10 Pemain Asia Terbaik Sepanjang Masa

10 Pemain Asia Terbaik Sepanjang Masa

Sepak bola merupakan olahraga paling digemari di seluruh dunia. Berbagai belahan bumi termasuk Asia pun ikut merasakan kepopuleran olehraga yang satu ini. Meski sepak bolanya masih kalah dengan beberapa benua lainnya, Asia tetap mampu menelurkan pemain-pemain berbakat yang mampu bersaing di kancah dunia.

Pada kesempatan kali ini, starting eleven akan menyajikan 10 pemain terbaik Asia sepanjang masa..

1. Hidethosi Nakata

Nakata merupakan salah satu putra terbaik asal Jepang yang mampu pentas di persepak bolaan dunia. Nakata dikenal sebagai pemain Asia yang sukses merumput di tanah Italia. Setelah bakatnya tercium oleh Perugia, Nakata kembali pentas di Negri Pizza bersama dengan AS Roma, di mana ia membantu tim Serigala memenangkan gelar Scudetto musim 2000/01.

Selain kisah suksesnya di Italia, Nakata juga menjadi tulang punggung timnas Jepang di 3 piala Dunia berbeda, yakni pada tahun 1998 , 2002 dan 2006.

2. Park Ji Sung

Siapa yang tak kenal dengan pria Korea yang sukses bersama Manchester United. Ya, Park Ji Sung menjadi putra terbaik Asia selanjutnya yang mampu bersaing di kancah dunia. Park Ji Sung mampu bersaing dengan nama-nama besar untuk bisa mengisi lini tengah tim setan merah.

Selain tenar bersama MU, bakat Park Ji Sung juga dikagumi di Belanda bersama PSV Eindhoven. Bersama MU dan PSV Eindhoven, Park telah mengoleksi 14 piala dan total 19 trofi telah didapatkannya selama berkarier.

Untuk timnas Korea Selatan sendiri, Park turut berjasa dalam keberhasilan negara tersebut di Piala Dunia 2002 yang mampu menembus fase semifinal. Park Ji Sung juga tampil di Piala Dunia 2006 dan 2010 sebagai pemain terbaik Korsel. Dengan catatan gemilangnya di pentas Internasional, Park selalu mencetak gol di 3 piala dunia berbeda.

3. Cha Bum Kun

Korea Selatan memiliki bakat terbaik selanjutnya, yakni Cha Bum Kun. Meski tak banyak yang mengenal siapa Cha Bum Kum, pemain ini dijuluki sebagai pemain Asia terbaik pada masanya.

Pada Usia 25 tahun, setelah wajib militer dan telah menjadi bintang di negaranya bersama Seoul Trust Bank FC dan Air Force FC, Cha kemudian pindah ke Bundesliga dan bergabung dengan SV Darmstad, Eintracht Frankfurt dan Bayern Leverkusen.

Di Bundesliga, Cha menjadi Legenda dengan membawa Frankurt dan Bayern Leverkusen menjuarai Piala UEFA masing-masing pada 1980 dan 1988. Selama hampir 10 tahun di Bundesliga, Cha telah mencetak hampir 100 gol.

Bahkan, banyak nama-nama populer yang kagum terhadap kehebatan Cha. Diantaranya, Lothar Matthaus yang mengatakan dia adalah salah satu penyerang terbaik dunia, serta Jurgen Klinsmann yang menempatkan dirinya di bawah Cha.

4. Shinji Kagawa

Satu nama fenomenal lainnya yang berasal dari Jepang adalah Shinji Kagawa. Masih aktif bermain hingga sekarang membuat Kagawa banyak dikenal dunia. Setelah sukses bersama klub Jepang, Kagawa hijrah ke Eropa untuk bergabung dengan Borussia Dortmund.

Kagawa menjelma menjadi bintang dan mendapat tempat di skuat utama. Di Dortmund, Kagawa berhasil meraih gelar Juara Bundesliga 2 kali beruntun, yakni pada 2010/11 dan 2011/12, termasuk double winner juara Bundesliga dan DFB Fokal di musim 2011/12. Setelah sempat bernaung di Old Trafford, Kagawa kembali melanjutkan petualangannya di Eropa.

Di Jepang ia juga tak kalah menterang dengan bermain pada beberapa edisi Piala Dunia.

5. Hong Myung Bo

Bermain pada periode 1992 hingga 2004 membuat nama Hong Myung Bo cukup menyita perhatian dunia. Dirinya mempunyai prestasi yang cukup membanggakan bersama timnas Korea Selatan. Hong Myung Bo adalah Kapten timnas Korea Selatan pada saat mereka masuk ke fase semi-final Piala Dunia 2002.

Memiliki skill bertahan yang sangat baik, Bo memiliki julukan sebagai ‘Korean Libero’. Bahkan, dirinya disejajarkan dengan pemain belakang fenomenal asal Italia, Paolo Maldini, berkat ketenangannya dalam menjaga pertahanan tim.

6. Sami Al Jabber

Pecinta sepak bola sejati pasti tau pemain ini. Sami Al Jabber, telah mengitari sepak bola Asia selama bertahun-tahun dan merupakan Legenda sepak bola Arab Saudi. Pemain yang pernah berseragam Wolverhampton ini juga berhasil meloloskan negaranya menuju 4 edisi Piala Dunia sekaligus memimpin Arab Saudi ke putaran 16 besar Piala Dunia 1994. Di tahun 1996, Sami Al Jabber membawa Arab Saudi menjadi jawara Asia.

Untuk klub yang pernah dibelanya, Al Hilal, Sami Al Jabber telah mencetak lebih dari 150 gol dan menyumbangkan 6 gelar domestik serta 2 gelar Liga Champions Asia.

7. Majed Abdullah

Pada periode 1977 hingga 1997, Arab Saudi juga memiliki bintang lainnya yang bernama Majed Abdullah. Berkat kehebatannya dalam mengolah si kulit bundar, Majed dijuluki sebagai permata arab. Untuk klub Al Nassr, Majed sukses menyarangkan 260 gol dalam 240 penampilannya. Ia juga telah mencetak 71 gol dalam 116 pertandingan bersama timnas Arab Saudi.

Majed merupakan pemain dengan gaya bermain yang mengandalkan kecepatan tinggi, teknik sempurna, hingga keseimbangan luar biasa. Ia bahkan sukses meraih gelar sebagai pemain terbaik Asia sebanyak tiga kali.

8. Ali Daei

Iran turut berbangga karena memiliki pemain sekelas Ali Daei. Ali Daei sudah mencetak lebih dari 100 gol untuk timnas Iran. Kemudian, siapa yang melupakan empat gol pemain berbakat ini ke gawang Korea Selatan pada Piala Asia tahun 1996.

Di tahun 1997, raksasa Jerman Bayern Munchen memutuskan untuk mengontraknya selama 2 musim. Selain menjadi pemain Iran pertama yang bermain untuk Bayern, Ali Daei juga mendapat pujian langsung dari legenda Jerman, Franz Beckenbauer, sebagai striker kelas dunia.

9. Kunishige Kamamoto

Kunishige Kamamoto disebut-sebut sebagai idola pertama rakyat Jepang. Kamamoto merupakan penyerang haus gol yang memiliki pergerakan sempurna, insting tajam, serta akurasi tendangan sempurna.

Bermain sebanyak 84 kali untuk timnas Jepang, Kamamoto sukses menjebol gawang lawan sebanyak 80 kali.

10. Lee Wai Tong

Tak banyak yang tahu siapa Lee Wai Tong. Pemain asal China yang lahir pada 16 Oktober 1905 ini merupakan pemain paling spektakuler asal Asia. Bahkan, banyak yang menganggap jika kehebatannya setara dengan para pemain Brasil.

Sepanjang karirnya bersama klub yang dibela, Lee sudah meyumbangkan delapan gelar domestik. Bersama timnas China, Lee juga tak kalah bersinar. Di usianya yang baru menginjak 18 tahun, ia mampu mencetak hattrick dalam waktu lima menit melawan Jepang.

Mencetak lebih dari 1200 gol sepanjang karier, wajar bila Lee Wai Tong dijuluki sebagai ‘The King of Football’.

Itulah tadi 10 pemain terbaik Asia sepanjang masa. Mana pemain favorit football lovers? Silahkan tulis komentar kalian dibawah. Jangan lupa untuk like dan share..

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *