Biografi Manuel Neuer

Biografi Manuel Neuer

Manuel Peter Neuer, lahir pada 27 Maret 1986 di Gelsenkirchen, Jerman. Neuer merupakan putra dari pasangan Peter dan Marita Neuer.

Neuer kecil sudah sangat gemar bermain bola. Ia sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain bola dengan saudara laki-lakinya di jalanan dekat rumahnya.

Neuer memiliki adik laki-laki bernama Marcel Neuer. Sekarang, dia bekerja sebagai wasit di Verbandsliga, liga sepak bola kelas bawah yang berada di Jerman.

Neuer merupakan seorang yang agamis. Ia rutin pergi ke gereja bersama keluarganya. Keluarganya yang memiliki latar belakang agama yang baik memberi pengaruh positif bagi Neuer untuk tak melupakan ibadah.

Selain sepak bola, Neuer juga sangat menyukai olahraga lain seperti ski dan tenis. Dirinya bahkan mengidolakan petenis ternama, Boris Becker. Hingga usia 14 tahun, Neuer kerap bermain tenis.

Meski begitu, sepak bola tetap lah menjadi pilihan utama Neuer.

Neuer kecil memulai debutnya di lapangan pada 1991, ketika itu ia masih berusia 5 tahun dan bermain untuk tim muda Schalke. Di usianya yang masih anak-anak, Neuer sudah mengejutkan banyak pihak. Penampilannya begitu luar biasa dan bisa dibilang melebihi ekspektasi orang-orang.

Pelatihnya saat itu benar-benar menaruh perhatian lebih pada Neuer. Neuer dianggap memiliki potensi luar biasa yang nantinya bermanfaat bagi rakyat Jerman. Penampilannya pun terus meningkat membuat Neuer menjadi penjaga gawang profesional meski ia masih duduk di bangku sekolah.

Schalke menjadi tim profesional pertama bagi Neuer. Memulai dari tim junior hingga kemampuanya terus berkembang, Neuer akhirnya menandatangani kontrak dengan Schalke pada 2005. Ia tumbuh bersama Schalke. Meski sudah menandatangani kontrak profesional, Neuer baru bisa debut di musim selanjutnya.

Hal itu diterima dengan baik oleh Neuer dengan terus berlatih agar mampu menjadi kepercayaan pelatih.

Musim 2007/08, Neuer mulai bermain untuk timnya itu di kompetisi Liga Champions Eropa, di fase gugur melawan FC Porto. Dirinya bermain baik dengan melakukan banyak save dan menjadi salah satu pemain penting dalam laga tersebut. Setelah laga berjalan imbang hingga waktu normal, Neuer berhasil melakukan save gemilang di babak adu pinalti yang mana sekaligus membawa Schalke melaju ke fase selanjutnya.

Di liga, Neuer juga tampil cemerlang. Berkat aksi luar biasanya itu, Neuer masuk dalam nominasi kiper terbaik versi UEFA. Neuer menjadi bintang baru dan mulai menarik para penggemar Schalke.

Musim 2010/11, Neuer bahkan diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai kapten tim. Ia berhasil menjawab kepercayaan dengan membawa Schalke lolos ke fase semi-final Liga Champions Eropa.

Meski begitu, tepat di tahun 2011, Neuer memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebegai pemain Schalke. Dia menolak untuk memperpanjang kontrak yang mana memancing amarah para penggemar Schalke.

Setelah menyumbangkan trofi DFB-Pokal bagi Schalke, Neuer akhirnya mengumumkan bahwa dirinya telah menjalin kerjasama dengan FC Bayern. Ia bergabung dengan FC Holywood dengan biaya sekitar 22 juta euro. Bandrol tersebut menjadikan Neuer sebagai penjaga gawang termahal kedua saat itu.

Bermain bersama FC Bayern, Neuer semakin menggila. Ia menjadi pemain penting di tahun 2012 saat menjalani pertandingan melawan Real Madrid. Ia menghentikan pemain sekelas Kaka dan Cristiano Ronaldo untuk membantu Bayern mencapai partai final Liga Champions Eropa.

Meski bermain sangat baik, Neuer dan FC Bayern tak mampu mengangkat trofi si kuping besar setelah kalah dari Chelsea. Neuer mengakhiri musim tersebut dengan 53 penampilan.

Meski begitu, Neuer terus menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Bayern hingga mampu mengangkat trofi Liga Champions Eropa di musim selanjutnya. Ia juga berhasil menyumbangkan trofi Bundesliga Jerman.

Musim 2014/15 menjadi musim yang lebih baik bagi Neuer. Ia menerima gelar pemain terbaik Jerman dan masuk kedalam salah satu pemain terbaik versi UEFA. Musim tersebut ia akhiri dengan total 50 penampilan.

Tahun 2014 menjadi tahun paling bersinar bagi Neuer setelah dirinya juga mampu mengalahkan timnas Argentina di partai puncak Piala Dunia. Neuer melakukan banyak penyelamatan yang sekaligus membuat dirinya menerima penghargaan Golden Glove.

Selain tampil gemilang diatas lapangan, kehidupannya diluar pun tak kalah mencuri perhatian. Tepat pada tahun 2017, Neuer melangsungkan pernikahan dengan wanita cantik bernama Nina Weiss.

Perlu diketahui bahwa saat pernikahan, Neuer harus dibantu dengan alat penyagga untuk berjalan menyusul cedera parah yang dialaminya.

Dibalik aksi garang yang ia tampilkan saat menjaga pertahanan tim, Neuer merupakan sosok pria yang baik hati. Ia sangat menyayangi anak-anak hingga membuat yayasan bernama Manuel Neuer Kids Foundation.

Bahkan pernah suatu ketika, Neuer mengikuti sebuah acara bernama ‘Who Wans To Be A Millionaire’ dan memenangkan sejumlah uang. Uang dari hasil acara itupun ia salurkan ke yayasan nya yang menaungi anak-anak itu tadi.

Kiper yang mengidolakan Jens Lehmann ini akan tetap mejadi salah satu penjaga gawang terhebat mengingat gaya bermainnya yang berani, cekatan, dan pandai mengantisipasi serangan lawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *