pelatih muda, Ronaldo berhasil masuk ke tim dan memulai debut pada 1997.

Setelah berhasil masuk ke tim utama, penampilannya semakin gemilang. Ronaldo mengesankan banyak pihak tak terkecuali klub raksasa asal Inggris, Manchester United.

Saat Sporting Lisbon berhadapan dengan Manchester United di tahun 2003, Sir Alex Ferguson sangat terkesan dengan penampilan Ronaldo. Tanpa pikir panjang, Fergie langsung merekrut bocah ajaib tersebut di tahun yang sama.

Di tahun pertamanya bersama Manchester United, Ronaldo sukses mencetak gol dan membawa United memenangi laga final Piala FA.

Selama berseragam Manchester United, Ronaldo mejelma menjadi pemain terbaik dunia dan berstatus sebagai ikon klub.

Dalam 196 penampilannya bersama setan merah, Ronaldo telah mengemas 84 gol dan sukses menyumbangkan 3 gelar Premier League, 1 trofi Liga Champions Eropa, hingga 1 Piala Dunia Antar Klub. Berlabel pemain terbaik dunia dengan segudang prestasi, Ronaldo menarik minat raksasa Spanyol, Real Madrid.

Tepat di tahun 2009, dirinya diboyong el Real dan berstatus sebagai pemain termahal di dunia.

Bersama klub asal kota Madrid, penampilannya jauh berkembang.

Ronaldo menjadi andalan tim di segala kompetisi dan sukses mencetak ratusan gol. Tak hanya itu, deretan trofi bergengsi juga sukses ia sumbangkan untuk tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu. Diantaranya, La Liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa, hingga trofi Piala Dunia Antar Klub.

Selain itu, Ronaldo juga sukses mengoleksi berbagai gelar individu. Yang paling mencolok tentunya gelar Ballon D’or.

Tak hanya sukses di level klub,  Ronaldo juga berjaya saat berlaga bersama tim nasional Portugal. Mengikuti beberapa turnamen akbar, Ronaldo akhirnya berhasil menyumbangkan trofi Piala Eropa untuk Portugal di tahun 2016.

Selain itu, Ronaldo juga tercatat sebagai pemain yang masih aktif yang mampu mencetak 100 gol untuk tim nasionalnya.  Prestasi itu terasa luar biasa mengingat tidak banyak pemain kelas dunia yang mampu mencapai angka tersebut.

Setelah sukses bersama el Real, Ronaldo mencari tantangan baru dengan terbang ke Italia untuk bergabung bersama Juventus. Dinilai tak mampu bersinar, Ronaldo justru sukses mencetak banyak gol dan mampu bersaing di jajaran top skor Serie A.

Sebagai pemain yang super populer, Ronaldo sudah memiliki banyak usaha sampingan. Ia juga memiliki sebuah hotel dan museum yang dikhusukan untuk memamerkan segala hal tentang dirinya.

Tercatat sebagai salah satu atlit terkaya di dunia. Ronaldo sudah menjalin kerjasama dengan berbagai produk kenamaan dunia.

Setelah sempat menjalin asmara dengan model ternama asal Russia, Irina Shayk, Ronaldo akhirnya memadu kasih dengan wanita seksi bernama Georgina Rodriguez. Dikaruniai anak, mereka hidup bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *